OUR NETWORK

Payakumbuh Lebih dari Kelok Sembilan, Ini 10 Destinasi Wisata Terbaiknya

Tahu di mana letak Kota Payakumbuh? Nah, Payakumbu adalah salah satu kota yang terletak di dataran tinggi dan menjadi bagian dari Bukit Barisan. Letaknya yang berada di dataran tinggi membuat Payakumbuh memiliki udara yang sejuk dan juga panorama alam yang indah. Di kota yang satu ini rata-rata suhu udaranya adalah 26 derajat celcius.

Destinasi wisata yang cukup populer di Payakumbuh adalah Kelok Sembilan, yang keindahan dan keunikannya sudah tersiar sampai ke seluruh pelosok negeri. Namun Payakumbuh juga lebih dari sekedar itu, karena masih banyak destinasi wisata menarik lainnya yang layak untuk dikunjungi. Berikut adalah 10 destinasi wisata menarik di Payakumbuh.

Jembatan Kelok Sembilan

Sumber: Deskgram.net

Sama seperti namanya, jalanan yang menghubungkan Provinsi Riau dengan Sumatera Barat ini berkelok-kelok. Karena diapit oleh dua perbukitan yang masuk dalam kawasan cagar alam, yakni Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau, jembatan ini pun memiliki pemandangan yang cukup menawan. Ditambah dengan keunikannya, Jembatan Kelok Sembilan selalu menjadi daya tarik bagi para pengendara yang melewatinya.

Lembah Harau

Sumber: Deskgram.net

Lembah Harau adalah sebuah lembah yang secara geografis terletak di Kota Payakumbuh, tepatnya di Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Yang menarik dari Lembah Harau adalah keberadaan batu pasir dengan warna keoranyean yang mengelilinginya. Tidak hanya itu, Lembah Harau juga memiliki pemandangan yang ciamik dan udara yang masih sangat sejuk, sehingga cocok bagi kamu yang ingin melepas penat.

Rumah Gadang Sungai Beringin

Sumber: Deskgram.net

Bisa dibilang bahwa Rumah Gadang Sungai Beringin adalah rumah adat khas Payakumbuh. Rumah Gadang Sungai Beringin sendiri diresmikan pada 9 Januari 1994 oleh Menteri Pariwisata kala itu, Bapak Joop Ave. Rumah gadang ini dibangun dengan tujuan untuk melestarikan kebudayaan masyarakat Minangkabau.

Bukit Bulek Taram

Sumber: instagram.com/septiyanmandami

Kemudian ada Bukit Bulek Taram, yang secara geografis terletak di Kenagarian Taram, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera barat. Bukit Bulek sendiri adalah sebuah bukit batu yang tinggi menjulang dan sangat terjal dengan bentuk kerucut. Sementara itu, di bawahnya adalah tanah yang diselimuti oleh rerumputan hijau. Di sini juga terdapat banyak rawa, yang sering kali dijadikan sebagai tempat memancing pada waktu akhir pekan.

Kapalo Banda Taram

Sumber: Deskgram.net

Kapalo Banda Taram adalah sebuah lokasi wisata yang memiliki pemandangan nan indah. Berkunjung ke sini akan membuatmu bisa menikmati indahnya bentang alam Sumatera Barat yang dipadukan dengan bentang sawah dan juga hutan. Kapalo Banda Taram sendiri sebelumnya merupakan saluran irigasi, namun lokasi tersebut mulai menjadi destinasi wisata setelah dilakukannya sedikit renovasi.

Air Terjun Lubuak Bulan

Sumber: caranoadventure.blogspot.com

Air Terjun Lubuak Bulan adalah destinasi wisata yang ada di Jorong Koto Tinggi Kubang Balambak, Kanagarian Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka, Kabupaten Lima Puluh Kota. Air Terjun Lubuak Bulan sendiri memiliki ketinggian sekitar 50 meter, dan memiliki pemandangan yang sangat indah. Namun dengan kondisi alam yang ada, para pengunjung tidak bisa berenang atau bermain air di bawah air terjun. Untuk bisa ke sini kamu harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 4 jam dari Kota Payakumbuh.

Goa Ngalau Indah

Sumber: indonesiakaya.com

Goa Ngalau Indah merupakan lokasi wisata yang terletak sekitar 4 km dari pusat Kota Payakumbuh. Goa Ngalau Indah merupakan goa alam, yang di mana terdapat beberapa mulut goa untuk dijadikan sebagai akses keluar dan masuk bagi para pengunjung. Layaknya goa yang lainnya, di sini juga terdapat banyak stalagtit dan stalagmit. Namun ada hal yang unik, di mana di sana terdapat batu gong, yang bentuknya kerucut menyerupai lonceng.

Panorama Ampangan

Sumber: Deskgram.net

Lokasi wisata ini tidak jauh dari pusat Kota Payakumbuh. Maka tidak heran, jika lokasi wisata ini cukup banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Karena lokasinya yang berada diperbukitan akan membuatmu bisa dengan mudah melihat pemandangan alam Payakumbuh dari atas ketinggian.

Panorama Padang Mengatas

Sumber: Deskgram.net

Padang Mangatas adalah sebuah padang rumput yang sangat indah dan terletak di punggung Gunung Sago, serta membentang luas dari Padang Mengatas sampai ke Tapak Gajah. Wisata ini semakin banyak dikunjungi wisatawan, karena memang aksesnya yang bisa dibilang cukup mudah.

Paralayang di Taeh Bukik

Sumber: Deskgram.net

Terakhir adalah Paralayang di Taeh Bukik, Kabupaten Lima Puluh Kota. Wisata ini cocok bagi kamu yang suka akan tantangan, dan tidak memiliki phobia ketinggian.

Comments

Loading...