OUR NETWORK

Pesona Pegunungan Dieng Dari Gunung Bismo Via Sikunang

Sumber Gambar: gunung.id

Gunun Bismo menjadi salah satu diantara banyaknya gunung yang ada di dataran tinggi Dieng. Termasuk dalam jalur pendakian yang baru saja dibuka pada tahun 2019 lalu. Sehingga, maklum saja bila banyak para pendaki yang akan selalu datang untuk mencoba sensasinya.

Ketinggiannya sendiri mencapai 2338 Mdpl. Untuk bisa sampai ke atas kamu hanya memerlukan waktu 2 jam sampai 5 jam. Ada beberapa jalur pendakian yang sudah disediakan. Nah, Kali ini kami akan mencoba ke titik pendakian yang menjadi favorit pendaki melalui Sikunang.

Menuju ke Basecamp Sikunang

Konon katanya, jalur sikunang ini merupakan jalur tercepat menuju ke Gunung Bismo. Kamu bisa menempuhnya melalui Terminal Mendolo terlebih dahulu. Kemudian, pergi menuju ke Dieng dengan menggunakan bus yang ditarik dengan harga 25 ribu rupiah saja. Selanjutnya, dari Dieng menuju ke Basecamp kamu bisa naik ojek dengan harga 15 ribu rupiah saja.

Untuk harga simaksinya sendiri per pendaki akan dikenakan harga 15 ribu rupiah. Ditambah dengan uang parkir sebesar 5 ribu rupiah per kendaraan. Untuk fasilitasnya sendiri cukup menarik dengan adanya tempat peristirahatan para pendaki, kamar mandi, dan juga area parkir yang cukup luas. beberapa warung juga sudah berdiri disini.

Setelah mengurus perizinan dengan mengisi data diri beserta para peserta. Kamu dipersilahkan naik menuju ke atas. kamu juga akan diberikan peta agar kamu tidak tersesat di tengah jalan. Satu hal yang harus kamu ketahui adalah dilarang menggunakan kaos kuning, boneka dan music box.

Jalur Pendakian

Sumber Gambar: Google Maps @gunung bismo via sikunang

Menuju ke Jalur pendakian kamu akan disuguhkan dengan perkebunan dan ladang warga. Kamu bisa melihat berbagai petani yang sedang menggarap lahannya. Cobalah untuk menyapa mereka, Maka mereka pun akan membalas sapaan kamu juga. satu hal yang sering terjadi di Gunung Bismo adalah sering terjadi kabut dan juga gerimis tipis.

Menuju jalur hutan kamu sudah disuguhkan dengan jalur tangga. Dimana, tanjakannya cukup membuat kamu merasa lelah dan kamu bisa berhenti sejenak. Satu hal yang harus kamu perhatikan adalah kebutuhan logistik terutama makanan dan juga minuman.

Kurang lebih 1 jam lamanya kamu akan tiba di Camp Area. perjalanannya yang cukup singkat membuat kebanyakan para pendaki memilih untuk mendaki saat malam hari. Kurang lebih pukul 3 pagi atau 4 pagi mereka akan memulai pendakian. Tetapi, pastikan lampu senter kamu berada dalam kondisi prima ya.

Untuk bisa menuju puncak kamu akan menempuh kurang kebih 2 jam lamanya. Jalanan menuju puncak pun memang tidak mudah. Tetapi, semua yang kamu keluarkan akan terbayarkan. Bila kamu memilih mendaki pada malam hari, perhatikan benar cuacanya. Kadang, suhu disini bisa mencapai minus. Sehingga, akan menyulitkan kamu mendaki karena udara dingin memang kurang baik untuk kamu.

Puncak

Sumber Gambar: Google Maps

Satu keindahan yang bisa kamu lihat diatas puncak adalah Bukit Sikunir yang tampak elok dan mengesankan. Begitu pula dengan Gunung Sindoro yang juga gagah berdiri Menghadirkan takjub yang luar biasa. Lautan awannya memang membuat kamu gagal move on dan enggan beranjak dari kawasan ini.

Sumber Gambar: Google Maps

Bila kamu beruntung, keadaan di puncak akan sangat cerah. Kondisi ini bisa kamu manfaatkan untuk melihat Curug Sikarim yang bisa dilihat lho. Serta pemandangan perbukitan yang hijau menambah kesan asri kawasan ini.

Sumber Gambar: Google Maps

satu hal yang menarik dari Puncak Bismo adalah setiap jalur pendakian yang dilewati mempunyai puncaknya sendiri-sendiri. Di setiap pundaknya, kamu bisa melihat panorama yang berbeda-beda.Jadi, tidak ada salahnya bila kamu menjelajah seluruh kawasannya. Lihatlah betapa megahnya gunung ciptaan Tuhan ini.

Kesimpulan

Pendakian Gunung Bismo memang tergolong singkat Salah satu hal buruk yang terjadi disini adalah seringnya muncul kabut. jadi, jangan menyesal bila sudah sampai di puncak kamu hanya bisa menyaksikan keindahannya yang benar-benar menawan dan berbeda dari tempat lainnya.

Jangan lupa untuk bawa kembali sampahmu dari atas sini. kalau perlu, kamu bisa mengambil dan membawa sendiri sampah-sampahnya dan kamu buang pada tempatnya. Ingat kebersihan gunung adalah tanggung jawab kita semua. Jadi, sudah siap mendaki Gunung Bismo via Sikunang? Ingat menarik dan penuh tantangan.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…