OUR NETWORK

Menjajal Pulau Tagalaya, Pulau Kecil Nan Cantik di Tobelo

Source Image: ksmtour.com

 

Berbagai pulau di Indonesia memang menawarkan keindahan bahari yang sangat menakjubkan. Walau banyak diantaranya yang sudah terjamah oleh tangan manusia, sehingga disisipkan sentuhan modernitas supaya semakin menarik minat wisatawan khususnya kalangan milenial, beberapa lainnya masih ada yang sangat terjaga kelestariannya. Salah satunya berada di Tobelo tepatnya di Halmahera Provinsi Maluku Utara. Nama pulau tersebut adalah Tagalaya. Pulau ini memiliki keindahan alam yang menawan dari merupakan satu diantara gugusan pulau-pulau kecil yang tersebar di Tobelo.

Nah, yuk, kita jalan-jalan ke Pulau Tagalaya. Mari kita intip seberapa menawan dan menariknya, sih, pulau ini.

Keindahan Pulau Tagalaya

Sumber: panduanwisata.id

Arus laut di Pulau Tagalaya sangat jernih. Sejernih Kristal. Hamparan pasir berwarna putihnya yang mengelilingi pantai, semakin menambah elok pesona dari pulau ini. Pada bagian ujung utara anda akan menemukan bebatuan karang yang indah. Jika berminat anda pun bisa menjadikannya sebagai spot untuk berfoto. Ya, banyak sekali spot foto yang dapat anda bidik di pulau ini.

Apabila ingin menjadikannya sebagai kenangan tak terlupakan  siapkan peralatan vlog anda. Buatlah vlog disini, abadikan melalui video setiap titik indah di Pulau Tagalaya. Supaya dapat terekam semua, tidak ada salahnya anda mengeluarkan sedikit budget dengan menyewa drone. Wah, pemandangan Pulau Tagalaya dari drone sangat memikat, loh. Jangan lupa juga bawa power bank atau baterai cadangan untuk jaga-jaga ponsel anda kehabisan daya baterai saat melalukan aksi fotografi, semisalnya memang mengandalkan smartphone untuk aktivitas mengabadikan moment.

Sumber: Instagram @endarpermadi

Pulau ini juga dikelilingi oleh hutan bakau dan pepohonan hijau pada bukit bukit di sekitarnya, sehingga menyegarkan mata dan memberikan hawa yang sejuk, damai dan tenang. Sungguh, nuansa eksotisme kembali ke alam benar-benar kental saat berada di pulau ini.

Bagi anda yang ingin bermain air, berenanglah sepuasnya. Air di Pulau Tagalaya tidak terlalu dingin, ombaknya pun tenang sehingga tetap membuat nyaman. Jika penasaran dengan keindahan bawah lautnya, maka jangan lupa menyiapkan peralatan snorkeling atau diving.  Koleksi terumbu karang dan biota laut di pulau ini pun tidak kalah cantik dibanding di pulau lainnya sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Anda bisa bertemu dengan mereka mulai dari kedalaman 2 hingga 10 meter.

Sumber: Instagram @riscayanditia

Oh, ya, ada peraturan khusus yang harus dipatuhi oleh para pengunjung yang datang ke pulau ini, yakni dilarang berpijak atau pun menginjak di atas bunga karang jika anda sedang menyelam. Hal ini tentu saja sebagai upaya agar tidak terjadi kerusakan pada bunga karang tersebut dan ekosistem tetap terpelihara dengan baik.

Masih ada lagi, nih, hal menarik lainnya di pulau ini yaitu adanya danau air tawar yang bisa dijelajahi. Namun, pastikan anda ke danau tersebut pada saat pagi hari, ya, sebab jika hari sudah siang air biasanya akan surut.

Akses Lokasi

Nah, untuk mencapai Pulau Tagalaya ini anda harus menggunakan perahu ketinting dari Pelabuhan Tobelo. Kurang lebih estimasi waktu tempuhnya sekitar 30 menit.

Perjalanan pun akan terasa menyenangkan, sebab anda akan melihat Gunung Dukono, melihat pulau-pulau kecil disekitarnya, dan jika anda mencoba menembuskan pandangan ke bawah laut maka akan melihat sekumpulan ikan cantik yang tengah berenang kesana kemari. Mereka seolah terlihat berenang menemani anda untuk sampai ke Pulau Tagalaya. Dapat terlihat pula tentakel bunga karang yang tampak melambai-lambai seolah menyapa anda yang sedang melihatnya, hihi.

Selain dengan menggunakan perahu ketinting anda pun bisa juga menyewa speedboat. Apabila anda juga penasaran ingin menjajal pulau –pulau yang ada disekitarnya maka bisa menyewa perahu ketinting yang dapat menapung kapasitas 6 orang. Harganya berkisar mulai dari 150 ribu rupiah per 7 jam.

Sumber: ksmtour.com

Demikianlah ulasan mengenai Pulau Tagalaya. Sebuah pulau mungil di Tobelo yang siap memberikan pengalaman berwisata yang menyenangkan dan mengesankan untuk anda. Jadi, apabila sudah mendekati jadwal liburan, jangan lupa untuk mengagendakan kunjungan anda ke pulau ini, ya. Dijamin tidak akan menyesal, deh.

Akhir kata, semoga bermanfaat bagi anda. Tunggu ulasan berbagai obyek wisata menarik lainnya hanya di wisato.id

Salam.

 

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…