in

Tari Saman Kesenian Aceh yang Namanya Sudah Mendunia

Sumber Gambar: helloindonesia.id

Aceh bukan hanya kaya dengan keindahan alamnya dan sajian kulinernya saja. Kebudayaan serta adat istiadat juga menarik untuk dinikmati. Salah satunya adalah pertunjukan Tari Saman yang masih terus dikembangkan sampai saat ini.

Kebudayaan milik suku Gayo tersebut memiliki jumlah penari cukup banyak, bisa lebih dari 10 orang, dimana 2 penari diberikan tugas untuk bernyanyi dan memberikan aba-aba gerakan selanjutnya. Sementara, 8 lagi mengikuti arahan diiringi suara musik gendang dan tepukan tangan dan nyanyian para penarinya. Tidak heran bila suasananya menjadi meriah.

Penonton yang melihat pertunjukkan tersebut ikut bersemangat melihat pergerakannya. Harus diakui, poin penting dari tarian ini adalah kekompakan dan kecepatan dalam melakukannya.

Sejarah Tari Saman Aceh

Sumber Gambar: bobo.grid.id

Seperti berbagai kebudayaan dan tradisi masyarakat lainnya, Tari Saman juga mempunyai sejarah panjang yang menarik untuk disimak. Pertunjukan ini dulu adalah sebuah permainan rakyat, mereka menyebutnya dengan nama Pok Ane.

Dalam prosesinya, mereka menggabungkan gerakan bersama dengan sair islam. Isinya adalah berbagai pujian kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tidak heran bila para Kiai menggunakannya sebagai salah satu media untuk berdakwah.

Masih menurut cerita masyarakat sekitar, gerakan yang dihasilkan ini diciptakan oleh salah satu Ulama dari Dataran Tinggi Gayo. Namanya adalah Syekh Saman, untuk mengenang jasanya maka, sebutan untuk pertunjukan ini dinamakan Saman.

Hanya saja, sumber tersebut masih belum bisa dipercaya. Karena, kepastian dari mana asalnya sulit ditemukan. Tetapi, cerita tersebut terus berkembang karena, menjadi salah satu catatan pelaut Marcopolo yang sempat singgah di Kerajaan Pasai.

Gerakan Dari Tari Saman

Sumber Gambar: womensobsession.com

Dalam pertunjukkan tari ini sendiri memiliki satu pola lantai, dengan garis lurus dan sejajar secara horizontal, sesuai dengan pandangan penonton. Cara melakukannya dengan berlutut dan menitik beratkan pada pergerakan tangan, tubuh, badan, sampai kepala.

Dari gerakan utama tersebut, akhir tari ini berkembang cukup pesat. Saat pertunjukan berlangsung, para penari akan duduk berjajar, bersimpuh dan membentuk sebuah barisan. Tidak ada jarak diantara mereka.

Sumber Gambar: goodnewsfromindonesia.id

Satu poin penting dalam melakukan Tari Saman adalah kekuatan kaki dimana, tumpuan dari berat badan mereka adalah lipatan kedua kaki. Kesulitan terbesar terjadi ketika mereka duduk bersimpuh kemudian, langsung berdiri.

Hanya penari dengan level yang sudah tinggi, bisa melakukan gerakan tersebut tanpa menciptakan kesalahan. Butuh waktu panjang memang untuk mempelajarinya. Sementara pada level paling bawah adalah penari yang mampu membungkukkan badan sekitar 90 derajat kemudian, bergerak membelakangi dengan sudat 60 derajat dalam waktu sekejap, harus diakui sulit melakukannya.

Makna dan Filosofi Tari Saman

Dalam menciptakan setiap gerakan dan syair pujian tersebut Syekh Saman mengharapkan semua orang bisa bertambah keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah. Karena, setiap gerakannya mengandung makna dzikir.

Selain itu, ada makna tersembunyi yang diharapkan dimana, penari diwajibkan untuk duduk sejajar ke arah samping sembari berbaris. Mempunyai makna bahwa manusia adalah makhluk sosial, dimana semua derajatnya adalah sama di mata Tuhan.

Selain itu, makna lain yang tersiratkan adalah gerakan sholat dimana, penari harus duduk bersimpuh. Setiap polanya juga menunjukkan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW. Selain itu menurut cerita, pertunjukkan tersebut menjadi salah satu pemersatu masyarakat Gayo Lues.

Dimana mereka mengenal tradisi berserinen. Ketika akad diucapkan maka, sah mereka menjadi keluarga satu sama lain. Biasanya, tradisi tersebut diselenggarakan saat maulid nabi berlangsung.
Biasanya, setelah tarian selesai keluarga tersebut akan memberikan makanan serta beras pulut, yaitu makanan khas Aceh seperti lepat. Serta masih ditambah ongkos untuk pulang. Hubungan tersebut tidak akan terpisahkan walau dalam suka atau duka.

Tari Saman merupakan pertunjukan kesenian Aceh yang mempunyai makna serta filosofi cukup kuat. Walau masih simpang siur siapa penemunya tetapi, keindahan gerakan dan syair pujiannya menjadi salah satu alasan mengapa kamu harus melihatnya.