in

Keindahan Panorama Alam di Bukit Putung Karangasem Bali

Bukit Putung
Sumber Gambar: getlost.id

Berlibur ke Bali tentu akan menghadapi berbagai tujuan wisata yang sangat banyak dan menyenangkan. Bali memang surganya wisata, karena hampir di setiap daerahnya menghadirkan berbagai panorama alam yang indah dan sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata. Salah satunya adalah keindahan panorama alam di Bukit Putung Karangasem Bali.

Berada diatas bukit bisa menjadi ajang untuk relaksasi dan mencari kedamaian serta ketenangan. Panorama alamnya sangat mengagumkan membelai mata untuk selalu ingin kembali dan menikmatinya.

Menilik Sejarah di Bukit Putung Karangasem

Sumber Gambar: Google Maps @Pande Wayan Juliana

Selain keindahan alamnya yang mempesona ternyata ada sebuah sejarah yang tersimpan di dalamnya. Ada sebuah Legenda yang menceritakan mengenai asal usul bukit ini. Legenda ini telah terkenal di kalangan rakyat setempat.

Istilah Putung dalam bahasa Bali diambil dari kata Putus yang mempunyai arti tidak mempunyai keturunan. Di zaman dahulu menurut Legenda yang beredar, seluruh penduduk yang tinggal di bukit ini telah dikutuk oleh seorang dukun pintar yang merasa telah dicurangi.

Dukun tersebut dibunuh oleh penduduk setempat, karena para penduduk itu ingin menguasai harta kekayaan dari dukun sakti ini. Sesaat sebelum menjelang ajalnya, sang dukun yang merasa telah dijebak dan dikhianati ini pun mengutuk para penduduk yang telah menyakitinya tersebut.

Dukun ini mengucapkan kutukan bahwa kelak di kemudian hari nanti, seluruh penduduk desa yang laki-laki akan tewas dan tak ada yang tersisa satupun. Sehingga akan habis juga seluruh keturunan dari penduduk di bukit ini atau dalam bahasa Balinya dikenal dengan Putung.

Daya Tarik Alam yang Disajikan Bukit Putung Karangasem

Sumber Gambar: Instagram@gddharmaw

Walaupun wisata di Bukit Putung Karangasem hanya sebatas menyaksikan keindahan alam, namun kamu akan menyesal bila tidak datang ke tempat ini.

Ketika kamu sudah sampai di bukit, kamu akan melihat petak-petak sawah yang dimiliki penduduk setempat. Selain itu kamu juga bisa menyaksikan lembah-lembah bukit yang sarat akan berbagai tanaman yang sangat subur. Letaknya yang berada di daerah pegunungan membuat udara di sekitarnya menjadi sangat sejuk dan segar.

Banyak sekali pepohonan yang bisa kamu temukan disana mulai dari pohon kelapa, pakis haji dan perkebunan salak yang dimiliki oleh penduduk setempat. Selain pesona alamnya, kamu juga bisa menikmati pesona pemandangan garis laut dengan adanya dermaga. Kamu bisa melihat perahu nelayan yang sedang bekerja menangkap ikan serta banyaknya kapal-kapal yang berlabuh.

Kamu juga bisa melihat Pulau Nusa Penida yang nampak dari kejauhan. Hal inilah yang membuat banyak orang bertah berlama-lama disini, karena banyaknya pemandangan alam yang sangat kontras antara satu dengan yang lainnya sehingga memanjakan mata pengunjung.

Fasilitas yang Ditawarkan Bukit Putung Karangasem

Sumber Gambar: Google Maps @Wira Kusuma13

Hawa sejuk yang ditawarkan serta ditunjang dengan suasana yang damai dan sangat menenangkan membuat para pengunjung menjadi betah dan nyaman.

Burung-burung yang terbang berkicauan juga menjadi nyanyian alam tersendiri yang menemani selama kamu menghabiskan waktu di bukit istimewa ini.

Bahkan seorang pelukis Italia bernama Christiano telah menuangkan keindahan Bukit Putung kedalam sebuah lukisan yang indah. Inilah mengapa kepopuleran bukit ini sampai ke mancanegara. Adapun fasilitas yang ditawarkan disini adalah sebagai berikut :

  • Gubuk – gubuk penginapan yang banyak tersebar di sekitar lokasi Bukit membuat kita bisa menikmati pemandangan alam lebih lama
  • Spot foto terbaik dengan fasilitas yang mendukung agar kamu bisa mendapatkan foto terbaikmu disini
  • Areal lokasi wisata seluas 1 hektare dengan beberapa fasilitas pendukung seperti restaurant, beberapa unit bungalow, lapangan tenis dan areal parkir.

Lokasi Wisata Bukit Putung Karangasem Bali

Bila kamu tertarik untuk mengunjunginya, maka kamu bisa menuju lokasinya yang berada di Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem Provinsi Bali.

Dengan jarak sekitar 19 km dari pusat Kabupaten Amapura, bila kamu berangkat dari Denpasar maka berjarak sekitar 52 km. Ketika sampai ke lokasi, kamu tak perlu lelah karena dapat dilalui oleh kendaraan untuk mencapai puncaknya.

Demikianlah sekilas informasi wisata Bukit Putung Karangasem Bali yang sarat akan sejarah dan pesona alam yang menakjubkan. Waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah ketika senja saat matahari terbenam.

Jangan lupakan untuk mengabadikan setiap moment kamu dengan berfoto bersama keluarga dan orang terdekat dengan pemandangan terbaik disana.

Geomedia - JFK 2022