in

Patung Kristus Raja Saumlaki, Christ The Redeemer Ala Indonesia

Sumber gambar: travel.kompas.com

Patung Kristus Raja yang terletak di Kab Maluku Tenggara Barat, menjadi suatu monumen yang sangat berharga. Baik bagi kota Maluku sendiri maupun bagi Indonesia. Ada berbagai macam makna dan arti tersendiri dan sangat mendalam. Dan yang paling terpenting, Patung Kristus Raja dianggap sebagai suatu simbol atas berkat yang diberikan oleh Tuhan Yesus.

Destinasi wisata ini menjadi wisata yang cukup favorit bagi semua orang. Setiap weekend, tempat ini pasti dipadati oleh pengunjung. Khususnya untuk hari minggu yang merupakan hari kebaktian / misa. Meskipun suasana di sekitar sangat terik dan panas, tidak menjadi suatu halangan untuk tidak mengunjungi destinasi wisata religi satu ini.

Sumber Gambar: travel.kompas.com

Tujuan utama dari pembangunan Patung Kristus Raja yaitu hanya sebagai destinasi wisata religi bagi umat Nasrani. Meskipun Patung Yesus ini berada di tempat ibadah umat Khatolik, namun bagi umat Kristen Protestan juga sangat berharga.

Sebab mereka mempunyai suatu kepercayaan yang sama akan Tuhan Yesus sebagai penyelamat yang dikirim oleh Tuhan Allah. Hanya saja, baik umat Khatolik dan Kristen protestant mempunyai cara yang berbeda.

Pembangunan Patung Kristus Raja

Patung Kristus Raja dibangun pada tahun 2004 lalu. Meskipun umur dari patung ini masih 16 tahun, tetapi keberadaan dari patung ini sangat berharga dan cukup bersejarah. Karena patung Yesus ini menjadi suatu kebanggaan, terutama untuk tinggi dari patung itu sendiri.

Tinggi dari Patung Kristus Raja tergolong sangat fantastis. Karena dapat menyamai dengan tinggi dari ikon patung Yesus dunia. Meskipun tingginya tidak sebanding dengan patung Christ The Redeemer yang ada di Rio De Janeiro yang mempunyai tinggi 30 meter, ataupun patung Raja kristus yang ada di Świebodzin, Polandia Barat dengan tinggi mencapai 36 meter.

Sumber Gambar: Printerest @Widya

Ukuran tinggi dari Patung Kristus Raja yang ada di Maluku Tenggara Barat ialah 25 meter. Ukuran dari tinggi patung Yesus ini serta dengan patung Yesus yang ada di Almada, Portugal. Dengan ukuran yang sama dengan patung Yesus di Almada, membuat Indonesia tidak kalah dengan negara maju lainnya. Apalagi di destinasi wisata religi ini terdapat 3 buah patung Yesus sekaligus. Hal ini dapat menjadi suatu kelebihan dari Patung Kristus Raja .

Semua patung yang ada Tuhan Yesus yang ada di Saumlaki dibuat oleh seniman yang berasal dari Yogyakarta. Proses pembuatan patung tidak dilakukan seutuhnya. Melainkan masing – masing anggota tubuh dibuat secara terpisah. Jadi mulanya tubuh patung ini terbelah ke dalam beberapa bagian, yaitu bagian kepala, tangan, kaki hingga badan. Dengan kata lain, ketika dibawa ke Saumlaki, kondisi dari patung tidak utuh.

Setelah sampai di Saumlaki, proses penyatuan anggota badan dilakukan. Hasilnya menghasilkan patung seperti saat ini. Monument Patung Kristus Raja di Maluku tenggara Barat ini diresmikan pada tahun 2006. Proses pemberkatan patung Yesus dilakukan oleh Duta Vatican, Mrg Ranjit Patabendigde.

Spot Patung Kristus Raja

Di destinasi wisata religi ini, terdapat 3 buah spot patung sekaligus yang memiliki karakter berbeda – beda. Inilah 3 buah spot yang ada di wusat Patung Kristus Raja :

1. Patung Kristus Raja

Patung pertama dan sekaligus patung tertinggi yaitu Patung Kristus Raja itu sendiri. Untuk patung ini, Tuhan Yesus yang sedang memberkati. Hal ini membuat karakter dari patung nampak mirip dengan dengan patung Yesus yang ada di Brazil.

