OUR NETWORK

Pesona Jawa Barat Dari Puncak Gunung Tampomas Via Narimbang

Sumber Gambar: Google Maps @Mumuh Muhidin

Jawa barat mempunyai banyak gunung berapi yang bisa kamu nikmati. Salah satunya terletak di Kota Sumedang yaitu, Gunung Tampomas dengan ketinggian kurang lebih 1684 Mdpl. Walaupun, tidak terlalu tinggi seperti beberapa Gunung favorit para pendaki. Namun, tempat ini mempunyai lubang-lubang kawah dengan bebatuan besar yang mengesankan.

Menariknya lagi, tempat ini juga menyimpan petilasan Prabu Siliwangi dan Dalam Samaji yang  pernah hidup pada masa Kerajaan Pajajaran. Trek menuju ke atas pun cukup bersahabat bagi kamu yang baru pertama kali mendaki. Penasaran bagaimana keindahan puncaknya? Mari kita lanjutkan pendakian ke atas.

Menuju ke Basecamp Narimbang

Gunung Tampomas mempunyai dua basecamp yang bisa kamu pilih. Pertama melalui Cibeureum dan kedua adalah Narimbang. Kali ini, kami akan mencoba titik Narimbang terlebih dahulu yang terletak di Jalan Raya Conggeang, Desa Narimbang, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Harga simaksi yang harus kalian bayar adalah 5 ribu rupiah. Bagi kamu yang membawa rombongan, biasanya ketua rombongan akan dimintai kartu tanda pengenal. Setelah di cek segala peralatan yang kamu bawa. Kamu bisa melakukan pendakian. Jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu ya. Mengingat gunung ini masih aktif.

Menuju Pos 1 dan Pos 2

Menuju ke Pos 1 kamu belum dissambut dengan tanjakan yang menguras tenaga. Hanya saja, kamu akan disambut dengan perkebunan warga dan juga pemandangan desa yang begitu mengesankan. Terkadang kamu akan bertemu dengan para warga yang juga sangat ramah. Bila beruntung, mereka akan membawakan bekal sayur untuk kamu diatas.

Biasanya, di Pos 1, para pendaki tidak beristirahat. Karena, kekuatan masih cukup menuju ke Pos 2. Menuju ke Pos 2, kamu masih bisa melihat warung yang berjualan. Kamu bisa manfaatkannya untuk membeli perbekalan yang mungkin, masih kurang. Total perjalanan membutuhkan 1 jam.

Menuju Ke Pos 3, Pos 4, Pos 5 dan Pos 6

Sumber Gambar: Google Maps @romi rajayu

Di Pos 2, kamu bisa menemukan warung abah. Biasanya, para pendaki beristirahat dan memesan menu teh hangat yang ada disini. Konon, teh yang disajikan rasanya sangat nikmat lho. Jadi, rugi bila kamu tidak mencobanya. Melanjutkan perjalanan menuju ke Pos 3 kamu harus bersiap dengan pacet yang banyak bertebaran dimana-mana.

Menuju ke Pos 4 kamu akan menemukan persimpangan jalan. Dimana, di sini kamu akan bertemu dengan pendaki yang memilih jalur pendakian lain. Waktu tempuhnya kurang lebih 1 jam perjalanan. Dengan trek yang tidak terlalu menanjak. Tetapi, cukup melelahkan lho.

Berjalan kurang lebih 40 menit, kamu akan tiba di Pos 5. Dimana, dijalanan menuju ke atas kamu harus berhati-hati. Biasanya, tenaga sudah terkuras di pos sebelumnya. Sehingga, kamu harus mengatur nafas lebih baik. Di pos ini kamu akan menemukan sebuah lubang kawah yang tidak terlalu besar. Disini, kamu belum bisa mendirikan tenda lho.

Perjalanan menuju Pos 6 akan lebih mengasyikan. Kamu akan melewati tanjakan dengan sudut kemiringan bisa mencapai 75 derajat. Kamu harus perhatikan benar langkahmu agar tidak terjatuh. Bebatuan besar juga aka kamu temui. Sehingga, kamu harus memanjat. Jadi, jangan lupa untuk saling membantunya.

Hati-hati pula dengan akar tanaman yang terlihat keluar dari tanah. Bisa-bisa kamu tersandung dan jatuh. Waktu menuju ke Pso 6 membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit sampai 35 menit. Disini pula kamu belum bisa mendirikan tenda. Sehingga, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Puncak.

Menuju ke Puncak

Sumber Gambar: Google Maps @Sam Z Pah

Puncak adalah tempat terakhir yang akan kamu kunjungi di Gunung Tampomas. Dimana, kamu bisa mendirikan tenda disini. Banyak gunung yang bisa kamu saksikan disini. Mulai dari Cikuray, Ciremai, dan pegunungan Malabar yang mengesankan. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa berziarah ke Makam Raja Pajajaran.

Sumber Gambar: Google Maps @Depati Dermawan

Dimana, makamnya diselimuti dengan batu dan kain putih. Nuansa mistisnya memang sedikit terasa. Oleh karena itu, jangan macam-macam bila berkemah di puncaknya. Lihat saja, keindahan bintang-bintang dilangit kala dini hari. Sungguh mengesankan sekali.

Kesimpulan

Gunung Tampomas memempunyai keindahan yang harus kamu keja,  walaupun terasa berat. Namun, apa yang akan kamu lihat sebanding dengan keluar yang akan kamu keluarkan. Jadi, kapan kamu akan mengagendakan naik ke Puncak Tampomas? Dari sini, Sumedang terlihat mengesankan lho.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…