in

Pesona Indonesia Dari Puncak Gunung Cikuray Via Kiara Janggot

Sumber Gambar: kabar-priangan.com

Gunung Cikuray, Gunung kebanggaan warga Garut ini memang begitu menarik untuk di daki. Ada beberapa titik pendakian yang bisa kamu pilih. Tetapi, banyak pendaki yang sepakat jalur Kiara Janggot adalah jalur yang paling bagus dan menarik untuk dijelajahi.

Sumber Gambar: ardiyanta.com

Pemandangannya memang mengesankan hanya saja, kalau kamu belum pernah mendaki tempat ini. Jangan pernah melakukan solo hiking ya. Karena, tempatnya yang yang berliku dan banyak percabangan yang bisa membuat kamu tersesat, Jadi,  usahakan ajak teman sebanyak-banyaknya.

Menuju ke Basecamp Kiara Janggot

Sumber Gambar: pendaki-lakalaka.blogspot.com

Menuju ke titik pendakiannya pun cukup mudah. Kalian harus masuk dahulu ke Terminal Guntur Garut. Selanjutnya, naik angkot 06 menuju ke Desa Cilawu dengan tarif 6 ribu rupiah. Kemudian, turun di pangkalan ojek genteng atau cikancung. Dari sini, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek dengan tarif 20 ribu sampai 30 ribu rupiah.

 

Bagi kamu yang bawa rombongan atau tiba di terminal terlalu malam. Alangkah lebih baik mencari mobil untuk di carter biasanya harganya bisa mencapai 450 ribu rupiah untuk kapasitas 10 orang dan itu sudah biaya pulang pergi.

Menuju Pos 1, Pos 2 dan Pos 3

Sumber Gambar: dailyvoyagers.com

Perjalanan menuju ke pos 1 bisa kamu tempuh kurang lebih 2 jam, dengan jalur yang berupa perkebunan dan sawah penduduk. jalanannya datar. Pemandangan yang disajikan juga sangat menarik sehingga, kamu akan terpesona dan cukup terkesan dibuatnya.

Sumber Gambar: dongengtravel.com

Menuju ke Pos 2, kamu akan disuguhkan dengan pepohonan-pepohonan yang mengesankan. Cukup rindang dan mampu melindungimu dari sinar matahari. Sudah menanjak tetapi belum terlalu terjal dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 40 menit. Menuju Pos 3, waktunya hanya 40 menit saja. Tetapi, jalanan menanjak cukup tinggi.

Menuju Pos 4, Pos 5, Pos 6

Menuju ke Pos 4 perjalanannya juga tidak terlalu lama hanya 40 menit saja. Dengan jalanan yang sudah mulai terjal dan menanjak. pepohonan dan tanah gembur menjadi sajian yang bisa kamu nikmati. Menuju Pos 5 jalur yang harus kamu taklukkan adalah tanjakan dengan kemiringan kurang lebih 45 derajat,

Sumber Gambar: setapakkecil.com

Nah, disini kamu bisa melihat banyak sekali akar dari pepohonan yang bisa kamu manfaatkan untuk berpegangan. Perlu diakui, trek di sini memang cukup menyulitkan, apalagi bagi kamu yang membawa tas carrier. Bahkan kamu juga harus melewati batang pohon yang jatuh dan menghalangi jalan. Sehingga, kamu harus merangkak atau naik diatasnya. Sekitar 30 menit berjalan, kamu bisa menikmati sumber air terakhir yang ada di Cikuray, jadi manfaatkan benar untuk mengisi air ya.

Menuju Pos 6 kamu bisa menikmati jalur yang tidak jauh berbeda. Waktu yang harus ditempuh kurang lebih 1 jam 35 menit. Disini, biasanya para pendaki sudah mulai lelah. Sehingga, mereka sering kali berhenti dan beristirahat. Disinilah ujian kesabaran terutama bagi kamu yang membawa rombongan.

Menuju ke Pos 7 dan Puncak

Sumber Gambar: travel.detik.com

Perjalanan menuju ke Pos 7 kamu akan bertemu dengan para pendaki yang melalui pos pemancar. Medan yang akan kamu temui benar-benar sulit. Selain terjal kamu juga akan menemukan trek yang kicin. Tidak sedikit pendaki yang akan terjatuh.

Sumber Gambar: dailyvoyagers.com

Biasanya banyak pendaki yang akan mendirikan tenda di pos 7. Menuju ke Puncak kurang lebih 15 menit saja. Di atas kamu bisa melihat pemandangan Kota Garut yang menawan dengan lampu-lampunya. Kamu bisa menikmatinya bila tiba di puncak pukul 4 pagi. 

Sumber Gambar: travel.detik.com

Biasanya satu jam kemudian, kamu bakal melihat matahari terbit dengan langit jingganya yang sangat mengesankan. Rasanya, semua lelah perjalanan dari bawah menuju ke atas akan luruh seketika.

Kesimpulan

Total pendakian kurang lebih 7 jam hingga 8 jam lamanya. Sedangkan untuk waktu turunnya bisa mencapai 5 jam hingga 5 jam 45 menit. Perjalanan turun tidak kalah melelahkannya dengan perjalanan naik. Hanya saja cukup sulit karena kamu harus mengatur kecepatan turun.

Bila tidak terkendali kamu bisa terjatuh dan guling-guling lho. Tetapi, banyak pengalaman yang mengesankan yang bisa kamu dapatkan di titik pendakian ini. Jadi, sudah siap naik ke Gunung Cikuray Via Kiara Janggot?