OUR NETWORK

Pesona Wisata Jambi Air Terjun Telun Perentak

Sumber Gambar: Instagram @galeri_super

Air Terjun Telun Perentak mempunyai suatu keistimewaan. Hal tersebut terletak pada arus aliran air terjun yang sangat terjal, deras dan bertingkat. Selain itu, batuan yang menjadi arus dari aliran air terjun juga sangat unik. Itulah pesona dari destinasi wisata yang terdapat di Provinsi Jambi.

Lokasi Air Terjun Telun Perentak

Destinasi wisata alam ini terletak di Bukit Perentak, Pangkalan Jambu, Merangin, Jambi. Lokasi dari destinasi wisata tersebut cukup terpencil dan mempunyai akses transportasi cukup sulit. Tidak adanya fasilitas transportasi umum yang cukup memadai.

Satu – satunya jalan untuk menuju ke destinasi wisata Air Terjun Telun Perentak hanya menggunakan kendaraan pribadi. Baik motor maupun mobil. Di area tersebut hanya ada sebuah fasilitas umum yang memadai. Fasilitas tersebut berupa tempat ibadah umat muslim, yaitu masjid. Hal tersebut tentu saja memudahkan pengunjung yang beragama islam memiliki suatu kemudahan dalam menjalankan ibadah. Selain masjid, di area tersebut juga ditemukan berbagai macam tempat makan. Menu yang tersedia didominasi dengan olahan khas Jambi. Seperti tempoyak, nasi gumuk dan lain – lain.

Rute Lokasi Menuju Ke Air Terjun Telun Perentak

Tidak terletak di pusat kota, pemerintahan, ataupun tempat keramaian, tidak membuat akses jalan menuju ke destinasi wisata Air Terjun Telun Perentak tidak sulit. Akses menuju ke destinasi sangat mudah dijangkau.

Rute lokasi dapat dilalui dari jalur Trans Sumatera HWY. Jarak antara jalur trans Sumatera HWY dengan destinasi cukup dekat. Hanya membutuhkan waktu ±1 jam perjalanan dengan jarak tempuh ±60 km. Akses tersebut juga menjadi suatu kelebihan dari jalur Trans Sumatera HWY. Dengan jalur tersebut, sebagian besar wilayah terpencil yang ada di pulau Sumatera mudah dijangkau.

Sumber Gambar: Instagram @galeri_super

Dari jalur Trans Sumatera HWY daerah Bangko, ambil arah yang menuju ke Jl Raya Bangko Kelinci. Telusuri sepanjang jalan tersebut hingga ujung. Jalur jalan raya tersebut cukup panjang. Tetapi jalur ynag melalui Jl Raya Bangko merupakan rute terbaik. Dari Jl Raya Bangko Kelinci, akan menjumpai pertigaan toko dika. Dari pertigaan tersebut, ambil jalan lurus. Lalu ikuti jalan tersebut hingga sampai di lokasi destinasi wisata Air Terjun Telun Perentak.

Selain rute dari arah Jl Raya Bangko Kelinci, ada beberapa rute alternatif lain. Rute tersebut dapat ditemukan dengan Google map. Selain itu dapat disesuaikan dengan lokasi tempat tinggal. Setelah sampai di lokasi, tidak dapat menyaksikan pesona air terjun begitu saja, karena harus melakukan tracking terlebih dahulu sepanjang ±1 km.

Sumber Gambar: ngadem.com

Area tracking menuju ke air terjun hanya berupa jalan setapak dengan kondisi seadanya. Sehingga sepanjang jalan terdapat tumbuhan liar yang berada di samping kiri maupun kanan. Selain itu kondisi tanah juga sangat lembab dan licin. Jadi harus ekstra hati – hati pada saat tracking.

Terkadang kondisi dari area tracking becek dan berlumpur. Hal itu terjadi pada musim hujan. Jika ingin tracking dengan kondisi jalan baik, kunjungi destinasi wisata tersebut pada musim kemarau. Sayangnya pada musim kemarau debit air tidak maksimal. Namun tidak mempengaruhi pesona dari air terjun tersebut.

