in

Pendakian Gunung Wilis Via Candi Penampihan Cocok Bagi Pemula

Source Image instagram @wisatajatim.id

Pendakian Gunung Wilis melalui Candi penampihan menjadi salah satu trek yang menyajikan tantangan sekaligus keindahan bagi para pendaki. Jalur ini terletak di Desa Nglurup, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung.

Menuju ke basecamp, poin pertama yang harus ditempuh terlebih dulu adalah Terminal atau stasiun Tulungagung. Dari sini perjalanan ditempuh kurang lebih 1 jam. Biasa carter mobil atau motor dengan harga mulai dari Rp100 ribu.

Sebelum menuju ke atas tidak ada salahnya kamu mampir dulu ke Candi Penampihan. Serta lapo ke pos penjaga atau ketua RT setempat dan membayar simaksi sebesar Rp10 ribu. Disini ada sumber mata air bernama Pancuran Tirto, jika sudah mendapatkan izin. Para pendaki diperkenankan mengambilnya sebagai perbekalan.

Pendakian Gunung Wilis Menuju Watu Godhek

Source Image: Instagram @ronnie_surodiwongso

Perjalanan dimulai dengan melewati perkebunan warga yang ditanami oleh beberapa jenis sayuran. Pemandangan cukup indah, karena warna hijau terhampar begitu megah didepan mata. Sesekali kamu akan bertemu dengan warga.

Jangan takut untuk menyapanya, mereka sangat ramah dan bila beruntung beberapa akan memberikan tambahan bekal. Selanjutnya, jalur dilanjutkan kawasan hutan. Jangan heran bila masih banyak satwa liar berkeliaran disini Jadi, hati-hati dengan barang bawaan. Usahakan tidak terlalu mencolok.

Setelah menempuh waktu cukup panjang kurang lebih 4 jam. Kamu akan tiba di Watu Godhek. Disini pendaki bisa mendirikan tenda. Jika mulai mendaki sekitar pukul 10 atau sebelas, karena hanya ada satu pos saja untuk sampai di Puncak Wilis.

Perjalanan, paling nyaman adalah mulai dari pagi hari kurang lebih pukul 7 pagi. Maka, kurang lebih sampai di puncak pukul 5 sore jika berjalan santai. Tetapi, bila memilih berangkat siang disarankan mulai pukul 1 siang atau selepas jam makan,

Karena, sampai Watu Godhek sekitar jam 5 sore. Waktu paling tepat untuk membuka tenda, mempersiapkan makan serta beribadah. Hanya saja, perlu diperhatikan bila menempuh trek sore. Maka, kamu dan rombongan harus bangun setidaknya pukul 2 dini hari.

Agar bisa menikmati sunset. Perjalanan siang membutuhkan waktu 3 jam. Setidaknya kalau malam 4 jam karena, harus mencari trek dan persiapan. Jadi, rasanya kurang efektif bila ingin melihat indahnya matahari terbit.

Pendakian Gunung Wilis Menuju Puncak

Source Image: Instagram @pendaki_musiman_id

Menuju ke puncak harus ekstra hati-hati terutama saat melintas dini hari, karena kamu akan melewati jalur punggungan kanan dan kiri merupakan jurang. Tidak perlu terlalu cepat tetapi, tetap perhatikan kecepatan.

Hati-hati juga terhadap pohon tumbang, para pendaki akan banyak bertemu, cukup menyulitkan memang hanya saja masih bersahabat. Tanjakan akan bertambah curam saat mendekati puncak,

Persiapkan tenaga ekstra kalau sudah sampai ditanjakan ini. Salah satu ciri yang dapat dilihat oleh para pendaki ketika hendak sampai di titik tertinggi dari Pendakian Gunung Wilis adalah tumbuhnya pohon cemara hingga pinus tumbuhan lebat jarang terlihat.

Dari sini mungkin perjalanan kurang dari 15 menit. Puncaknya ditandai dengan bebatuan yang tersusun dengan tinggi kurang lebih 1 meter. Harus diperhatikan bila puncak Wilis sering tertutup kabut jika, sampai disana pada siang hari.

Jadi pastikan sebelum pukul 9 pagi harus sudah berdiri di atas puncaknya. Lihatlah pemandangan indah terhampar didepan mata. Tidak heran bila keindahannya ini membuat semua orang ingin datang lagi dan lagi ke tempat ini.

Bagi pendaki pemula, pendakian Gunung Wilis menjadi salah satu uji coba terbaik. Jalurnya sangat ramah, memang menanjak hanya saja masih cukup nyaman dilintasi. Jangan lupa membawa perbekalan dan sampah harus kembali di bawa turun ke bawah lalu buang pada tempatnya. Agar kebersihan dan kelestarian alamnya tetap terjaga selalu.