OUR NETWORK

Pantai Lambangan Pauno dengan Batu Karang Unik di Banggai Laut

Source Image: Twitter @iqbalnati

Pernah berkunjung ke Sulawesi Tengah? Berkunjung ke sana belum lengkap apabila kamu tidak coba menikmati keindahan alamnya, entah itu dengan cara berkunjung ke air terjun, perbukitan hijau, atau ke pantai menikmati pemandangan yang eksotis. Ngomong-ngomong soal pantai, di Sulawesi Tengah, tepatnya di Kabupaten Banggai Laut, ada salah satu pantai yang sangat eksotis dengan batu karang yang unik, namanya adalah Pantai Lambangan Pauno.

Lokasi Pantai Lambangan Pauno

Pantai Lambangan Pauno tidak terlalu jauh dari pusat Kabupaten Banggai Laut, Kota Banggai, kurang lebih hanya berjarak sekitar 6 km dengan waktu tempuh 10 sampai 15 menit perjalanan darat. Lokasi persis dari Pantai Lambangan Pauno adalah di Desa Kendek, Kecamatan Banggai, Kabupaten Banggai Laut.

Sumber: Instagram @fiqri_mahmudin

Akses menuju ke sana juga sangat mudah. Walaupun terletak sangat jauh dari ibu kota Sulawesi Tengah, Palu, namun prasarana transportasi sudah sangat memadai. Kamu pun bisa menggunakan kendaraan roda dua atau bahkan roda empat untuk menuju ke Pantai Lambangan Pauno.

Pesona Pantai Lambangan Pauno

Sumber: Instagram @amransyahm.satali

Sesampainya di Pantai Lambangan Pauno, kamu akan langsung disuguhi dengan bentang alam yang sangat eksotis. Di sana kamu akan menemukan pantai dengan pasir putih bersih yang membentang luas, dengan panjang sekitar 200 meter. Ombak di Pantai Lambangan Pauno juga cukup bersahabat bagi para wisatawan, menghadirkan suara deburan ombak yang cukup menenangkan hati.

Sumber: Twitter @iqbalnati

Tidak jauh dari bibir pantai kamu akan menemukan pepohonan yang cukup rindang, dengan mayoritas pohon ketapang dan pohon nyiur. Keberadaan pepohonan yang rindang di tepi pantai bisa dijadikan sebagai payung alami bagi para wisatawan di tengah teriknya sinar matahari.

Keunikan lain dari Pantai Lambangan Pauno adalah pada saat-saat tertentu air laut akan mengikis pasir-pasir di tepi pantai, menyisakan bebatuan yang berwarna hitam legam. Sementara pada musim lainnya, bebatuan tersebut akan tertutup kembali oleh pasir pantai yang terbawa oleh ombak air laut.

Batu Karang yang Ikonik

Sumber: Instagram @norma_m___

Pantai Lambangan Pauno juga semakin cantik dengan keberadaan bebatuan karang terjal yang berada di sudut. Keunikannya mampu menghipnotis para pengunjung, sehingga membuat mereka menjadikannya sebagai latar belakang untuk berfoto. Dari sekian bebatuan karang yang ada, yang paling ikonik di Pantai Lambangan Pauno adalah keberadaan batu karang yang berlubang. Batu karangnya memang tidak terlalu tinggi dan besar, namun keberadaan lubang di tengah-tengahnya membuatnya terlihat sangat mencolok dan artistik.

Bermain di Pantai Lambangan Pauno

Sumber: Instagram @__kalasenjaa

Berkunjung ke Pantai Lambangan Pauno belum lengkap jika kamu tidak menceburkan diri dan merasakan kesegaran air laut. Kontur pantai yang landai ditambah ombak yang sangat bersahabat membuat pantai ini aman untuk digunakan berenang. Apabila tidak ingin basah-basahan, duduk-duduk di bawah pepohonan kelapa atau nyiur yang berada di tepi pantai juga bisa menjadi pilihan yang pas.

Sumber: Facebook @desakendek

Oh ya, kamu juga bisa berkemah di Pantai Lambangan Pauno tanpa dipungut biaya tambahan. Berkemah di sana akan membuatmu bisa lebih leluasa menikmati keindahan pantai, bercengkrama dengan alam, dan menenangkan diri dari jenuhnya kehidupan di kota. Namun, untuk berkemah kamu harus membawa peralatan sendiri dari rumah, karena di sana belum ditemukan tempat penyewaan tenda.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Untuk kamu yang ingin berwisata menikmati Pantai Lambangan Pauno, hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar 3 ribu rupiah. Tentu saja itu adalah harga yang sangat murah, tidak sebanding dengan pesona alam yang dijanjikannya.

Tak perlu khawatir soal fasilitas umum, karena di sana juga telah dibangun toilet dan kamar bilas yang cukup bersih. Terdapat pula lahan parkir yang luas dan tempat sampah dengan jumlah yang memadai. Sayang, di Pantai Lambang Pauno belum begitu banyak warung yang menjual aneka minuman dan makanan ringan. Oleh sebab itu, ada baiknya kamu membawa perbekalan dari rumah ketika hendak berkunjung ke pantai yang cantik satu ini.

Itulah sekilas tentang cerita Pantai Lambangan Pauno dengan batu karangnya yang unik. Tidak perlu pikir panjang, langsung saja siapkan hari liburmu dan segera kunjungi Pantai Lambangan Pauno untuk bersenang-senang, sembari menenangkan diri dari riuhnya kehidupan di perkotaan.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…