OUR NETWORK

Pesona Kebon Raya Bukit Sari

Sumber Gambar: kebunrayadaerah.krbogor.lipi.go.id

Kali ini penulis ingin mengenalkan suatu tempat yang mempesona dan pastinya tidak akan membuat kalian menyesal. Nama tempat itu adalah Kebun Raya Bukit Sari, kawasan ini memiliki luas 450 ha dan lebih luas dari pada kebun raya bogor yang memiliki luas 80 ha. Dari 450 ha, 250 ha adalah hutan primer dimana 150 ha pernah mengalami kondisi yang kritis. Tetapi saat ini sudah dilakukan rehabilitasi yang nantinya di sekelilingnya akan di beri pagar, Kebun raya ini terletak di KM 12,5 Sungai Bengkal dan diapit oleh 2 kabupaten yaitu terletak di antara Kabupaten Tebo dan Kabupaten Batanghari.

Sumebr Gambar: kebunrayadaerah.krbogor.lipi.go.id

Tempat ini bisa dikatakan indah dan melelahkan bagi kalian yang tidak memiliki stamina tinggi, dikarenakan kondisi wilayah yang bergelombang, berbukit-bukit terjal dan diikuti dengan lembah yang cukup dalam. Jadi jika kalian pergi mengunjungi tempat ini, penulis sarankan kalau kalian memastikan kondisi tubuh dalam kondisi prima dan jangan lupa untuk makan atau membawa bekal jika kalian ingin atau berencana berjalan – jalan mengelilingi tempat ini. Selain itu pastikan kalian tidak melamun kalau tidak mau tersesat atau jatuh. Walaupun begitu tempat ini aman dan cocok untuk wisata bersama keluarga, teman, maupun pasangan. Hanya saja kalian memang harus berhati – hati, tetapi selama kalian tidak melakukan hal yang berbahaya atau ceroboh penulis merasa tidak ada masalah.

Sumber Gambar: kebunrayadaerah.krbogor.lipi.go.id

Di sini kita dapat berjalan – jalan sambil menikmati keindahanan alam sekaligus mempelajari jika kalian tertarik dengan tumbuh – tumbuhan atau hanya sebatas melihat berbagai tanaman yang tumbuh di sini saja bagi kalian yang tertarik dengan tumbuhan tetapi tidak untuk mempelajarinya lebih lanjut. Karena di sini terdapat sekitar 500 spesies tanaman asli Jambi, Kebun Raya Bukit Sari merupakan hutan sekunder dengan vegetasi yang masih baik dan asri.

Untuk jenis pohon sendiri didominasi oleh pohon Plajau, Tenggeris, Meranti, Jelutung, Kedondong, Kenari dan Terap. Beberapa pohon pioneer seperti Mahang juga tersebar luas di suatu tempat terbuka. Kalian juga dapat menjumpi pohon merambat, salah satunya  yang sering ditemui adalah dari suku Annonaceae yang sering dijumpai disekitar tempat yang tidak terlalu tinggi dan padat. Ada juga suatu tanaman bernama Glicenia yang hidup subur dan biasanya dapat ditemukan disekitar lembah yang kandungan tanahnya agak lembab,  kemudian diikuti dengan pohon paku dan anggrek jenis ploclottis yang tumbuh dengan subur.

Sumber Gambar: kebunrayadaerah.krbogor.lipi.go.id

Bisa dikatakan bagi kalian pecinta tumbuhan tempat ini merupakn surga duniawi dimana kalian dapat bersantai sambil mempelajarinya. Selama kalian disana disarankan jangan sampai merusak tumbuh – tumbuhan ataupun lingkungan di kebun raya ini karena akan sangat disayangkan jika tanaman yang bisa digunakan untuk penelitian ilmu pengetahuan. Karena sudah ada beberapa fasilitas yang terlihat sudah dirusak oleh tangan – tangan jahil, dan melihatnya sangat menyedihkan. karena jika kita sebagai warga indonesia terkenal dengan keramahan tetapi tidak dapat menjaga lingkungan dan fasilitas publik. Secara pribadi akan menjadi hal yang memalukan di mata dunia.

Selain tumbuhan, disana juga terdapat berbagai spesies burung yang hidup disana. Kalian yang suka dengan burung mungkin akan tertarik untuk pergi dan mengamati unggas tersebut. Selain itu tempat ini sangat cocok untuk melakukan pemotretan, baik untuk pribadi maupun untuk misalnya untuk foto pernikahan.

Sumber Gambar: facebook@Radio EL JOHN Fm 96.8 Mhz Jambi

Bagi kalian yang suka dengan alam tempat ini merupakan tujuan yang sangat pas, karena selain masih dibiarkan dalam kondisi yang alami dan tidak banyak campur tangan manusia. Tempat ini juga memiliki pemandangan dan udara yang sejuk, ditambah dengan suasana yang menenangkan jauh dari keramaian dan hiruk – pikuk perkotaan dan polusi di lingkungan perkotaan.

Sepertinya itu saja yang dapat penulis ceritakan mengenai kebon raya bukit sari, untuk selanjutnya lebih baik kalian datang sendiri dan menikmati secara langsung bagaimana pesona kebon raya bukit sari dengan indera kalian sendiri. Dan jangan lupa jaga kebersihan dan tindakan kita saat berkunjung ok? Jangan sampai anak dan cucu kita tidak dapat menikmati keindahannya nanti akibat ulah kita sendiri.

 

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…