OUR NETWORK

Super Cantik, Super Menawan, Inilah Pulau Hoga di Wakatobe

Source Image: nativeindonesia.com

Pulau Hoga merupakan sebuah pulau yang berada di wilayah Kepulauan Wakatobi. Luas pulau ini sekitar 1.390.000 ha. Total luas tersebut merupakan gabungan bersama beberapa pulau lainnya. Pulau Hoga berlokasi disebelah timur dekat Pulau Kaledupa, Pulau Wangi-Wangi, Pulau Binongko, Pulau Tomia dan Pulau Kapota.

Akses menuju pulau ini terbilang cukup mudah. Anda bisa memulai dari Kendari atau pun Bau-Bau. Setelah itu menyebranglah menuju ke Pulau Hoga dengan menyewa speedboat. Harga sewanya sekitar 150 ribu rupiah. Estimasi waktu tempuh dari dermaga di Wanci menuju pulau ini adalah 2 jam.

Lantas seperti apa, sih, potret dan hal menarik yang ada di pulau ini? Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut ulasan selengkapnya.

Pesona Pulau Hoga

Sumber: Instagram @like_buton

Pulau Hoga memiliki pasir putih. Hamparan pasir tersebut sedikit menjorok ke lautan sangat lembut ketika digenggam. Air disekitaran pulau pun sangat jernih, memiliki visibilitas yang tinggi sehingga begitu mempesona.

Di Pulau Hoga anda dapat merasakan sensasi suasana pulau yang tenang, adem, serta jauh dari keramaian. Pulau Hoga memang cocok untuk dijadikan tempat melarikan diri sejenak dari kejenuhan ramainya aktivitas kota.

Sumber: Instagram @wakatobi.masakini

Dengan suasana yang mendukung tersebut, banyak wisatawan saat liburan tiba selalu mampir ke pulau ini. Tak sedikit dari mereka memanfaatkannya pula untuk melakukan snorkeling dan diving. Setidaknya ada 29 titik penyelaman di perairan Wakatobi yang bisa menjadi spot diving,  diantaranya yaitu Pinnacle, Karang Kaledup juga Karang Mari Mabuk.

Di Karang Keledup anda bisa menemukan table koral. Ya, sesuai namanya koral tersebut berbentuk seperti meja ukurannya 2-3 meter. Sementara  Karang Mari Mabuk berada di Pulau Tomia. Jika tidak ingin jauh-jauh atau menyelam terlalu dalam di Pulau Hoga pun beragam koralnya juga sangat cantik. Ada 750 spesies koral yang pernah ditemukan dari total 850 jenis yang ada di dunia. Wow, keren , kan?

Sumber: Instagram @gretsea

Tidak hanya karang yang unik-unik, namun anda juga akan menjumpai berbagai ragam ikan dan jika beruntung bertemu pula kuda laut berukuran kecil di pulau ini. Menurut warga disana ada 83 jenis ikan berwarna-warni yang bisa ditemukan di Pulau Hoga.

Kunjungi Disaat Waktu yang Tepat

Sumber: Instagram @jaymuhammad.id

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi pulau ini adalah dari bulan April sampai dengan Juni. Alternatif lainnya pada bulan Oktober hingga Desember. Lantas kenapa lebih direkomendasikan pada bulan-bulan itu? Karena pada bulan-bulan tersebut anda bisa menyaksikan atraksi penyu bertelur di pesisir pantai loh. Wah, ini moment yang sangat menyenangkan untuk dilihat. Kapan lagi melihat para penyu bertelur dan beberapa dari mereka dilepaskan ke tepian pantai. Iya, kan? Hihi.

Menginaplah!

Sumber: Instagram @waterlogsailing

Jika anda memiliki rencana untuk menginap di pulau ini, ada banyak sekali jenis penginapan atau pun home stay yang dapat dipilih. Tentunya bisa disesuaikan dengan masing-masing budget yang dimiliki. Penginapan dipulau ini merupakan milik masyarakat setempat yang dikemudian dikelola oleh Operation Wallacea.

Adapun tarif penginapan di Pulau Hoga mulai dari 150 ribu rupiah per malam. Hampir semua penginapan di Pulau Hoga terbuat dari bahan dasar kayu, berupa rumah panggung dengan air tawar, sehingga menambah khas nuansa rumah di pinggir pantai.

Rute Menuju Pulau Hoga

Sumber: Instagram @backpackerjakarta

Akses menuju Pulau Hoga bisa ditempuh dari berbagai pelabuhan atau kota yang ada di Sulawesi Tenggara. Misalnya dari Bandara Matohara yang ada di Pulau Wangi-wangi dari bandara tersebut anda tinggal menuju Pelabuhan Kadelupa.

Di pelabuhan itu anda akan menjumpai banyak perahu yang bisa disewa untuk selanjutnya melakukan perjalanan ke Pulau Hoga. Dari pelabuhan memakan waktu sekitar 2-3 jam untuk sampai.

Sumber: Instagram @andrikilua

Terbilang cukup, lama karena memang Pulau Hoga letaknya berada ditengah-tengah hutan. Namun jangan khawatir anda tidak akan bosan, sebab pemandangan di atas langit serta bawah lautnya sangat memanjakan mata. Membuat anda terkagum-kagum, sehingga perjalanan pun terasa sebentar

Jam Buka Pulau Hoga

Sumber: Instagram @like_kendari

Pulau ini bisa dikunjungi kapanpun 24 jam dalam sehari sepanjang pekan. Asyiknya lagi, nih, anda juga tidak akan dikenai tiket khusus untuk memasuki pulau ini.

Demikianlah ulasan menarik mengenai Pulau Hoga. Rasakan liburan tak terlupakan dengan mengunjungi pulau ini. Datanglah bersama dengan mereka yang istimewa, maka liburan anda pun akan semakin berkesan.

Salam.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…