OUR NETWORK

Melihat Keindahan Bandung Dari Puncak Gunung Manglayang Via Baru Beureum

Sumber Gambar: Google Maps @gin sugiri

Puncak Gunung Manglayang terletak di antara Kabupaten Bandung dan Sumedang. Dengan ketinggiannya yang mencapai 1881 Mdpl. Tidak terlalu tinggi memang, tetapi sudah cukup membuat kamu merasa takjub dan enggan untuk berkedip. Hanya saja, kamu harus melewati berbagai macam rintangan yang cukup menguras tenaga.

Kawasan ini memang selalu ramai dikunjungi. Karena, di setiap jalurnya kamu akan menemukan Bumi Perkemahan yang cukup ramai. Apalagi, kalau hari sabtu dan minggu. Oleh karena itu, bila ingin camp di puncak lebih baik mendaki di luar hari tersebut. Kemungkinan, untuk mendapatkan tempat besar.

Menuju Basecamp Pendakian Via Baru Beureum

Jalur pendakian Via Baru Beureum merupakan jalur yang terletak di wilayah Jatinangor. Kamu bisa turun di Stasiun Rancaekek. Hanya kereta kelas ekonomi yang melayani naik dan turun penumpang dari sini. Kemudian, kamu bisa menyewa mobil dengan harga 500 ribu rupiah untuk pulang pergi.

Di Jalur pendakian ini, kamu tidak akan di tarik simaksi. Tidak jauh dari basecamp kamu bisa menemukan Bumi Perkemahan Kiara Payung. Disana, kamu juga bisa melihat begitu banyak warung yang berdiri. Kamu bisa membeli beberapa kebutuhan logistik menuju ke Puncak.

Etape 1 Pendakian

Sumber Gambar: Google Maps @Syahrul Sabila

Etape 1 pendakian kamu sudah akan disuguhkan dengan jalur tanjakan yang sangat menyenangkan. Dimana, kanan dan kirinya adalah Kebun jeruk nipis. Kamu juga akan melewati aliran sungai yang airnya cukup bersih dan jernih. Kamu perlu berhati-hati dalam melangkah, terutama bila mendaki saat malam hari.

Trek yang kamu lewati merupakan jalur air. Banyak pohon tumbang yang bertebaran dimana-mana. Jadi, kamu harus perhatikan benar langkahmu. Agar tidak tersandung dan tejatuh. tidak lama kemudian, kamu akan disuguhkan dengan jalur dengan kemiringan hingga 70 derajat.

Sumber Gambar: Google Maps @Saepudin Al-Ngantuqi

Setelah 1 jam, kamu akan menemukan tempat yang tidak luas sebenarnya, tetapi cukup untuk kamu beristirahat. Kamu bisa minum atau juga makan semabri atur nafas. Salah satu hal yang membuat kamu gagal menuju puncak adalah takut bilang stop atau berhenti.

Dengan sudut kemiringan 70 derajat dari awal hingga 3 jam perjalanan. Membuat nafas terengah-engah, keringat bercucuran. Biasa lutut sudah terasa lemas. Sehingga, bagi kamu para pemula pasti lutut akan terasa lemas.

Etape 2 Pendakian

Di Etape ke 2, kamu masih disuguhkan dengan tanjakan yang masih sekitar 75 derajat. Tanjakan ini semakin mengesankan karena, banyak jalanan yang licin. Biasanya memerlukan waktu kurang lebih 5 jam perjalanan. Nah, banyak pendaki yang berhenti dan memilih mendirikan tenda di Puncak Bayangan.

Sumber Gambar: Google Maps @Vhiran Nugraha

Nah, di Puncak Bayangan kamu bisa melihat panorama kabupaten Bandung yang begitu mengesankan. Tidak hanya saat malam hari saja, baik siang maupun sorenya juga tampak mempesona. Dari sini menuju ke Puncak hanya memerlukan waktu 15 menit saja. Bila kamu beruntung, di puncak bayangan ini kamu bisa melihat betapa indahnya milky way yang membuat kamu susah berkata-kata.

Menuju Ke Puncak

Sumber Gambar: Instagram @ilhamzidan26

Menuju Puncak disarakan untuk berangkat pukul 5 pagi. Dimana, kamu bisa melihat kabut-kabut di depan mata. Sepertinya, kamu berada di negeri di atas awan. Dengan pemandangan matahari yang terbit dari ufuk timur. Pemandangan gunung lainnya juga bisa kamu saksikan dari sini lho.

Salah satu yanag harus kamu waspadai bila mendaki Gunung Manglayang adalah kabut yang kadang turun tanpa permisi. Jadi, alangkah baiknya bila kabut turun dan kamu masih melakukan pendakian, lebih baik berhenti terlebih dahulu. Karena, biasanya jarak pandangnya tidak memadai untuk memulai pendakian.

Di puncak kamu juga bisa melihat salah satu makam yang usianya cukup tua. Hanya saja, tidak ada kajian sejarah yang bisa ditelusuri mengenai makam siapa tersebut. Kamu perlu hati-hati, konon disebut sebagai salah satu makam keramat lho. Tidak ada salahnya untuk kamu berziarah sejenak dan mendoakannya.

Kesimpulan

Gunung Manglayang Via Baru Beureum menjadi salah satu pendakian yang memang tidak mudah untuk dilakukan. Waktu terbaik menuju ke puncaknya adalah musim kemarau. Karena, menghindari trek yang cukup licin. Dengan pemandangan yang sangat menakjubkan membuat semua keluh kesah kamu, akan terbayar lunas. Jadi, sudah siap menuju Puncak Manglayang?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…