spot_img

Panorama Ampangan – Spot Berkemah Yang Cocok Bagi Kalian Yang Suka Sejarah

Jika kalian suka berkemah akan tetapi di saat yang bersamaan suka dengan Budaya dan juga Sejarah. Maka Panorama Ampangan yang berada di Kabupaten Payakumbuh akan cocok dan kalian senangi.

Lokasi wisata Panorama Ampangan merupakan salah satu contoh jika konsep kekinian dan Budaya setempat dapat berjalan berbarengan. Tidak hanya itu saja, Panorama Ampangan juga memiliki “Panorama” yang memang begitu mempesona. Jadi tidak perlu heran jika tempat ini cukup digemari oleh para pengunjung.

Sumber Gambar: Google Maps @Ranggi Taruna

Sebagai informasi jika kawasan sekitar Panorama Ampangan ini dahulu memiliki peran yang penting dalam Agresi Belanda II yang terjadi pada tahun 1948 – 1949. Pemerintah Darurat republik Indonesia atau yang disebut dengan PDRI mempunyai pusat kekuatan militer yang salah-satunya berada di Payakumbuh.

Di bawah ini kami sudah merangkum beberapa informasi menarik yang mungkin akan berguna bagi kalian. Yang mana akan memberikan kalian gambaran yang lebih jelas mengenai pesona dan daya tarik dari Panorama Ampangan ini. Buat kalian yang mungkin penasaran, mari ikuti dan simak ulasannya hingga tuntas.

Fasilitas Di Panorama Ampangan

Sumber Gambar: Google Maps @Rafki Zainil

Kalian tidak akan menemukan kesulitan sama sekali untuk menuju ke Panorama Ampangan ini. Tidak hanya jaraknya yang dekat akan tetapi akses jalannya yang sudah cukup baik. Bahkan akses jalan ini kerap digunakan sebagai jalur untuk bersepeda karena medannya yang menanjak dan berkelok.

Berbagai fasilitas pun sudah dilengkapi demi memberikan pengalaman berlibur yang menyenangkan bagi para pengunjung. Ada area parkir yang dapat digunakan bagi kalian yang membawa kendaraan pribadi kalian mau itu sepeda, sepeda motor atau mobil. Kalian akan menemukan Gazebo dan bangku tersebar di berbagai titik.

Yang dapat kalian gunakan untuk beristirahat atau sekedar untuk bersantai saja. Warung – warung dengan hidangan yang memanjakan lidah juga dapat kalian temukan dengan mudah. Ada pula gardu pandang yang akan memberikan view yang lebih indah. Kalian juga dapat menghabiskan malam di area berkemah yang sudah disediakan.

Sedangkan untuk fasilitas kebersihan seperti tempat sampah, toilet dan kamar mandi juga dapat kalian temukan dengan mudah disini. Apalagi toilet dan kamar mandi dirawat dengan baik sehingga dapat kalian gunakan dengan nyaman.

Aktivitas Menarik Di Panorama Ampangan

Panorama Ampangan memiliki aktivitas menarik yang dapat kalian lakukan. Mau itu aktivitas alam atau juga aktivitas yang melibatkan budaya setempat. Adapun beberapa aktivitas menarik yang dapat kalian lakukan di Panorama Ampangan ini adalah sebagai berikut :

Menikmati Payakumbuh Botuang Festival

Sumber Gambar: Google @ Icha 123

Jika kalian beruntung maka kalian dapat menikmati Festival setempat yang bernama Payakumbuh Botuang Festival. Sebuah Festival yang digelar sebagai ajang untuk pelestarian dan juga pemberdayaan potensi masyarakat setempat.

Perlu kalian ketahui jika mayoritas masyarakat setempat berprofesi sebagai pengrajin bambu dan Botuang sendiri berarti Bambu. Nah, saat Festival ini diselenggarakan maka kalian dapat menikmati berbagai pagelaran Budaya. Kalian bahkan dapat mencicipi kuliner khas dari Payakumbuh yang akan membuat lidah bergoyang.

Bersepeda Ke Panorama Ampangan

Sumber Gambar: Google @ Benkbenk Emtrack

Walaupun Panorama Ampangan dapat kalian akses menggunakan sepeda motor maupun mobil. Akan tetapi banyak pengunjung lebih memilih untuk menggunakan sepeda. Dengan jalurnya yang didominasi dengan tanjakan serta berkelok – kelok membuat jalur ini menjadi tantangan bagi para pecinta gowes.

Apalagi selama perjalanan kalian akan ditemani dengan pemandangan alam yang sangat indah. Rasa lelah kalian rasanya akan terbayar tuntas dengan apa yang akan kalian dapatkan setelah sampai di lokasi Panorama Ampangan ini.

Berkemah Di Panorama Ampangan

Sumber Gambar: sigijateng.id

Salah satu aktivitas favorit bagi para pengunjung yang datang adalah berkemah. Ada banyak para pengunjung yang datang ke Panorama Ampangan karena ingin menghabiskan malam di dalam tenda. Apalagi dengan berkemah kalian akan disuguhkan dengan pemandangan malam yang tidak kalah indahnya.

Bahkan kalian akan mendapatkan sensasi yang sangat berbeda ketika pada siang hari. Fasilitas yang ada juga sudah sangat memadai sehingga kalian tidak perlu takut akan kerepotan.

Lokasi dan Alamat Panorama Ampangan

Tidak hanya indah, Panorama Ampangan memang memiliki nilai sejarah dan juga budaya yang tidak kalah mempesonanya. Dan untuk menikmatinya kalian tentunya harus mengunjungi lokasi dari Panorama Ampangan ini.

Untuk alamatnya sendiri, Panorama Ampangan berada di Nagari Aua Kuniang Kecamatan Payakumbuh Selatan Kota Payakumbuh Provinsi Sumatera Barat.

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.