Pesona Air Terjun Telun Perentak

Pesona dari Air Terjun Telun Perentak sangat kompleks dan mempunyai karakter cukup unik dalam sebuah air terjun. Pesona tersebut antara lain sebagai berikut ini :

1. Tingkat kemiringan air terjun

Sumber Gambar: Instagram @genpimerangin

Air terjun umumnya mempunyai tingkat kemiringan lebih dari 60 derajat, bahkan ada yang mencapai 90 derajat. Tetapi untuk tingkat kemiringan dari air terjun tersebut cukup berbeda. Tingkat kemiringan dari air terjun tidak terlalu ekstream dan hanya sekitar ±45 derajat. Tingkat kemiringan yang cukup rendah itulah yang menjadi salah satu keunikan dari destinasi wisata Air Terjun Telun Perentak. Sekaligus melengkapi koleksi karakter waterfall untuk destinasi wisata nusantara.

2. Air terjun bertingkat

Sumber Gambar: tempatwisata.pro

Hal ini juga menjadi suatu keistimewaan tersendiri dari destinasi wisata alam tersebut. Kondisi batu bertingkat / berundak membuat kesan dari air terjun menjadi unik. Masing – masing tingkat mempunyai karakter yang berbeda – beda.

3. Kolam tenang tetapi cukup menghanyutkan

Beberapa kolam memang terlihat cukup tenang. Tetapi air yang tenang tidak dapat dijadikan sebagai tolak ukur akan keamanannya. Sebab tepat di tepi kolam terdapat air terjun yang arusnya cukup deras.

4. Kontras warna yang cukup mencolok

Warna dari air terjun sangat jernih dan mendekati warna putih kristal. Warna tersebut sangat kontras dengan warna batu yang menjadi letak arus aliran air terjun. Warna batu adalah warna hitam pekat. Hal tersebut membuat karakter alam air terjun sangat kuat.

5. Arus air yang deras

Arus air yang deras memang sangat bertolak belakang dengan tingkat kemiringan dan juga kondisi batu berundak yang menjadi aliran air terjun telun Perentak. Hal tersebut juga menjadi faktor keunikan dari air terjun tersebut. Arus deras ini hanya terdapat di beberapa tingkat. Ada pula tingkat yang mempunyai arus tenang.

Derasnya air terlihat dengan sangat deras. Begitu pula dengan suara arus yang dapat menenggelamkan bunyi apapun yang berada di sekitarnya. Hal itu justru membuat air terjun cukup berbahaya jika didekati. Tetapi pesona dari aliran air terjun sangat eksotis.

Fasilitas Destinasi Wisata Air Terjun Telun Perentak

Fasilitas yang tersedia di destinasi wisata tersebut cukup kompleks. Mulai dari toilet, kamar bilas, tempat parkir dan lain sebagainya. Dari semua fasilitas yang ada, ada beberapa spot yang sangat menarik. Spot tersebut antara lain sebagai berikut :

  • Jembatan pohon

Dari semua spot yang ada, spot yang ini merupakan spot yang paling favorit. Spot jembatan pohon ini menawarkan sensasi lebih dekat dengan air terjun. Kondisi arus air yang cukup deras, membuat air terjun cukup berbahaya untuk didekati. Apalagi ada akses jalan yang memadai di sekitar air terjun. Satu – satunya cara untuk lengkap dekat dengan air terjun adalah melewati spot kayu pohon. Sebatang pohon yang masih dalam kondisi utuh ditebang dan diletakkan tepat di depan air terjun. Fungsi dari pohon tersebut mirip dengan jembatan.

Kondisi akses pohon tersebut cukup besar dan memungkinkan untuk dilewati dan cukup untuk sebagai tempat duduk. Sayangnya jembatan pohon belum dilengkapi dengan pegegangan. Jadi, harus sangat berhati – hati ketika berada di jembatan pohon. Terlebih lagi dengan percikan air terjun membuat kondisi pohon lembab dan mempunyai permukaan licin.

  • Spot observasi

Spot observasi ini hanya merupakan suatu spot dimana dapat menyaksikan sebagian besar dari aliran Air Terjun Telun Perentak. Spot ini berada di ketinggian, tepatnya di puncak air terjun. Dari spot tersebut pesona dari aliran air terjun dapat terlihat dengan sangat jelas dan lebih kompleks. Bukan hanya sekedar pesona dari arus air terjun, tetapi pesona alam sekitar juga yang didominasi dengan pepohonan lebat menjadi lanscape yang sempurna.

Untuk mencapai spot tersebut sangat menantang. Karena harus menyelusuri jalan setapak dan tangga yang tersedia. Dapat pula dengan menuju ke spot observasi secara bertahap dengan menyaksikan satu per satu layer / tingkat.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…