in

Pendakian Gunung Kawi Via Precet Ujian Pendaki Pemula

Sumber Gambar: indonesiana.id

Pendakian Gunung Kawi Via Precet menjadi perjalanan tidak terlupakan yang pernah dilakukan oleh para pendaki. Sebelum memulai perjalanan kamu pastikan dulu jumlah anggota tidak boleh ganjil, walau hanya sebatas mitos, namun tidak salahnya untuk dilakukan.

Perlu diketahui, total perjalanan dari pos menuju ke atas kurang lebih memakan waktu 9 jam lamanya. Melewati beberapa pos dengan rintangan yang tidak mudah. Jangan lupa sebelum naik ke atas persiapkan fisik dan tenaga bila perlu olahraga lebih dulu.

Pendakian Gunung Kawi Sampai ke Pos 3

Dari basecamp menuju ke pos 1, kamu akan disuguhkan dengan kondisi trek berupa batu, ladang, dan seterusnya adalah tanah. Dari sini saja, trek sudah menanjak walau tidak terlalu curam.

Sampai di pos, kamu bisa menemukan sumber air melalui saluran pipa yang bocor. Tanah lapang hingga ideal untuk camping juga bisa ditemukan. Lama perjalanan kurang lebih 2 jam 15 menit.

Melanjutkan perjalanan ke pos 2, pendaki sudah mulai masuk hutan. Hati-hati karena populasi nyamuk cukup banyak. Disarankan menggunakan lotion terlebih dulu. Trek masih berupa tanah, tidak terlalu curam ketika naik, terkadang kamu diberi bonus cukup panjang.

Waktu tempuh tidak jauh berbeda yaitu 1 jam 55 menit. Disarankan untuk istirahat lebih lama karena setelah ini pendaki akan melewati jalur yang sesungguhnya. Menuju ke Pos 3, kamu akan melewati tanjakan dengan kemiringan 40 sampai 60 derajat.

Tanpa ada bonus sama sekali. Melewati pohon pinus dan ilalang, samping kanan kiri terlihat jurang, harus hati-hati atur nafas dengan baik dan tetap fokus. Pada titik tertentu pendaki akan melewati ilalang yang sedikit merepotkan.

Pendakian Gunung Kawi Dari Pos 3 Menuju Puncak

Perlu diperhatikan, perjalanan menuju ke pos 3 menguras fisik, tenaga, dan mental. Selain menanjak, banyak pohon tumbang terlihat di depan mata. Kondisi tersebut membuat tangan harus melakukan perannya agar perjalanan lancar.

Total perjalanan dari pos 2 ke 3 membutuhkan waktu 2 jam 40 menit. Hati-hati saat hujan datang, trek menjadi licin. Solusi terbaik agar lebih cepat sampai adalah menikmati perjalanan, lelah berhenti tetapi jangan terlalu lama. Cukup 2 menit lalu melanjutkan kembali perjalanan sampai ke puncak. Beristirahat lama di Pos 3 adalah sebuah keharusan, tetapi perlu menjadi catatan penting bahwa di pos ini tidak ditemukan lokasi datar.

Bisa dikatakan, pendirian tenda harus sampai dulu ke puncaknya. Sementara, perjalanan ke atas tidaklah mudah. Tanjakan dengan kemiringan 60 derajat sudah menanti, tidak ada bonus atau sumber mata air.

Total perjalanan dari pos 3 kurang lebih 3 jam 15 menit. Perjalanan tersulit selama pendakian. Konsentrasi benar-benar dibutuhkan hanya saja, sedikit demi sedikit pemandangan indah sudah bisa terlihat.

Panorama Puncak Gunung Kawi

Pendakian Gunung Kawi Via Precet memang membutuhkan tenaga yang luar biasa. Tidak mudah untuk bisa mencapainya. Tetapi, semua perjuangan tersebut akan terbayar lunas. Keindahan alam begitu mempesona dapat terlihat.

Banyak pendaki mengucap rasa syukur setelah tiba disini. Lautan awan dan matahari terbit menjadi salah satu pemandangan menawan yang harus dinikmati oleh para pendaki. Puncak Gunung ini bernama Batu Tulis dengan ketinggian kurang lebih 2603 Mdpl.

Perlu menjadi catatan penting, bila ingin mendaki adalah waktu. Perhitungkan dengan benar, harus berangkat jam berapa. Karena, kemungkinan akan mendapatkan tempat untuk mendirikan tenda di pos 2 atau puncak.

Sementara, perjalanan keduanya membutuhkan waktu sekitar 5 sampai 6 jam perjalanan. Tips berikutnya adalah perhatikan dalam pengaturan air minum. Perlu diketahui, sumber air disini tergolong minim dan bisa dikatakan tidak ada.

Pendakian Gunung Kawi Via Precet menjadi salah satu perjalanan yang sangat menarik untuk ditempuh. Hanya saja, sebelumnya kamu harus mempersiapkan mulai dari kebutuhan logistik, fisik, dan tenaga.

Geomedia - JFK 2022