Transformasi Pantai Pasir Putih Kolaka Menjadi Pantai Berova

Pantai Pasir Putih Kolaka / Pantai Berova merupakan salah satu nama dari destinasi wisata yang sangat bermakna yang terletak di Sulawesi Tenggara. Destinasi ini menyimpan berbagai macam kenangan yang sangat hangat bagi para penduduk setempat. Kini destinasi wisata tersebut telah tidak ada.

Letak dari pantai ini berada di Desas Pitulua, Lasusua, Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara. Akses jalan menuju ke lokasi destinasi wisata ini sangat baik dan cukup dekat dari pusat kota. Waktu perjalanan pun hanya membutuhkan ±10 menit.
<

Hal ini disebabkan karena wisata alam Pantai Pasir Putih Kolaka telah berganti nama. Nama terbaru untuk pantai ini yaitu Pantai Berova. Ada beberapa alasan mengapa nama pantai berubah menjadi pantai Berova. Pergantian nama tersebut dilakukan pada tahun 2016.

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Salah satu alasannya yaitu banyaknya pohon Berova yang ada di area pantai itu. Pohon Berova ialah pohon sejenis kayu besi. Kondisi pohon itu sangat kesar seperti batu. Pohon Berova mempunyai makna yang sangat dalam bagi para nelayan dan penduduk setempat. Karena pohon itu mempunyai suatu kenangan yang tidak dapat dilupakan begitu saja.

Sumber Gambar: ashariskandar.blogspot.com

Pohon itu menjadi tempat untuk berteduh bagi para nelayan saat terjadi hujan deras dan disertai angin kencang hingga ombak pada musim angin barat. Karena hal ini pula keberadaan dari pohon ini cukup istimewa hingga dijadikan sebagai nama untuk pantai yang semula bernama Pantai Pasir Putih Kolaka.

Pergantian nama yang semula Pantai Pasir Putih Kolaka menjadi Pantai Berova juga disertai dengan beberapa perubahan yang cukup mencolok. Sehingga membuat kondisi dari pantai Berova menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya.

Perubahan yang dilakukan pada pantai ini hanya sebatas pembangunan untuk memperkaya spot yang ada di Pantai Berova ini. Selain itu untuk pesona dan kondisi alam pantai masih terjaga dengan sangat baik. Air laut dan semua habitat yang ada didalamnya menjadi hal yang amat sangat berharga yang ada di Pantai Berova ini.

Sumber Gamabr: Youtube @Achmad Fauza

Untuk proses rekontruksi pantai ini dilakukan setelah Pantai Pasir Putih Kolaka berganti nama dengan Pantai Berova. Proses rekontruksi yang ada pun memakan dana hingga miliyaran IDR, kurang lebih sebanyak ±11 miliyar IDR. Proses rekontruksi pantai hanya berlangsung selama ±2 tahun. Proses rekontruksi keseluruhan berhasil diselesaikan hingga tahun 2018. Hasil dari proses rekontruksi itu membuat pantai Berova menjadikan jauh lebih menarik.

Kondisi dari Pantai Berova juga menjadi jauh lebih bersih dan teratur. Di area ini juga telah mempunyai akses pedestrian yang sangat memadai. Dimana jalan setapak diubah menjadi jalanan beton dengan desain yang sangat modern. Inilah hasil dari rekontruksi Pantai Berova yang semula bernama Pantai Pasir Putih Kolaka :

Kolam Renang

Sumber gambar: pidii.info

Kolam renang menjadi spot utama di destinasi wisata alam Pantai Berova ini. Proses untuk rekontruksi kolam renang menjadi rekontruksi yang memakan dana paling besar diantara rekontruksi lainnya. Membutuh dana hingga 4,9 miliyar IDR untuk pembangunan kolam renang ini. Sebelum diubah menjadi kolam renang, area itu berupa rawa – rawa yang dipenuhi dengan tanaman air dan semak belukar. Kondisi rawa pun juga cukup otentik dengan air yang berwarna hijau pekat.

Sumber Gambar: sultrakini.com

Kolam renang yang ada merupakan jenis kolam renang olympic. Jadi kolam renang ini khusus untuk orang dewasa. Pada bagian tengah kolam disediakan sebuah pembatas. Kolam ini pernah dijadikan sebagai tempat perlombaan renang dalam rangka Pekan Olahraga Provinsi / Porpov pada tahun 2018.

