OUR NETWORK

Arboretum Sylva Untan, Pesona Hutan Kalimantan Di Tengah Kota

Sumber Gambar: pontinesia.com

Kalimantan memang terkenal dengan kawasan pedalaman hutan yang masih terjaga dengan baik walau jumlahnya sudah sangat berkurang dari tahun ke tahun. Tetapi, di kawasan Kalimantan Barat. Kamu bisa melihat hutan yang tumbuh subur di tengah kota namanya Arboretum Sylva Untan.

Kawasan ini menjadi yang paling menarik dikunjungi. Disini, kamu bisa melihat begitu banyak spesies. Tidak hanya hewan saja, tetapi tumbuhan juga tidak kalah mengesankan. Udaranya sangat sejuk dan pasti menjadi tempat terbaik untuk berteduh dari sinar matahari yang begitu menyengat.

Mengenal Arboretum Sylva Untan

Sumber Gambar: borneo24.com

Arboretum mempunyai arti sebagai pohon yang ditanam dan dikembangbiakkan untuk tujuan penelitian dan pendidikan. Luas kawasannya kurang lebih 3,2 hektar. Kawasan ini dikelola oleh Fakultas Kehutanan Untan. Ada 190 jenis pohon yang bisa kamu lihat, 86 pohon Anggrek yang benar-benar mengesankan,176 perdu.

Selain itu, ada juga 12 mamalia, 35 serangga, 32 jenis burung dan 14 jenis hetofauna. Untuk fasilitasnya sendiri cukup lengkap. Dimana, kamu bisa menikmati beberapa spot instagramable yang sudah dipersiapkan. Selain itu, kamu juga bisa melihat joging track yang cukup luas.

Sumber Gambar: sitimustiani.com/

Salah satu hal yang harus kamu lakukan bila disini adalah hammockan. Seru sekali lho, diantara pepohonan dengan ketinggian yang kamu inginkan. Bersantai dan menikmati semilir angin yang hampir setiap menit berhembus. Menariknya lagi, tidak ada tiket retribusi yang harus kamu bayar lho.

Bagi kamu yang ingin menikmati suasananya sepanjang hari. Kamu juga bisa lho, menginap disini, karena sudah disediakan tempat untuk camping yang bisa membuat 10 sampai 30 tenda sekaligus. Mau mencoba untuk camping di tempat ini? Rasakan keseruannya dan jangan lupa pulang ya. Karena, banyak yang sudah disini lupa untuk pulang.

Jenis Burung Endemik

Sumber Gambar: Instagram @Arboretum_sylva_utan

Seperti yang sudah diutarakan diatas, bila disini kamu bisa melihat hewan endemik Kalimantan yang benar-benar mengesankan. Dimana, diantaranya adalah Burung Peladuk dengan warna oranyenya. Tumbuh pada abad ke 19 konon saat ini ada yang menyebutnya langka dan ada yang menyebutnya sudah punah.

Selanjutnya Burung Beleang Bulwor, burung yang sangat unik yang hanya bisa hidup di hutan hujan tropis. Saat ini populasi sangat menurun drastis. Kamu juga menyaksikan Burung Kasumba Kalimantan yang habitatnya berada di ketinggian 600 mdpl, ukurannya cukup besar mencapai 33 cm lho.

Ada lagi Burung Paruh Kodok yang ditemukan Indonesia dan Malaysia. Dimana, hanya ada di hutan dataran rendah. Sayangnya, burung ini saat ini sudah mulai berkurang karena, habitatnya yang terus ditebang tanpa ampun.

Cara Menuju ke Titik Lokasi

Objek wisata ini terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani Gerbang Untan, Pontianak Tenggara, Kalimantan Barat. Menuju ke tempat ini pun cukup mudah. Kamu tinggal masuk ke Bandara Supadio kalimantan. Kemudian, menggunakan kendaraan pribadi melalui Jalan Arteri Supadio membutuhkan waktu kurang lebih 13,1 kilometer dengan waktu tempu 20 menit saja. Bagaimana, cukup mudah bukan?

Tumbuhan Endemik

Sumber Gambar: pontianak.tribunnews.com

Tidak hanya dari Fauna, di Flora pun kamu bisa melihat betapa banyaknya pohon Anggrek yang benar-benar menawan. Ada 86 Anggrek yang bisa kamu nikmati dengan warna-warna  nan mengesankan. Kamu bakal dibuat terpukau.

Jangan hanya fokus di anggrek saja, karena di tempat ini masih ada jenis fauna langka yang mekarnya bisa dihitung dengan jari. Bunga Bangkai Khas Kalimantan Barat, letaknya berada di dekat camp. Kalau siang hari dan pagi hari aromanya memang tidak terlalu menyengat. Hanya saja, kalau malam hari baunya bisa-bisa membuat kamu pingsan.

Jadi, disarankan kalau kamu mau camp disini, bawa masker dan wewangian. Agar tidur kamu bisa cukup nyenyak. Jangan lupa untuk kamu abadikan ke dalam foto ya. karena, siklus hidupnya sangat pendek, serta untuk tumbuh kembali bisa mencapai 5 tahun. Menarik sekali bukan dengan koleksi dari kawasan iini.

Kesimpulan

Arboretum Sylva Untan menjadi salah satu kawasan objek wisata yang harus kamu kunjungi selama di Kalimantan Barat. Panoramanya yang masih alami dengan berbagai macam tumbuhan dan hewan endemik menjadi salah satu yang tidak boleh kamu lewatkan. Jadi, sudah siap menjadikan Arboretum Sylva Utan sebagai daftar kunjungan berikutnya?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…