in

Pendakian Gunung Kelud Via Karangrejo Sangat Ramah Bagi Pemula

Sumber Gambar: jelajahblitar.com

Pendakian Gunung Kelud menjadi tempat terbaik menguji diri kamu, apakah sudah siap mendaki yang lebih tinggi lagi atau masih harus belajar lagi. Kawasan ini mempunyai ketinggian 1713 mdpl yang sayang untuk dilewatkan.

Sejak erupsi dahsyat tahun 2014 lalu, kawasan ini mulai diperbaharui dan sekarang pesonanya terpancar hingga ke berbagai wilayah. Kali ini titik awal pendakian dari Desa Karangrejo, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar.

Perlu diketahui, secara administrasi puncaknya berada di dua lokasi berbeda yaitu Blitar dan Kediri. Tidak heran bila ada dua jalur dan masing-masing satu di setiap kawasan. Menuju ke basecamp pendaki harus menggunakan kendaraan pribadi.

Bisa juga naik kereta api turun di stasiun garum dan sewa kendaraan, karena hanya kereta lokal yang berhenti di stasiun tersebut. Maka disarankan untuk turun di stasiun Blitar saja, lalu menuju lokasi dengan bantuan GPS dimana titiknya mudah untuk dicari.

Beberapa masyarakat juga paham dimana titik lokasinya. Jadi, jangan takut kesasar bisa tanya penduduk sekitar, pasti akan diarahkan. Hanya saja, pastikan kendaraan dalam kondisi prima, karena menuju ke sana trek yang harus dilalui cukup sulit.

Pendakian Gunung Kelud Menuju Pos 2

Sumber Gambar: Google Maps @nanung blitz

Perlu diperhatikan bahwa, kendaraan kamu bisa parkir sampai pos 1. Hanya saja, perlu diperhatikan bila hari libur tidak ada orang yang berjaga. Maka, pastikan dengan baik kondisinya aman terkendali.

Pada Pos 1 sendiri kamu bisa melihat sebuah shelter, dimana lokasi ini menjadi tempat paling tepat untuk memakirkan sepeda motor. Tidak kepanasan dan kehujanan, hanya saja tidak begitu luas, jadi sedikit rebutan dengan pendaki lainnya.

Sebenarnya, dulu waktu trek masih bagus dan belum rusak parah seperti ini. Pendaki cukup naik kendaraan saja sampai di Pos 5, tetapi jalur yang harus dilalui begitu luar biasa, berkelok dan menegangkan.

Setelah parkir, kamu langsung disambut dengan medan cor-coran sekitar 5 km. Kemudian, perjalanannya didominasi tanah padat, waktu yang dibutuhkan untuk tiba di pos 2 adalah 1 jam 10 menit.

Di Pos 2 ini, pendaki akan menemukan shelter yang terbuat dari rangka kayu. Biasanya, para pendaki beristirahat kurang lebih 5 menit, membuka perbekalannya dan mengambil nafas sebelum lanjut ke pos 3.

Pendakian Gunung Kelud Menuju Pos 5

Selanjutnya, kamu akan melewati perjalanan yang menyenangkan. Dimana trek yang harus dilalui tidak terlalu sulit, treknya cukup rimbun karena, masih terlihat pepohonan tinggi. Perlu diketahui, menuju Pos 3 menjadi rute yang paling pendek.

Jadi, waktu yang dibutuhkan hanya 30 sampai 45 menit saja. Tanda sudah masuk adalah adanya dua shelter saling berhadapan. Bila terlalu malam, bisa menginap disini atau melanjutkan kembali perjalanan.

Pemandangan yang sama juga akan dirasakan pendaki menuju ke pos 4 dengan waktu 60 menit. Disini hanya ada satu shelter saja, pendaki bisa beristirahat sejenak atau membuka perbekalan dari rumah.

Inilah dia trek paling menyenangkan mulai dari sini, nafas dan tenaga harus diatur benar. Jangan sampai salah hingga akhirnya gagal menuju puncak. Perlu diperhatikan bila di sini ada banyak pohon bertumbangan, jadi harus hati-hati.

Bagi yang ingin menikmati puncak Kelud, harap ikuti jalur utama jangan trek searah shelter. Setelah ini ada camp area dan puncak. Persiapkan diri agar waktu tempuhnya tidak terlalu lama.

Pendakian Gunung Kelud Menuju Puncak

Sumber Gambar: steemit.com

Lepas dari Pos 5 pendakian yang sebenarnya, dimana jalur sudah sedikit menanjak dan licin. Salah meminjak bisa terpeleset. Wilayah camp sendiri cukup luas dengan konturnya datar dan nyaman untuk tidur.

Selanjutnya, adalah batas vegetasi, dimana pendaki diwajibkan untuk berhati-hatim karena, treknya selain curam juga licin., Selain itu ada juga tanjakan sangat curam, dimana pihak pengelola sudah mnyediakan tali serta tangga memanjatnya.

Setelah memakan waktu hampir 3 jam, akhirnya kamu tiba di Puncak Plontos. Hamparan pasirnya sangat luas. pesona puncak sumbing bisa dilihat penuh. Terakhir, bila ingin melihat kesempurnaannya bisa naik ke puncak Kelus yang menjedi titik tertinggi disini.

Pendakian Gunung Kelud via Karangrejo menjadi salah satu panorama terbaik dalam melihat keindahan alam lainnya. Jangan lupa datang kesini dan nikmati berbagai keseruannya, dijamin rasanya malas untuk pergi