in

Pesona Negeri Atas Awan Kalimantan Barat Bukit Jamur Bengkayang

Sumber Gambar: blog.misteraladin.com

Di daerah Bengkayang, terdapat sebuah tempat observasi di atas awan yaitu Bukit Jamur / Mushroom Hills. Mushrooms Hill bukan menjadi tempat paling tinggi yang ada di daerah Kalimantan Barat. Namun bukit itu menjadi bukit paling tinggi yang ada di daerah Kalimantan Barat. Bukit paling tinggi di daerah Kalimantan Barat ini mempunyai ketinggian hingga ±500 meter di atas permukaan laut. Waktu yang dibutuhkan supaya mencapai puncak selama ±2 jam.

Sumber Gambar: Facebook @Hotel Lala Golden Bengkayang

Waktu 2 jam menjadi waktu paling lama untuk mendaki sebuah bukit pada umumnya. Apalagi selisih waktu itu tidak jauh beda dari selisih waktu yang dibutuhkan untuk mendaki gunung. Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk mendaki sebuah gunung ±3 jam. Itu pun juga hanya untuk gunung dengan ketinggian sebesar ±1000 meter di atas permukaan air laut.

Itulah yang menyebabkan Bukit Jamur / Mushrooms Hill yang ada di Bengkayang menjadi bukit paling tinggi yang ada di daerah Kalimatan Barat. Bukit ini juga dapat dijadikan sebagai alternatif hiking ataupun untuk sekedar berlatih hiking. Dengan status sebagai bukit paling tinggi, Bukit Jamur / Mushrooms Hill Bengkayang memiliki pesona landscape sempurna bagi sebuah bukit. Saat berada di atas bukit akan menyaksikan suatu pesona alam bak negeri Langit.

Sumber Gambar: Facebook @Hotel Lala Golden Bengkayang

Selain mempunyai status sebagai bukit paling tinggi di Kalimantan Barat, bukit ini juga mempunyai julukan lain. Julukan pertama yaitu Mahameru versi Kalimantan Barat. Julukan kedua yaitu Gunung Batu. Untuk julukan kedua ini diberikan oleh masyarakat setempat. Di puncak terdapat bongkahan batu besar. Bongkahan batu besar itu menjadi satu – satunya spot foto yang ada di bukit jamur / mushrooms hill Bengkayang. Bahkan menjadi suatu tempat terbaik untuk menyaksikan suasana berada di atas awan.

Bentuk batu yang berada di atas bukit sangat unik. Sekilas, batu itu mempunyai bentuk menyerupai huruf M. Nama Bukit Jamur ini mungkin terdengar cukup aneh dan kurang sesuai. Sebab tidak ada jamur sama sekali yang dijumpai pada bukit ini. Selain itu bentuk dari bukit juga sama sekali tidak menyerupai jamur. Sedangkan untuk Bukit Jamur lain yang ada di daerah Gresik. Di Bukit Jamur Gresik dipenuhi dengan jajaran batuan yang menyerupai jamur. Menurut keterangan warga setempat, dahulu di Puncak Bukit Jamur menjadi tempat untuk menjemur padi. Karena inilah bukit itu disebut dengan Bukit Jamur yang merujuk pada kata Jemur / Jamur.

Lokasi Bukit Jamur Bengkayang


Bukit Jamur berada di daerah Bhakti Mulya, ds Belangko, Bengkayang, Kalimantan Barat. Letak dari Bukit Jamur cukup jauh dari pusat Kota Pontianak yang merupakan ibu kota Kalimantan Barat. Waktu yang diperlukan mencapai ±5 jam perjalanan. Sedangkan untuk waktu operasional Bukit Jamur yaitu selama 24 jam non stop. Bukit ini selalu ramai setiap saat dan tidak peduli entah itu pagi, siang ataupun tengah makam sekalipun.

Destinasi wisata alam bukit jamur ini, menjadi destinasi wisata camping. Karena itulah tempat wisata ini selalu ramai kapan pun juga. Bahkan setiap harinya pasti selalu ada pengunjung yang camping. Camping pun menjadi aktivitas utama saat mengunjungi bukit jamur / mushrooms hill Bengkayang.

Perjalanan Menuju Atas Bukit Jamur Bengkayang

Satu hal yang harus diketahui tentang Bukit Jamur yaitu sama sekali tidak memiliki area parkir. Jadi harus menitipkan kendaraan di area pemukiman warga diperoleh. Oleh karena itu untuk besarnya tarif parkir mungkin dapat dinegosiasikan dengan pemilik rumah.

