in

Pulau Misool, Surga di Raja Ampat yang Bikin Ketagihan

Sumber Gambar Dari Instagram @nataliasipahutan24

Ada yang pernah mendengar Pulau Misool? Kawasan Surga Terindah di Indonesia ini menjadi salah satu diantara empat pulau besar di Raja Ampat yang harus kamu kunjungi. Panoramanya membuat mata kamu enggan untuk berkedip. Tidak heran bila kawasan ini tidak pernah sepi oleh wisatawan.

Keindahan kawasan yang begitu unik mulai dari landscape geologinya yang begitu unik, warna air laut yang biru turquoise. Tidak heran bila kedepan tempat ini akan dijadikan sebagai tempat geopark. Masih ada banyak hal yang harus kamu lihat di Pulau Misool. Apa saja, mari kita lihat penjelajahannya di bawah ini

Aktivitas di Pulau Misool

Sumber: highlight.id

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu nikmati disini. Tidak hanya sekedar melihat pesona alamnya yang tidak bisa dikatakan apa-apa lagi. Berikut Ragam kegiatan yang bisa kamu coba saat mengunjungi Pulau Misool

  • Snorkeling dan Diving

    Sumber: Instagram @point_assist

Salah satu alasan mengapa kamu harus mengunjungi tempat ini adalah Dunia bawah lautnya yang tidak hanya cantik saja, melainkan mengesankan sekali. Bebatuan karang terlihat menggoda.

Sumber: Instagram @jelajahindonesia.trip

Ikan-ikan kecil bisa kamu lihat bersembunyi di antara karang-karang. Kalau bisa dihitung, jumlahnya bisa mencapai ratusan bahkan ribuan lho. Kamu seperti berada di surga dunia yang tak akan pernah tergantikan dengan apa pun. Tingkat pencahayaannya cukup baik, jarak pandang bisa mencapai 5 meter kedepan lho.

  • Menjelajah Seluruh Pulau

    Sumber: Instagram @shantie_syifa

Soal pasir pantainya yang putih, pulau Misool memang jagonya. Tetapi, sangat disayangkan bila kamu hanya mengetahui keindahan kawasan ini sampai disini saja.  Cobalah untuk berkeliling ke sekitr pulau. Dimana, kamu bisa melihat goa-goa purbakala yang sangat cantik dan membuat kamu tercengang.

Keindahan stalaktit dan stalakmitnya memang bisa dikatakan juara diantara semua goa di Indonesia. Bila berkeliling menggunakan jalur darat, kamu juga bisa mengunjungi desa-desa yang ada disini. Masyarakat pulau Misool begitu ramah dan baik lho. Sayang kalau kamu tidak menyapa mereka. Bila beruntung, kamu bisa melihat berbagai macam atraksi budaya dan juga adat istiadat yang masih dijalankan sampai saat ini.

Sumber: Instagram @nuttonton_misool

Menariknya lagi, kamu bisa menggali potensi tradisi yang sebenarnya masih tersembunyi. Jangan lupa kamu membeli beberapa oleh-oleh yang bisa kamu beli. Mulai dari makanan khas, camilan, hingga souvenir-souvenir dengan harga mulai dari 10 ribuan saja. Harga yang cukup murah bukan?

Tidak hanya dengan jalur darat saja, kamu juga bisa mengelilingi pulau dengan menggunakan kapal boat yang ada disini. Karang-karang dengan pemandangan pepohonan, perbukitan, dan air laut yang biru dan jernih menjadi sajian yang membuat kamu lupa waktu.

  • Bermain Kayak

Sumber: Instagram @hardyzk

Ada lagi kegiatan yang tidak boleh kamu lewatkan. Dengan permainan kayak, yang bisa kamu sewa. Selain bermain kamu juga bisa melihat biota-biota laut dari atas sini. Menariknya, kegiatan ini selalu dilakukan oleh setiap wisatawan yang datang ke tempat ini lho.

  • Puncak Perbukitan

    Sumber: Instagram @campatour

Di Pulau Misool kamu bisa menikmati berbagai macam perbukitan bahkan sampai Danau Ubur-ubur. Satu kawasan puncak yang paling mengesankan menikmati telaga love atau yang sering disebut dengan Kawarapop. Serta ada banyak pulau-pulau yang bisa kamu lihat.

Sumber: Instagram @hardyzk

Mendaki perbukitan di Raja Ampat memang tidak mudah. Dimana, kamu harus mendaki terlebih dahulu dan mampu menaklukkan tanjakan yang sulit dilupakan.

Pemandangan dari atas bukit yang tidak boleh kamu lupakan adalah Pemandangan senja yang tampak berbeda dengan biasanya. Siluet-siluet yang tampaknya membuat kamu harus mengabadikannya ke dalam foto dan gambar. Jadi, jangan lupa untuk bawa kamera tingkat tinggi ya.

Kesimpulan

Menuju ke Pulau Misool memang tidak mudah. Bagaimana tidak, kamu harus menempuhnya dalam kurun waktu kurang lebih 8 jam perjalanan, atau kamu bisa menggunakan kapal cepat yang hanya membutuhkan waktu hanya 4 jam saja. Dengan harga sewa kapal yang juga tidak murah.

Jangan lupa pula untuk menikmati beberapa menu kuliner yang ada disini. Rasanya benar-benar membuat kamu ingin bertahan lama disini. Olahan ikan yang mampu dikolaborasi dengan berbagai bumbu yang khas Papua. Jadi, sudah siap menjelajah Pulau Misool? Surga di Papua yang tidak akan pernah kamu lupakan.