in

Destinasi Wisata Alam Bengkulu Terbaru Air Terjun Pemandian Punai

Sumber Gambar: travellink-indonesia.com

Destinasi wisata Air Terjun Pemandian Punai adalah destinasi wisata alam terbaru dari Rejang Lebong, Bengkulu. Umur dari destinasi wisata tersebut belum terlalu lama, hanya sekitar 1 tahun Peresmian. Dari destinasi wisata tersebut bukan hanya sekedar untuk peningkatan taraf perekonomian warga setempat, tetapi ada tujuan lain dari dibukanya destinasi wisata tersebut.

Lokasi Air Terjun Pemandian Punai

Destinasi wisata alam ini terdapat di Ds Empat Suku Menanti, Sindang Dataran, Rejang Lebong, Bengkulu. Letaknya pun cukup terpencil dan mempunyai akses jalan yang cukup sulit. Jauh dari pusat kota, pusat keramaian dan juga pusat pemerintahan.

Lokasi yang cukup terpencil, membuat tempat ini memang tidak begitu populer. Hal itu memang sangat wajar terjadi lantaran Air Terjun Pemandian Punai termasuk destinasi wisata terbaru. Tingkat kepopuleran dari destinasi wisata alam ini terlihat dengan sangat jelas di salah satu media sosial, instagram. Di situs tersebut masih sangat minim akan jumlah post dari destinasi Air Terjun Pemandian Punai. Hanya ada segelintir post gambar tentang destinasi wisata ini.

Jika terlihat dari sudut pandang kondisi alam, destinasi wisata tersebut terlihat sangat eksotis dan mempunyai view tidak buruk. Namun pesona alam yang dimiliki tidak cukup menjadikan destinasi wisata alam ini populer begitu saja. Begitu pula dengan kondisi lokasi dari Air Terjun Pemandian Punai di google map. Tempat tersebut seolah tersembunyi dan tidak nampak di google map. Karena hal itu rute petunjuk arah menuju ke lokasi cukup sulit.

Sumber Gambar: travellink-indonesia.com

Letak dari destinasi berada di dalam kompleks perbukitan dan Hutan Lindung Balai Rejang. Kawasan tersebut juga menjadi pusat perkebunan kopi Robusta. Selama perjalanan pin akan menjumpai kebun kopi di sepanjang jalan. Begitu pula dengan aroma kopi Robusta yang sangat khas.

Jarak antara destinasi wisata air terjun pemandian punai dengan kota Curup mencapai ±25 km. Jarak tersebut dapat ditempuh selama ±45 menit. Sehingga perjalanan dari arah kota Bengkulu menjual ke destinasi wisata mencapai lebih dari 2 jam perjalanan. Jika di beberapa daerah mengalami kemacetan, dapat memakan waktu selama setengah hari penuh.

Harga Tiket Masuk

Destinasi wisata air terjun pemandian punai memiliki tarif kontribusi tiket masuk yang sangat murah, hanya sebesar 2.500 IDR per orang. Untuk tarif parkir motor sebesar 5.000 IDR. Bagi pengunjung yang menggunakan mobil, akan dikenakan tarif kontribusi khusus. Kontribusi tersebut sebesar 25.000 IDR. Tarif itu berupa tarif biaya parkir dan juga tiket masuk bagi setiap pengunjung yang berada di dalam mobil.

Rute Arah Menuju Ke Air Terjun Pemandian Punai

Rute lokasi terbaik untuk menuju ke destinasi wisata Bengkulu terbaru Air Terjun Pemandian Punai adalah rute Curup. Telusuri Jl Raya Curup – Lubuk Linggau. Sesampainya di Masjid Baiturrahman, terdapat jalan masuk setelah masjid tersebut. Jarak antara jalan masuk dengan masjid tidak begitu jauh.

Sumber Gambar: Instagram @aryfirst

Lalu masuk ke jalan masuk yang dekat dengan Masjid Baiturrahman. Arah jalan tersebut menuju ke daerah Kepahiang – Gunung Kaba. Telusuri jalan tersebut hingga sampai di pertigaan. Bentuk jalan pertigaan tersebut ialah jalan bercabang. Dari pertigaan, ambil arah ke kanan. Kemudian lurus sampai menuju ke daerah Ds IV Suku Menanti. Setelah sampai di Ds IV Suku Menanti, ikuti petunjuk arah jalan yang menuju ke destinasi wisata Air Terjun Pemandian Punai.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Pemandian Punai

Destinasi wisata Bengkulu ini mempunyai pesona yang cukup eksotis dan sempurna. Meskipun keberadaan dari air terjun pemandian punai belum populer dan belum terekpose sepenuhnya. Inilah daya tarik dari destinasi wisata alam ini :

1. Merupakan tempat pemandian burung punai

Sebelum dijadikan sebagai destinasi wisata, tempat tersebut menjadi tempat pemandian burung punai. Keberadaan dari burung punai menjadi salah satu alasan dari nama destinasi wisata alam tersebut. Bahkan hingga kini di tempat itu banyak dijumpai burung punai yang mandi, terutama di pagi hari.