Sumber Gambar: Instagram @mhammd_rifai_

Selama perjalanan menuju ke atas Bukit Jamur, akan menjumpai hal yang menarik. Selama ±2 jam tracking hingga ke atas bukit, akan menelusuri hutan karet, sungai hingga padang ilalang. Kondisi padang ilalang sangat tinggi hingga ±1 meter. Di beberapa spot terdapat beberapa pondok yang dapat digunakan sebagai tempat istirahat. Kondisi jalur tracking hanya berupa jalan setapak. Jadi mungkin akan terkesan curam karena jalan licin. Namun tingkat kemiringan bukit tidak begitu ekstream, jadi sangat recommended bagi pemula yang hendak berlatih hiking.

Di tengah – tengah perjalanan, akan melewati sebuah jembatan gantung di atas sungai Sebalo. Jembatan gantung itu disebut dengan Jembatan Cinta. Ada beberapa hal menarik dari Jembatan Cinta itu. Mitosnya jembatan cinta itu merupakan sebuah tempat untuk mencari pasangan hidup. Karena mitos inilah pada sore hari, di jembatan gantung tersebut selalu dipenuhi dengan para remaja.

Sungai Sebalo yang menjadi lokasi dari Jembatan Cinta, mempunyai kandungan emas yang berlimpah. Dahulu Sungai Sebalo itu, menjadi tempat penambangan emas para warga setempat. Kini area penambangan itu telah tidak digunakan lagi. Tidak jauh dari lokasi Sungai Sebalo, terdapat sebuah kolam yang disebut dengan Dompeng. Kolam itu merupakan bekas dari penambangan emas.

Daya Tarik Bukit Jamur Bengkayang

Bukit Jamur / Mushroom Hills Bengkayang mempunyai keunikan yang sangat mempesona. Keunikan itu antara lain sebagai berikut ini :

1. Hamparan awan

Sumber Gambar: blog.misteraladin.com

Keunikan sekaligus keistimewaan utama dari Bukit Jamur Bengkayang ini yaitu dikelilingi oleh awan. Untuk pesona ini, dapat disaksikan pada pagi hari. Saat itu, akan merasakan dan menyaksikan secara langsung sebuah tempat seolah dipenuhi dengan awan.

Hal ini pula yang membuat bukit jamur / Mushroom Hills Bengkayang menjadi jajaran negri di atas awan. Keindahanya juga tidak kalah dengan negeri di atas awan lainnya. Hamparan awan yang mengelilingi bukit merupakan sebuah kabut tebal. Sehingga kabut pun mempunyai pesona dan bentuk yang sangat mirip dengan sebuah awan.

2. Sunset dan sunrise

Pesona lain yang menjadi daya tarik pada bukit jamur ini dengan nuansa sunset dan sunrise. Kedua hal ini menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan saat berada di wisata Mushrooms Hill Bengkayang. Karena terdapat perbedaan saat sunrise dan sunset pada destinasi wisata alam ini yang mempesona.

Sumber Gambar: merahputih.com

Pada saat sunrise, kondisi matahari dihiasi dengan awan. Matahari akan muncul diantara awan yang sangat tebal. Selain itu hamparan awan menutupi hampir sebagian besar daerah yang ada di sekitar bukit. Kecuali untuk beberapa bukit / gunung yang terlihat dari atas Bukit Jamur Bengkayang. Waktu yang tepat untuk menyaksikan sunrise yang sempurna yaitu pada pukul 08.00 WIB.

Sumber Gambar: yosafatsimanjuntak.blogspot.com

Sedangkan untuk pesona sunset, warna matahari yang sangat menawan. Warna orange yang dipancarkan oleh matahari, mampu merefeksikan awan yang ada disekitarnya. Awan pun juga berubah warna menjadi orange mengikuti warna matahari.

3. Lautan cahaya

Sumber Gambar: regional.kompas.com

Untuk daya tarik yang satu ini hanya dapat disaksikan pada saat senja. Di saat senja, akan menyaksikan jajaran lampu yang menjelma menjadi lautan cahaya. Suasana negeri di atas awan yang melekat pada Bukit Jamur berubah seketika. Seolah Bukit Jamur pun berubah menjadi negeri cahaya bukan lagi negeri di atas awan. Namun untuk kondisi cahaya yang ada di sekitar bukit tidak begitu gemerlap kota Jakarta. Sebab pemukiman setempat tidak sepadat Jakarta.