in

Pesona Destinasi Wisata Alam Tesembunyi Air Terjun Ciracai

Source Image: Twitter @haluanharian

Di daerah Pasaman terdapat sebuah air terjun bernama Air Terjun Ciracai. Air terjun tersebut benar – benar menjadi surga tersembunyi yang terletak di provinsi Sumatera Barat. Pesona air terjun yang sangat memukau dan eksotis yang sayang untuk diabaikan.

Lokasi Air Terjun Cicarai

Air terjun ini terletak di Jorong Sungai Pandahan, Lubuk Sikamping, Pasaman. Lokasi tersebut memang sangat terpencil. Dan bahkan hanya beberapa orang yang mengetahui keberadaan dari air terjun tersebut.

Kabupaten Pasaman sendiri secara lambat laun dikenal sebagai tempat yang penuh dengan pesona alam. Hal tersebut dibuktikan secara langsung dengan berbagai macam destinasi wisata alam yang ada. Pihak pemerintah pun juga turut aktif dalam mempromosikan setiap destinasi wisata yang ada. Sayangnya khusus untuk tempat wisata alam yang satu ini masih menjadi surga tersembunyi di daerah Pasaman. Hal ini dapat dilihat langsung bahwa lokasi dari tempat tersebut belum terdaftar pada Google map.

Padahal setiap orang selalu bergantung pada Google map. Hal ini mungkin menjadi suatu kendala bagi para wisatawan yang hendak mengunjungi destinasi wisata tersebut, terutama bagi wisatawan yang berasal dari luar Sumatera.

Source Image: Instagram @febydekusuma

Di samping lokasi yang belum tercatat, bukan merupakan suatu presepsi yang membuat Air Terjun Ciracai salah satu ke dalam lokasi terlarang. Hal ini juga membuktikan bahwa beberapa orang masih acuh dengan perkembangan teknologi informasi. Dilihat dari beberapa moment, Air Terjun Ciracai tidak begitu sepi. Banyak pengunjung yang datang ke lokasi tersebut, terutama pada weekend atau musim liburan. Sebagian besar dari pengunjung pun tidak menambahkan lokasi air terjun ke dalam Google map.

Mungkin menambahkan suatu lokasi di google map terkesan tidak penting. Namun hal tersebut cukup membantu orang lain dan memudahkannya mencari rute menuju ke air terjun tersebut. Jika dilihat dari lokasi Pasaman sendiri, letak Air Terjun Ciracai tidak terlalu jauh dari jalur Trans Sumatera HWY. Sehingga destinasi wisata tersebut tidak sepenuhnya terpencil.

Oleh karena hal tersebut, bagi pengunjung yang hendak mengunjungi destinasi wisata alam Air Terjun Ciracai harus mengandalkan arahan dari penduduk setempat. Ataupun meminta petunjuk pada teman yang telah mengunjungi destinasi wisata alam tersebut. Itulah satu – satunya cara untuk mengunjungi destinasi wisata tersebut.

Pesona Air Terjun Cicarai

Berikut ini adalah pesona alam dari Air Terjun Ciracai :

1. Mempunyai 7 buah tingkatan air terjun

Source Image: Instagram @reskipermataaji

Pesona utama dari air terjun tersebut adalah mempunyai 7 buah tingkat air terjun sekaligus. Masing – masing layer / tingkat mempunyai ukuran tinggi yang berbeda – beda, begitu pula dengan arus air terjun itu sendiri. Tinggi dari setiap air terjun yang berbeda membuat masing – masing air terjun mempunyai pesona tersendiri dan harus dieksplorasi satu per satu.

2. Jalur tracking cukup terjal

Jalur tracking yang merupakan satu – satunya akses untuk mengunjungi air terjun tingkat pertama dengan air terjun lain cukup curam. Kondisi jalan setapak pun hanya berupa tanah yang cukup licin terkena percikan air terjun. Lalu di setiap sisi jalan pun tidak ada pengaman sama sekali. Dengan kondisi jalan setapak licin, setiap pengunjung sangat diharapkan supaya berhati – hati. Lalu utamakan keselamatan diri masing – masing.

