in

Taman Gunung Sari, Gerbang Utama Wisata di Singkawang

Sumber Gambar: travel.kompas.com

Saat ini, Indonesia sedang dikerumuni banyak taman yang menambah daftar wisata kamu. Salah satunya adalah Taman Gunung Sari. Kawasan ini bisa kamu gunakan untuk berbagai hal. Tidak hanya olahraga saja, bisa juga untuk berkumpul dengan sanak saudara atau juga teman-teman sebaya.

Mengenal Taman Gunung sari

Sumber Gambar: delikkalbar.com

Saat kamu sudah mencapai tempat ini satu kata yang bisa terucap adalah kesejukannya. Maklum saja, letaknya berada di kawasan kaki Gunung Sari yang bisa kamu lihat dari tempat ini. Pengoperasiannya memang baru saja kurang lebih tahun 2019 kemarin.

Untuk bisa masuk ke sini, kamu tidak perlu membayar tarif masuk. Hanya membayar tiket parkir saja sebesar 5 ribu rupiah untuk mobil dan 3 ribu rupiah bagi yang menggunakan kendaraan bermotor. Banyak fasilitas yang sudah disediakan disini termasuk sarana toilet yang sudah dirawat dengan baik.

Cara Menuju Ke Lokasi Gunung Sari

Objek wisata ini terletak di Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat, Kota Singkawang, Kalimantan Barat atau lebih tepatnya dekat dengan Rumah Sakit Kusta Singkawang. dan SMK negeri I. Menuju ke tempat ini kamu Ambil ke j bisa memulainya dari Jalan GM Situt.

Kemudian, masuklah ke jalan Kridasana belok ke Jalan Karya, dimana rute ini adalah rute menuju ke SMK Negeri I Singkawang. Setelah memasuki Taman Gunung Poteng kamu tinggal lurus ikuti jalan dan kamu akan sampai di titik lokasi. Bagaimana, mudah sekali bukan?

Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan

Sumber Gambar: Instagram @unboxmybox

Ada banyak fasilitas yang bisa kamu manfaatkan disini mulai dari jogging track yang sudah dibangun. Atau kamu hanya ingin duduk dan berdiam saja, sudah banyak tempat duduk dengan cat warna-warni. Ada juga ayunan dan beberapa mainan anak yang seru dan membuatnya betah berlama-lama disini.

Jangan lupa pula membawa kamera ya. Karena, tempat ini juga sudah menyediakan spot selfie yang cukup menarik. Serta sudah disediakan pula gazebo-gazebo bagi kamu yang ingin bercengkrama bersama.

Sumber Gambar:inimulti.com

Biasanya, penduduk sekitar akan membawa bekal makanan dan makan bersama di gazebo ini. Jadi, jangan heran bila setiap hari minggu tempat ini akan selalu penuh oleh pengunjung. Keunikan lain dari tempat ini adalah pemandangannya yang sungguh mengesankan. Kamu bisa melihat Kota Singkawang dari atas sini lho. rumah-rumah yang berjajar membentuk sebuah kawasan yang menarik untuk dipandang. Berpadu dengan gunung-gunung yang menjulang tinggi. Membuat semuanya menjadi sayang untuk dilewatkan sedikit pun.

Sumber Gambar: travel.kompas.com

Tidak hanya gazebo saja, bagi kamu yang ingin bersantai disini juga sudah disediakan tempatnya lho. Bentuknya lingkaran dan cukup luas. Mungkin, untuk 20 orang masih bisa masuk.

Wahana permainannya pun juga sudah lengkap dimulai dari rumah pohon, sepeda gantung, jembatan selfie yang bisa kamu nikmati setiap hari sabtu dan minggu saja. Untuk hari biasa kawasan ini buka jam 1 siang sampai jam 5 sore saja lho.

Menu Olahraga

Sumber Gambar: infopublik.id

Nah, keunggulan lain dari taman ini adalah adanya beberapa menu olahraga yang sudah disiapkan. Selain jogging track, ada juga anak tangga yang bisa kamu manfaatkan untuk berolahraga. Jalan kaki naik turun sudah cukup membuat tubuh kamu sehat dan berkeringat.

Selain itu, ada juga pijat refleksi kaki yang bisa kamu manfaatkan untuk melancarkan peredaran darah. Ada yang berpendapat bahwa, penyakit yang ada karena aliran peredaran darahnya tidak bagus. Dan semua titik tersebut ada di telapak kaki. Jadi, tidak ada salahnya kan untuk dicoba.

Kesimpulan

Bagi kamu yang ingin datang ke tempat ini, jangan lupa untuk bawa perbekalan seperti makanan dan minuman. Karena, ditempat ini belum tersedia kantin atau warung yang menjajakannya. 

Semoga juga, dengan semakin banyaknya kunjungan ke tempat ini, semakin banyak bunga-bunga yang bisa dipandang oleh mata. Karena, tanpa pandangan warna bunga, kawasan ini terlihat gersang.

Taman Gunung sari menjadi salah satu wisata utama di Kota Singkawang. Untuk mencapainya tidaklah sulit. Bisa digunakan sebagai singgahan pertama sebelum menjelajah lebih dalam lagi seluruh wisata di Singkawang. Jadi, kapan nih kamu mau pergi ke tempat ini?