Kondisi air di kolam renang ini yaitu air tawar. Sehingga dengan keberadaan kolam renang dapat menyegarkan badan setelah bermain di laut yang kondisi airnya asin dan membuat kulit menjadi kering.

Dermaga Cinta

Spot yang satu ini menjadi spit favorit semua pengunjung. Spot ini juga dijadikan sebagai spot foto utama di Pantai Berova. Kondisi dari dermaga cinta sangat strategis untuk menikmati pesona alam Pantai Berova. Letak ujung dari dermaga cukup jauh dari bibir pantai. Dari arah dermaga ini dapat menyaksikan landscape dari Pantai Berova itu sendiri.

Sumber Gambar: nasionalinfo.com

Pada bagian ujung dermaga mempunyai 2 buah cabang. Cabang dari ujung dermaga berupa pondok yang dilengkapi dengan atap. Keberadaan dari pondok membuat suasana tidak terlalu panas saat menikmati pesona alam pantai Berova ini.

Sumber Gambar: Youtube @Askar Oka

Selain itu di dermaga cinta ini juga menyaksikan luasnya laut. Serta di dermaga ini menjadi spot terbaik untuk menyaksikan sunset dan sunrise. Baik kondisi dermaga dan pondok sangat sederhana. Material utama yang digunakan yaitu kayu. Pada bagian atap pondok hanya sebatas seng. Meskipun sederhana namun membuat kesan dari dermaga dan pondok terlihat jauh lebih natural.

Rumah Pasittodo

Sumber Gambar: ashariskandar.blogspot.com

Rumah yang satu ini bukan rumah tinggal sepeti pada umumnya. Melainkan rumah ini meruapakan spot khusus untuk diving dan snorkeling di Pantai Berova. Letak dari rumah Pasittodo juga sangat antimainstream, karena letak di tengah – tengah laut.

Karena letak di tengah – tenang laut, perjalanan menuju ke rumah Pasittodo hanya dapat ditempuh dengan alat transportasi air. Entah itu boat maupaun jet ski. Waktu perjalanan yang dibutuhkan menuju ke Rumah Pasittodo yaitu selama ±15 menit dari bibir pantai / dermaga cinta Pantai Berova.

Untuk alat transportasi yang recommended yaitu Jolloro. Jolloro merupakan kapal tradisional khas Kolaka Utara. Untuk perjalanan dengan jolloro cukup mengeluarkan akomodasi sebesar ±15.000 IDR / orang. Tetapi jika hendak cepat sampai di rumah Pasittodo, sebaiknya menggunakan boat / jet ski. Kondisi laut di pantai Berova ini cukup tenang. Jadi perjalanannya cukup mendukung dan tidak perlu melawan kerasnya terjangan ombak laut.

Rumah Pasittodo pun hanya sejenis rumah panggung dengan material kayu. Bentuk desain konstruksi hampir sama dengan jajaran rumah yang ada di perkampungan air. Hanya saja untuk rumah yang satu ini tidak berpenghuni. Tetapi ada beberapa staff pantai Berova yang berjaga untuk melayani pengunjung yang hendak diving / snorkeling.

Arti nama Pasittodo sendiri ialah gugusan batu karang yang luas. Tepat di area sekitar Rumah Pasittodo inilah menjadi pusat habitat terumbu karang. Ada berbagai macam spesias mahluk hidup air yang ada di area Rumah Pasittodo. Selain menjadi spot diving, rumah Pasittodo ini menjadi spot memancing terbaik. Oleh karena itu ada banyak nelayan yang dijumpai di rumah ini.

Gerakan Bersih Laut

Sumber Gambar: Instagram @ tirta_maniezt

Bukan hanya sekedar rekontruksi bangunan, destinasi wisata Pantai Berova juga dilakukan rekontruksi kebersihan laut. Gerakan ini dilakukan pada 18 Agustus 2019 lalu. Tepatnya setelah rekontruksi bangunan usai. Gerakan ini dipelopori oleh Petampanua Diving Club. Gerakan ini juga merupakan gerakan bersih laut serentak dalam rangka hari kemerdekaan Indonesia. Ada lebih dari 75 pantai yang termasuk ke dalam gerakan bersih laut ini.

Meskipun dipelopori oleh Petampanua Diving Club / PDC, acara ini terbuka untuk umum. Jadi siapapun dapat menjadi relawan untuk acara ini. Dengan adanya moment ini, membuat kondisi dari Pantai Berova jauh lebih bersih.

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.