Sumber Gambar: facbook @Instanusantara Amboina

Patung ini dibangun diatas sebuah bangunan yang mempunyai fungsi sebagai tempat misa / tempat ibadah. Di dalam tempat misa, ada sebuah altar dengan bentuk unik. Meja altar ini sangat menarik perhatian, karena memiliki bentuk seperti perahu yang terbuat dari batu. Panjang dari meja altar juga turut menarik perhatian. Karena panjangnya mencapai ±1 meter.

Gedung yang menjadi tempat misa mempunyai 3 buah lantai. Sekilas desain bangungan nampak seperti pagoda. Dimana semakin ke atas, bangunan semakin kecil. Desain bangungan juga sangat khas. Warna dinding didominasi dengan warna krem yang membuat kesan gedung misa nampak elegan. Di bagian dinding juga dihiasi dengan tanda Salib. Sayangnya pada ruang misa tidak begitu luas. Ruangan tersebut hanya mampu menampung ±100 jemaat.

Ada keistimewaan lain dari patung ini selain sebagai simbol religi. Hal itu adalah sebagai petunjuk arah. Dengan ukuran setinggi ±25 meter membuat keberadaan dari patung ini terlihat sangat mencolok. Bahkan dapat terlihat dengan jelas dari arah Laut Arafuru.

Patung Kristus Raja sengaja didesain dengan menghadap ke arah timur dan laut. Dengan ini para nelayan dan semua orang yang sedang berada di laut dapat mengetahui dengan jelas arah man yang hendak dituju. Jadi mereka pun tidak akan mudah tersesat dan mudah untuk mencari jalan pulang ke arah Saumlaki.

2. Patung Tuhan Yesus yang sedang disalib

Sumber Gambar: sumsel.tribunnews.com

Pada patung kedua ini tidak begitu tinggi, hanya sekitar ±10 meter. Letak dari patung ini berada di bagian ujung. Tepatnya di bagian tanah yang mempunyai kontur paling tinggi / di area puncak. Patung ini diletakkan di atas monumen. Lalu disediakan sebuah akses tangga supaya dapat lebih dekat dengan patung tersebut. Patung Tuhan Yesus yang sedang disalib, menghadap ke arah utara.

3. Patung Tuhan Yesus yang berada di pangkuan Mother Maria

Sementara itu patung yang terakhir ini tidak begitu menyita perhatian. Hal ini disebabkan karena kondisi dari patung tidak begitu tinggi. Jadi tidak terlihat begitu mencolok dari luar. Posisi dari patung menghadap ke arah timur laut. Letak dari patung ini, tepat berada di sisi kanan dari Patung Kristus Raja .

Aturan Khusus Untuk Mengunjungi Patung Kristus Raja

Sebelum mengunjungi destinasi wisata ini, ada suatu aturan yang harus diketahui terlebih dahulu. Aturan itu adalah tata cara berpakaian dan etika. Peraturan ini diberlakuan kepada semua pengunjung tanpa terkecuali.

Sumber gambar: travel.kompas.com

Semua pengunjung harus mengenakan pakaian yang sopan dan tertutup. Bagi pengunjung wanita, juga disarankan memakai kerudung ( bukan hijab bagi pengunjung nasrani yang hendak beribadah). Ada beberapa gereja dan katedral yang mempunyai aturan berkerudung bagi jemaat perempuan. Untuk ukuran rok / celana, harus dibawah lutut.

Rute Ke Patung Kristus Raja

Alamat lengkap dari dari Patung Kristus Raja bukan berada di daerah Saumlaki. Namun banyak yang menyebut destinasi wisata ini seolah berada di Saumlaki. Alamat sebenarnya dari wisata religi ini adalah ds Olilit Timur, Kec Tanimbar Selatan, Kab Maluku Tenggara Barat.

Hal yang menyebabkan destinasi wisata ini sering diikuti dengan Saumlaki, sebab kota Saumlaki menjadi kota besar yang ada di Maluku Tenggara Barat. Selain itu rute dari arah Saumlaki ke Patung Kristus Raja tidak begitu jauh dan hanya ±4 km.

Rute menuju ke destinasi wisata Patung Kristus Raja dapat dimulai dari Bandara Mathilda Batlayeri. Kemudian naik taksi menuju ke arah kota Saumlaki. Lalu perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan ojek menuju ke arah Patung Kristus Raja .