Source Image: Instagram @febydekusuma

Jalan setapak tersebut pun penuh dengan pepohonan yang tumbuh dengan rindang dan lebat. Jadi suasana tracking pun terasa cukup menyejukkan. Lalu dapat mengurangi rasa penat berjalan. Ada tingkat air terjun yang hanya dapat didekati dengan jembatan pohon. Dari tepi pun terlihat sangat jelas derasnya arus.

3. Setiap curug mempunyai kolam

Hampir setiap curug di Air Terjun Ciracai ini mempunyai kolam. Kondisi kolam pun sama dengan kondisi air terjun yang bermacam – macam. Ada kolam yang mempunyai arus deras, serta ada pula kolam yang mempunyai arus tenang. Dari ketujuh kolam yang ada, satu – satunya kolam yang paling aman adalah kolam yang berada di paling bawah. Ada beberapa faktor yang menjadikan kolam paling bawah sangat aman.

Source Image: Twitter @haluanharian

Dari beberapa faktor, hanya terdapat sebuah alasan mengapa kolam yang paling bawah adalah aman. Alasan tersebut yaitu pada kolam paling bawah arus air berjalan dengan sangat stabil. Jadi tidak ada resiko terseret arus ke bawah. Selain itu pada kolam bagian bawah mempunyai arus yang cukup tenang. Serta kolam juga tidak terlalu dalam.

4. Air sangat jernih

Kondisi air di kawasan tersebut sangat jernih. Hal ini membuat permukaan kolam terlihat sangat jelas. Selain itu air sangat sejuk dan segar. Karena hal itulah sebagian besar pengunjung selalu berenang di kolam tersebut.

5. Dikelilingi oleh pepohonan

Wilayah air terjun dikelilingi dengan pepohonan yang sangat rindang. Hal tersebut membuat suasana alam sangat sejuk dan bebas dari polusi apapun.

6. Banyak burung yang berterbangan secara bebas

Dengan adanya pepohonan yang rindang membuat tempat tersebut dimanfaatkan oleh beberapa satwa, seperti burung. Di destinasi wisata alam tersebut dapat dijumpai berbagai burung yang terbang dengan bebas dan menghiasi langit. Suara kicauan burung pun beradu dengan arus air terjun. Hal tersebut menambah suasana alam menjadi lebih asri.

Tips Wisata Di Air Terjun Cicarai

Ketika mengunjungi destinasi wisata tersebut, ada beberapa tips yang membuat suasana liburan menjadi sangat menyenangkan dan berkesan. Untuk tips yang pertama adalah pastikan kondisi tubuh berada dalam kondisi fit.

Mungkin hal tersebut hanya bagi pengunjung yang hendak mengeksplorasi ketujuh air terjun. Dengan kondisi jalur setapak yang licin dan cukup melelahkan serta membutuhkan tenaga yang cukup. Namun jika kondisi tubuh tidak terlalu fit mungkin hanya dapat menikmati satu tingkat air terjun. Lalu bawalah persediaan air mineral. Semua aktivitas yang dilakukan di destinasi wisata tersebut cukup menguras tenaga. Karena itulah sediakan air mineral supaya tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Source Image: Twitter @infosumber

Tips berikutnya adalah bawa baju ganti. Mungkin rasanya tidak akan menyenangkan jika berkunjung di air terjun tersebut tanpa berenang atau hanya sekedar main air. Air yang jernih dan sejuk serta arus yang tidak begitu deras, harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Terlebih lagi jika berjemur di sebuah sumber mata air, mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh. Salah satu manfaat tersebut ada membuat tubuh menjadi lebih segar.

Untuk tips lainnya adalah sediakan kamera yang mempunyai fitur water resistant. Hal ini hanya dapat memudahkan untuk hunting foto. Dengan kamera / smartphone yang telah dilengkapi fitur water resistant dapat leluasa hunting foto tanpa takut kamera / smartphone menjadi bermasalah hanya terkena air. Selain itu juga dapat mengabadikan moment di dalam air.

Selain itu juga sebaiknya share hasil kenangan di media sosial. Supaya pesona dari Air Terjun Ciracai tersebut dapat dikenal luas. Selain itu hal tersebut juga dapat menunjukkan bahwa masih ada sebuah tempat wisata yang mempunyai daya tarik dan pesona yang sangat eksotis untuk dieksplorasi.