OUR NETWORK

Melihat Pesona Dieng Dari Puncak Gunung Prau Via Igirmranak

Sumber Gambar: Google Maps @Siswandi Budi Laksono

Dataran Tinggi Dieng menjadi salah satu destinasi wisata wajib yang haru kamu kunjungi bila menjelajah Jawa Tengah. Dimana, pesona kebudayaan, sejarah, dan alam menjadi perpaduan yang sempurna untuk liburan. Seperti halnya, Gunung Prau yang namanya cukup terkenal di antara para pendaki.

Gunung ini, menjadi satu diantara banyak Gunung yang berjajar di Dieng. Selain pesonanya yang megah dan mengagumkan. Mendaki Puncak Prau adalah sebuah kewajiban. Karena, kamu belum ke sini kalau belum mendaki Gunung yang mempunyai tinggi 2565 Mdpl ini.

Menuju Titik Pendakian Igrimranak

Jalur Igrimranak merupakan jalur baru yang berada di Desa Igrimranak, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonsobo. Menuju ke tempat ini kamu bisa menggunakan Kereta Api dan turun di Stasiun Purwokerto. Dari sini, kamu bisa memanfaatkan shelter bus yang disediakan PT. KAI untuk tujuan Wonosobo.

Kemudian, kamu bisa naik angkot menuju ke titik pendakian. Di Pos ini kondisinya masih bagus. Fasilitas juga masih terawat dengan baik Mulai dari masjid, sewa barang dan tenda, toilet, serta tempat mandi yang dilengkapi dengan shower. Semuanya memang terjamin di tempat ini.

Banyak warung yang berdiri yang bisa kamu manfaatkan untuk mengisi tenaga atau membeli logistik yang dirasa kurang. Untuk biaya simaksinya per orang 7 ribu rupiah. Bagi kamu yang membawa kendaraan bermotor, kamu akan dikenakan biaya parkir sebesar 5 ribu rupiah untuk kendaraan bermotor dan 10 ribu rupiah bagi yang menggunakan mobil.

Menuju Pos 1 Curug gamelan

Perjalanan menuju ke Pos 1 kamu sudah disuguhkan dengan trek yang menanjak. Dimana, kanan dan kirimu adalah ladang warga. Jalanan berupa beton yang bisa dilalui oleh kendaraan bermotor. Bila kamu beruntung, di belakang kamu ada penampakan Gunung Sindoro yang sangat mengesankan.

Sumber Gambar: Google Maps @Wihandono Yogo

Kurang lebih 35 menit kamu akan tiba ditujuan. Pos 1 merupakan sebuah shelter yang cukup luas. Banyak pendaki yang langsung melanjutkan perjalanan. Karena, trek yang dilalui cukup dijadikan sebagai pemanasan.

Menuju Pos 2 Bukit Cendana

Menuju Pos 2 jalur pendakian mulai unik. Trek beton perlahan berganti menjadi tanah. Disini, kamu bisa melintasi Terowongan Krenin yang jumlahnya cukup banyak. Panjangnya ada yang mulai dari 5 meter hingga, 20 meter. Biasanya, para pendaki mengabadikan momen terowongan ini.

Disini, kamu juga bakal menemukan pipa air yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan air penduduk sekitar. Perjalanan menuju pos 2 membutuhkan waktu 1 jam 45 menit. Di Pos ini biasanya pendaki agak lama, mereka akan minum dan makan beberapa camilan serta mengatur nafas yang sudah mulai sedikit. Menariknya, jalur menuju pos 2 ini cenderung landai.

Sumber Gambar: Google Maps

Jalur seperti ini cocok bagi kamu para pemula yang mencoba menikmati sensasi naik gunung. Kalau belum terasa lutut hampir copot, berarti kamu belum naik gunung. Perjalanan menuju pos 3 pun dimulai. Di sepanjang perjalanan kamu bisa menemukan tanaman terong belanda.

Menuju Pos 3 Bukit Bondowoso

Perjalanan menuju ke Pos 3 memerlukan waktu 1 jam 15 menit. Disini, jalur tanjakannya sudah cukup terlihat. Kamu yang sudah lelah, bisa mendirikan tenda disini atau menikmati perpaduan antara tanjakan naik turun yang menjadi satu.

Sumber Gambar: Google Maps @Ari Yulianto

Selanjutnya, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju ke puncak. Dimana, berjalan 10 menit kamu sudah menemukan persimpangan jalan. Nah, disinilah kamu akan bertemu dengan titik tersebut. Tanjakannya pun semakin menarik walaupun, masih ramah bagi pendaki pemula.

Puncak

Sumber Gambar dari Instagram @ratnosokle

Banyak wisatawan yang memilih camp diatas. Selain tempatnya yang sangat luas. Kamu bisa melihat langsung panorama puncak yang luar biasa. Nah, ada banyak tenda yang berdiri. Tidak ada salahnya kamu gabung ke tenda lainnya dan saling menyapa antar pendaki.

Esok hari pasti menjadi yang paling ditunggu. Embun pagi yang mengesankan dengan hampara bunga-bunga menjadi sajian yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Jadi, jangan sampai lupa bawa kamera ya.

Kesimpulan

Gunung Prau Via Igrimranak baru dibuka pada bulan April 2018. Treknya memang masih sepi. Tetapi, cukup untuk pemanasan. Bagi kamu yang baru belajar bagaimana berdiri diatas puncak itu. Jangan lupa bawa perbekalan air minum dan makanan yang cukup bagi kamu yang ingin menginap di tempat ini. Jadi, sudah siap melihat Dieng dari Puncak Prau Via Igrimranak?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…