OUR NETWORK

Pulau Nau, Pulau Mungil Menawan di Waropen

Source Image: Instagram @hamsyukur

 

Kabupaten Waropen merupakan sebuah kabupaten di pesisir utara dan bagian dari Provinsi Papua dengan tambahan 2 gugus pulau kecil. Pada bagian utara kabupaten ini berbatasan langsung dengan Kepualauan Yapen, bagian selatan dengan Kabupaten Puncak Jaya, bagian barat dengan Kabupaten Nabire dan bagian timur dengan Kabupaten Mamberamo Raya.

Nah, apabila anda sedang berada di Waropen, tidak lengkap jika tanpa mengunjungi salah satu obyek wisata andalannya yaitu Pulau Nau. Pulau ini merupakan satu-satunya kepulauan yang dipunyai Kabupaten Waropen, loh.

Jika selama ini kita sering kali memberikan stempel bahwa Papua merupakan surga kecil yang jatuh ke bumi, maka Pulau Nau inilah yang menjadi bagian dari kepingan surga tersebut.  Bagaimana tidak, pulau mungil ini memang tampak begitu cantik dan memikat.

Penasaran apa saja hal menarik yang ada di Pulau Nau? Kami sudah merangkumnya untuk anda, dalam ulasan khusus di bawah ini. Check this out!

Dulunya Sempat di Perebutkan

Sumber: Instagram @elen_anjar

Tahukah anda bahwa dulunya Pulau Nau ini sempat diperebutkan, loh. Ya, diperebutkan oleh dua kabuapaten yakni Kabupaten Yapen dan Waropen. Kedua kabupaten tersebut berpisah pada tahun 2003 silam. Namun, pada akhirnya Pulau Nau pun disetujui dan resmi masuk ke dalam bagian dari Kabupaten Waropen.

Keindahan Pulau Nau

Sumber: Instagram @hamsyukur

Pulau Nau masih sangat alami dan terjaga keasriannya. Belum terlalu banyak wisatawan yang datang untuk mengunjungi pulau ini. Mungkin karena informasi terkait pesona Pulau Nau masih jarang diulas. Kendati demikian, nama pulau ini pun mulai merangkak naik tatkala banyak unggahan wisatawan di Pulau Nau yang wara-wiri melalui unggahan di laman sosial media. Akhirnya mengundang rasa kepo, dan mereka jadi ingin singgah di Pulau Nau.

Ombak di pulau ini pun tidak trelalu besar, sehingga sangat aman untuk berenang. Selain itu, kekayaan alam bawah lautnya juga luar biasa, sangat mengasyikkan jika mengadakan aktivitas snorkeling di pulau ini. Terumbu karang dan biota lautnya pun masih terjaga. Ekosistemnya baik, dan benar-benar masih sangat alami.

Sumber: Instagram @non__1314
Sumber: Instagram @snoman_shoku

Apabila beruntung anda juga bisa melihat sekumpulan ikan lumba-lumba yang berenang ke bibir pantai. Ikan-ikan lumba itu begitu lucu sehingga menarik untuk di jepret. Jangan lupa aktifkan mode cepat ya pada pengaturan kamera, supaya saat melihat ikan lumba-lumba yang tengah melompat-lompat di sekitaran pulau hasil jepretannya tidak blur. Alternatif lainnya anda juga dapat juga membuat vlog supaya moment anda sedang berada di Pulau Nau serta semua gerakkan lumba-lumba lucu itu terekam. Hihi.

Di Pulau Nau juga terdapat pantai yang sangat cantik. Pantai tersebut memiliki pasir putih yang membentang luas disekitaran pulau.  Penduduk disana juga ramah-ramah, loh. Saat liburan telah usai di pulau ini keramahan penduduk Pulau Nau akan menjadi kerinduan tersendiri bagi setiap orang yang mengunjunginya.

Patung Kristus

Sumber: Instagram @phallengcolection

Salah satu hal menarik lainnya yang tidak boleh dilewatkan ketika berada di Pulau Nau adalah mengunjungi Patung Kristus. Ini merupakan obyek wisata religi yang selalu ramai pengujung. Patung tersebut tingginya sekitar 25 meter. Tampak begitu megah.

Sumber: Instagram @jacktampi

Banyak pengunjung yang menyempatkan diri untuk berfoto bersama patung tersebut. Nah, untuk menikmati  obyek wisata ini pengunjung yang datang hanya dikenakan biaya sukarela saja yang bisa diberikan kepada pihak pengelola wisata.

Akses Lokasi

Sumber: Instagram @khesambaubedari

Satu-satunya moda transportasi yang bisa di pakai untuk mengunjungi pulau ini adalah dengan menggunakan jalur laut. Anda bisa menyewa perahu motor. Harganya bisa dinegosiasikan Estimasi waktu tempuhnya kurang lebih sekitar  satu jam, namun itu juga tergantung dengan kekuatan jenis perahu motor yang dipakai untuk perjalanan.

Sumber: Instagram @rogijho

Selain itu, Pulau Nau juga bisa dicapai dari Serui yang merupakan ibukota Kabupaten Yapen. Caranya tetap sama, yaitu dengan naik perahu motor. Hanya saja jika anda berangkat dari daerah tersebut durasi perjalanan akan lebih panjang karena jarak antara Serui ke Pulau Nau memang terbilang cukup jauh.

Sekian ulasan mengenai Pulau Nau. Pulau mungil yang masih sangat asri, cantik dan menawan. Cobalah jajal pulau ini, nikmati pengalaman berwisata yang tidak terlupakan di Pulau Nau.

Akhir kata, semoga bermanfaat bagi anda dan sampai bertemu kembali pada pembahasan wisata yang tidak kalah menarik berikutnya.

Salam.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…