2. Memiliki 11 buah air terjun

Dalam Air Terjun Pemandian Punai terdapat 11 buah air terjun sekaligus. Kondisi ini menjadi suatu fenomena alam yang sangat langka dan unik. Dimana dalam satu aliran, terdapat 11 buah curug sekaligus. Air Terjun Pemandian Punai ini bukan tergolong ke dalam air terjun bertingkat. Sebab hanya air terjun bertingkat yang biasanya mempunyai jumlah curug yang banyak.

Sumber Gambar: curupekspress.com

Kondisi dari 11 buah curug memiliki karakter yang berbeda – beda. Ada yang memiliki aliran air kecil dan ada pula yang besar. Masing – masing air terjun juga berbeda – beda. Ukuran dari curug / air terjun yang berkisar mulai dari 30 m hingga 50 m.

3. Aliran air terjun memiliki 3 buah kondisi suhu

Jumlah keseluruhan curug dari Air Terjun Pemandian Punai memang cukup fantastis. Bahkan menjadi destinasi wisata air terjun yang mempunyai curug terbanyak yang pernah ada di Indonesia. Dalam catatan, air terjun ini bukan merupakan air terjun berundak / bertingkat.

Sumber Gambar: potretbengkulu.com

Masing – masing curug memiliki karakter yang berbeda – beda. Ada hal yang unik dari karakter semua curug yang ada, yaitu memiliki 3 buah jenis suhu sekaligus. Ada aliran air curug yang dingin, hangat hingga panas.

4. Mempunyai sebuah kolam

Walaupun memiliki jumlah curug yang sangat fantastis, sayangnya Air Terjun Pemandian Punai hanya mempunyai sebuah kolam. Seluruh 11 curug yang ada mengalir satu kolam yang sama. Hal ini membuat kondisi air dalam kolam merupakan perpaduan dari 3 buah jenis suhu.

Sumber Gambar: indonesiatraveler.id

Kondisi dari kolam tidak terlalu dalam, jadi cukup aman untuk berendam. Namun sebelum mendekati air terjun, cek terlebih dahulu apakah curug tersebut mempunyai suhu panas, dingin atau hangat.

5. Tebing air terjun dihiasi dengan tumbuhan rambat dan lumut

Sumber Gambar: rmolbengkulu.com

Tebing yang menjadi lokasi air terjun pemandian punai dipenuhi dengan lumut dan tumbuhan rambat. Tumbuhan tersebut menjadi hiasan yang sangat eksotis dan membuat kesan dari air terjun menjadi sangat natural.

6. Menjadi pusat distribusi kopi Sintaro

Wilayah dari Air Terjun Pemandian Punai merupakan kompleks dari agro wisata Sintaro. Agro wisata tersebut dikelola oleh Kelompok Tani Perkasa Budi Utomo. Agro wisata tersebut tersebut bergerak dalam bidang pertanian kopi. Anggota dari kelompok Tani tersebut adalah masyarakat setempat, Dusun Air Lang / Ds IV Suku Menanti yang merupakan lokasi dari destinasi wisata ini. Hasil dari pertanian kopi dari agro disebut sebagai kopi Sintaro. Nama tersebut merupakan singkatan dari Sindang Dataran Robusta.

Sumber Gambar: liputan6.com

Sebagai destinasi wisata dibawah pengelolaan agro wisata Sintaro, destinasi wisata alam air terjun pemandian punai menjadi pusat distribusi kopi Sintaro. Di daerah itu terdapat beberapa outlet kopi Sintaro.

Jenis produk kopi yang tersedia dalam bentuk bubuk kopi kemasan. Namun ada pula yang disediakan dengan diseduh. Jadi dapat merasakan cita rasa kopi khas lokal Sintaro. Harga dari kopi Sintaro juga sangat terjangkau dan paling murah jika dibandingkan dengan harga kopi Sintaro di tempat lain.