in

Situs Kerajaan Kubu, Saksi Bisu Wilayah Kubu Raya

Sumber Gambar dari https://www.ragampotensikuburaya.com/

Indonesia memang terkenal dengan banyak kerajaan. Mulai dari sabang sampai merauke, yang dibuktikan dengan banyaknya situs peninggalan. Seperti halnya, yang bisa kamu saksikan di Kabupaten Kubu Raya. Beberapa peninggalan kerajaan Kubu yang bisa kamu nikmati dan dijadikan sebagai pembelajaran sejarah.

Situs bersejarah ini kurang lebih ada 3 tempat yang bisa kamu kunjungi. Walaupun, ketiganya ini memang belum mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah. Namun, tidak ada salahnya bila kamu kunjungi dan menyaksikan tulisan sejarah mengenai kerajaan ini.

Mengenal Kerajaan Kubu

Sumber Gambar: equator.co.id

Kerajaan ini menurut catatan sejarah yang ada konon, masih mempunyai hubungan erat dengan Kesultanan Pontianak. Dimana, raja mereka masih satu saudara. Perjalanan kerajaan ini memang sedikit rumit, bahkan pengesahan pemimpin kerajaan atau yang disebut dengan nama Tuan Besar baru disahkan tahun 1949.

Sayangnya, kekaisarannya tidak berlangsung lama karena pada tahun 1958 pemerintah republik Indonesia memutuskan untuk membubarkan kerajaan ini. Tetapi, seluruh keturunannya masih tetap melanjutkan dan melestarikan kebudayaan yang ada. Bahkan beberapa tahun lalu, pimpinan baru pun sudah terbentuk. Pelantikannya disaksikan oleh seluruh masyarakat kabupaten Kubu.

Situs yang Bisa Kamu Kunjungi

Dengan masih berlanjutnya tahta kerajaan yang dipimpin oleh seorang raja sampai sekarang. Kamu yang pergi ke tempat ini bisa mengunjungi setidaknya 3 situs yang menjadi daya tarik wisata baru. Ada masjid Jami Khairussa’adah, makam raja, dan keraton Aydrusiyah. Penasaran dengan ketiganya, mari kita lanjutkan perjalanannya.

  • Masjid Besar Khairussa’adah

Sumber Gambar: trapelin.com

Masjid besar ini menjadi saksi sejarah bagaimana dahulu Kerajaan Kubu pernah berjaya di masanya. Konon pernah direnovasi oleh bupati pontianak kala itu. Masjid ini sendiri menjadi yang paling tua di Kubu Raya dibangun pada tahun 1822.. Saat ini menjadi pusat ajaran umat islam yang hampir setiap minggu selalu ada pengajian.

Luas tanahnya yang mencapai 1500 meter persegi dengan luas bangunannya mencapai 625 meter persegi. mampu menampung kurang lebih 800 jamaah sekaligus. Dengan bangunan seluas ini, ada beberapa fasilitas yang bisa kamu nikmati salah satunya adalah perpustakaan.

Dimana, di perpustakaan ini kamu bisa menikmati  berbagai macam buku keislaman dan juga sejarah mengenai kerajaan Kubu yang terkadang belum terekspos lengkap. Banyak wisatawan yang duduk dan menikmati kesejukan tempat ini. Kemegahan arsitekturnya juga bisa kamu lihat begitu unik dan klasik.

  • Keraton Aydrusiyah

Sampai saat ini keraton ini masih berdiri, hanya saja bentuknya memang tidak seperti sebuah keraton pada umumnya. Seperti sebuah rumah yang samping kanan dan kirinya adalah sawah-sawah. Bangunannya sederhana yang dibangun pada tahun 1772.

  • Makam Raja-Raja Kubu

Sumber Gambar: pariwisatakuburaya2018.com

Makam raja-raja ini memang tidak jauh dari desa. Kamu bisa mengunjunginya asalkan, menghubungi juru kuncinya terlebih dahulu. Jangan lupa juga jaga adat dan sopan-santun selama berziarah. Bagi perempuan yang sedang datang bulan dilarang masuk ke dalam. 

Penobatan Raja Kubu

Sumber Gambar: commons.wikimedia.org

Salah satu hal yang unik adalah penobatan Raja Kubu yang masih dilakukan sampai saat ini. Dimana, ada banyak tamu undangan yang datang dan juga masyarakat sekitar. Prosesnya biasanya diawali dengan ziarah terlebih dahulu ke makam Tuan Besar yang menjadi raja pertama Kerajaan Kubu. Kemudian, ke makam kerajaan Ambawang.

Nah, pengangkatan raja ini memang dinilai sangat penting. Tugasnya adalah menjaga Kerajaan Kubu yang sudah ditetapkan sebagai Cagar Budaya agar tetap asri dan selalu menjaga adat dan istiadat yang ada. Serta terus mengajak para peneliti untuk meneliti lebih lanjut bagaimana kerajaan ini berasal.

Maklum saja, banyak masyarakat sekitar yang sudah sadar akan wisata. Sehingga, potensi yang besar yang dimiliki oleh Kerajaan Kubu bisa dikelola dengan baik. Sehingga, pemasukan yang ada untuk kesejahteraan rakyatnya sendiri.

Kesimpulan

Kerajaan Kubu memang tidak memiliki ketenaran seperti halnya Sriwijaya, Mataram Islam dan juga Majapahit. tetapi, beberapa situs peninggalan nya bisa berpotensi menjadi daya tarik utama dan alasan mengapa wisatawan wajib mengunjungi Kabupaten Kubu Raya. Jangan lupa untuk tetap menjaga adab dan tata krama selama disini ya. Ayo, Viralkan kawasan ini dan jadikan tonggak sejarah baru Kerajaan di Indonesia.