in

Pesona Desa Wisata Lumbok, Lampung: Oase Ketenangan Dengan Berbagai Fasilitas Liburan

Sumber Gambar: Google Maps @Sengky Saputra

Lampung menyimpan sederet wisata yang belum banyak dikenal. Salah satunya, Desa Wisata Lumbok. Desa Wisata yang terletak di Lampung Barat ini tepat bisa didefinisikan sebagai oase tersembunyi. Tempat wisata yang pas dikunjungi bila menginginkan suasana tenang nan damai.

Meski begitu tak perlu khawatir. Walau menyuguhkan sisi ketenangan dan juga kedamaian yang jarang didapat di lokasi wisata lain, terdapat berbagai fasilitas hiburan menyenangkan di sini.

Jadi, sudah siap mengintip indahnya oase yang ada di Lampung Barat ini?

Lokasi Desa Wisata Lumbok

Desa Wisata Lumbok cukup mudah dijangkau dari pusat kota Lampung. Tak hanya karena Desa Wisata ini merupakan salah satu lokasi yang semakin banyak dituju wisatawan. Melainkan juga karena Desa Lumbok terletak di area yang sama dengan Danau Ranau. Bahkan bisa dikatakan bahwa Danau Ranau dan Desa Lumbok merupakan satu kesatuan.

Untuk menuju ke lokasi wisata ini, dari arah Lampung tinggal mengarahkan perjalanan ke Liwa, Lampung Barat. Dari sini, tinggal mencari arah menuju ke Danau Ranau. Begitu masuk ke lokasi wisata Danau Ranau, akan terdapat sederet petunjuk jalan yang memberi tanda ke arah Lumbok, Seminung.

Untuk wisatawan yang datang dari Palembang menuju ke Desa Lumbok akan semakin mudah. Tinggal atur perjalanan langsung menuju ke Danau Ranau, yang tak begitu jauh dari Kota Batu. Dari Danau Ranau, sama seperti sebelumnya, tinggal mengikuti petunjuk jalan menuju ke Desa Lumbok.

Menikmati oase ketenangan di Desa Lumbok

Sumber Gambar: Google Maps @Sengky Saputra

Desa Lumbok sudah diresmikan sebagai lokasi wisata di Lampung oleh pemerintah. Meski sayangnya, masih belum banyak wisatawan di luar daerah Lampung yang tahu mengenai lokasi wisata ini. Di sisi lain, masih jarangnya pengunjung menyajikan ketenangan yang tak tertandingi saat berwisata di Desa Lumbok.

Berada di area sekitar Danau Ranau serta dikelilingi pegunungan menghadirkan pemandangan alam yang begitu indah di Desa Lumbok. Lokasi wisata juga dijaga dengan sangat baik sehingga masih hijau dan asri. Ditambah dengan kicauan burung dan percikan air di Danau Ranau, Desa Lumbok menjadi lokasi wisata pas untuk menenangkan pikiran dari kesibukan.

Sumber Gambar: Google Maps @Arif Hiks

Keseruan berlibur di Desa Lumbok juga ditambah dengan keindahan lokasi wisata lain di sekitarnya. Tepat di tengah Danau Ranau, yang merupakan danau terbesar kedua di Sumatera, terdapat pulau Pulau Marisa. Pengunjung juga bisa berkunjung ke pulau ini yang menghadirkan wisata air panas. Makin pas untuk liburan melepas penat, bukan?

Selain itu juga ada pantai Lombok dan Pantai Sinangkalan yang menghadirkan sisi wisata berbeda. Oase ketenangan di Desa Lumbok semakin lengkap dengan deburan ombak, keindahan pesisir, dan keindangan matahari dari pantai ini.

Aktivitas wisata dan fasilitas Desa Wisata Lumbok

Jarak Desa Lumbok memang tak begitu jauh dari pusat kota. Meski untuk mendapatkan ketenangan sepenuhnya dari liburan di Desa Wisata Lumbok, pengunjung bisa menginap di Seminung Lumbok Resort. Seminung Lumbok Resort merupakan penginapan dengan harga terjangkau dan fasilitas lengkap yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Barat. Meski harga terjangkau, resort ini menghadirkan fasilitas layaknya hotel berbintang.

Fasilitas wisata lain yang dihadirkan di Desa Lumbok ada sederet restauran dengan menu utama olahan ikan dengan bumbu khas daerah tersebut. Kebanyakan restauran yang berada di Desa Wisata Lumbok mengelilingi Danau Ranau. Sehingga memberikan pemandangan gunung serta danau yang menenangkan. Selain itu, menu ikan yang disajikan di restauran pun merupakan hasil tangkapan para nelayan di pantai Lombok dan pantai Sinangkalan. Sehingga benar-benar terjamin kesegarannya.

Foto: http://simbokvenus.com/

Pengunjung juga bisa berenang dan memancing belut di Danau Ranau, sampai bermain selancar di Tanjung Setia. Tak ketinggalan tentu saja wisata air panas di Pulau Marisa serta penangkaran penyu yang ada di Muara Tembulih. Bahkan bila ingin berlari dan jogging santai terdapat track khusus di sekitar desa wisata.

Berkunjung di Desa Wisata Lumbok memang dijamin tak akan membosankan. Pengunjung akan mendapatkan ketenangan dari pemandangan indah serta lingkungan yang masih asri dari desa wisata ini. Selain itu juga ada beragam aktivitan yang bisa dilakukan.