OUR NETWORK

Suasana Traveling Hutan Amazon Ala Air Terjun Wabudori Supiori Papua

Sumber Gambar: listunita.blogspot.com

Hutan amazon menjadi hutan hujan tropis terbesar di dunia, kini sensasinya dapat dirasakan dengan traveling ke Air Terjun Wabudori. Mesku tidak seluas hutan Amazon, namun sensasi traveling di Air Terjun Wabudori dapat merasakan suasana layaknya berada di hutan tropis Amazon.

Sumber Gambar: Instagram @bg.naga

Letak dari air terjun ini sangat terpencil. Tidak ada akses transportasi modern yang tersedia di aire air terjun ini. Lokasinya berada di tengah – tengah hutan tropis Wabudori. Hal ini membuat nuansa traveling di air terjun ini terasa sangat menantang dan akan memperoleh pengalaman yang sangat berbeda dan lain dari yang lain.

Mungkin telah menjadi hal yang sangat wajar jika sebuah air terjun berada di dalam hutan. Sehingga harus menyelusuri hutan terlebih dahulu supaya dapat menuju ke wisata air terjun.

Sumber Gambar: listunita.blogspot.com

Tetapi jika harus menyelusuri sungai terlebih dahulu hanya untuk menyaksikan wisata air terjun merupakan suatu sensasi yang sangat berbeda. Hal itu mungkin hanya terdapat pada destinasi wisata air terjun wabudori ini. Namun untuk destinasi wisata ini bukan hanya sekedar menyelusuri sungai tetapi juga hutan tropis.

Dengan traveling di Air Terjun Wabudori, akan merasakan fakta sesungguhnya jika nuansa yang disajikan hampir sama dengan hutan tropis Amazon. Inilah Fakta tentang Air Terjun Wabudori :

1. Lokasi di Papua yang memang memiliki kondisi alam yang masih sangat natural

Fakta pertama yang membuat Air Terjun Wabudori mempunyai nuansa bak hutan Amazon dapat dilihat di lokasinya. Air terjun ini berada di pulau Papua. Alamat lengkapnya berada di kp Wabudori, Ds Sambar Mikoro, distrik Supiori Barat, kab Supiori.

Papua menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang masih mempertahankan cara hidup primitif. Meskipun sebagian telah mengubah cara hidup yang lebih modern dan semua orang pun telah mengenal gaya hidup modern. Di wilayah Papua masih mempunyai kondisi alam yang sangat natural dan terjaga dengan sangat baik. Selain itu wilayah itu masih dipenuhi dengan area hutan yang lebat dan liar. Penebangan pohon juga jarang dilakukan seperti di pulau lainnya.

Sumber Gambar: listunita.blogspot.com

Daerah Papua juga menjadi satu – satunya wilayah yang mempunyai hutan tropis paling besar di Indonesia. Salah satunya adalah hutan tropis Wabudori yang menjadi lokasi Air Terjun Wabudori. Dengan letak di tengah – tengah hutan tropis, membuat air terjun ini mempunyai karakter alam yang hampir sama dengan hutan tropis Amazon. Meskipun kondisi air terjun wabudori tidak semegah di hutan Amazon. Beberapa air terjun di Amazon pun telah dikelola dengan baik. Sedangkan air terjun ini sama sekali belum dikelola dan masih mempunyai fasilitas alam seadanya.

2. Untuk menuju ke Air Terjun Wabudori, harus menyelusuri Sungai Wabudori terlebih dahulu

Hal ini menjadi keunikan dari destinasi wisata alam Air Terjun Wabudori. Selain itu, saat menyelusuri sungai terasa berada di dalam hutan Amazon. Sungai Wabudori memang tidak begitu besar dan luas. Tetapi lokasi dari sungai ini memiliki kesamaan dengan sungai di hutan tropis Amazon. Sungai ini juga berada di tengah – tengah hutan tropis Wabudori.

Sumber Gambar:
Youtube @Nita Biak

Saat menyelusuri sungai, akan merasakan suasana hutan tropis yang masih sangat asri. Udara area hutan yang sangat segar membuat paru – paru seakan hidup kembali. Lalu juga akan merasakan suasana atmosphere yang sangat sejuk, dingin dan asri serta menyegarkan. Air sungai pun terasa sangat sejuk dan segar serta jernih.

3. Sebelum menuju ke Air Terjun Wabudori, sebaiknya minta ijin terlebih dahulu kepada sang pemilik.

Untuk hal ini merupakan suatu tips dan etika dalam mengunjungi Air Terjun Wabudori. Menurut informasi, air terjun ini dimiliki oleh Bapak Mesak Kmur. Sebenarnya bp Mesak Kmur bukan merupakan pemilik air terjun seutuhnya. Mungkin jika di daerah Jawa, beliau berperan sebagai kuncen.

Sumber Gambar: listunita.blogspot.com

Salah satu alasan mengapa harus meminta ijin terlebih dahulu, supaya akses menuju ke Air Terjun Wabudori jauh lebih mudah. Setelah meminta ijin terhadap Bapak Mesak Kmur selalu kuncen air terjun, akan disambut dengan baik dan diantar langsung ke lokasi.

Selain itu beliau juga akan menyediakan akses transportasi air untuk memudahkan akses. Jenis perahu yang disediakan bukan perahu tradisional, tetapi perahu yang lebih modern dan telah bermesin. Sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk sampai di destinasi wisata alam Air Terjun Wabudori.

4. Menyelusuri lebatnya hutan tropis Wabudori

Setelah menyelusuri Sungai Wabudori, perjalanan selanjutnya yaitu dengan menempuh Hutan Wabudori. Jalur tracking hutan penuh cukup sulit. Sebab kondisi jalan berupa tanjakan. Apa lagi akses tracking sangat kurang mendukung dan hanya berupa jalan setapak yang berupa tanah.

Waktu tracking yang dibutuhkan cukup lama dan memakan waktu selama ±40 – 50 menit. Karena suasana tracking yang sangat menguras tenaga, sebaiknya bawa perbekalan dari rumah. Namun sisa sampah dari perbekalan sebaiknya tidak ditinggal di area wisata Air Terjun Wabudori, baik itu area sungai, hutan dan air terjun itu sendiri.

Karena hal ini, sangat diharapkan untuk tidak mengunjungi Air Terjun Wabudori pada bulan Januari – Maret. Sebab di bulan itu curah hujan sangat deras dan daerah itu mungkin akan diguyur hujan setiap hari.

Sumber Gambar: listunita.blogspot.com

Jalur tracking pun akan menjadi jauh lebih sulit. Karena penuh dengan lumpur dan sangat licin. Hal ini juga sangat berpengaruh terhadap arus sungai dan air terjun yang sangat deras. Kondisi arus yang sangat deras, mungkin sangat berbahaya dan mengancam keselamatan.

Kondisi area tracking yang cukup ekstream, dapat mengingatkan kesan dari hutan tropis Amazon yang terkenal ekstream pula. Apalagi area hutan tropis Amazon dipenuhi dengan hewan liar. Begitu pula dengan hutan di Wabudori yang akan dijumpai berbagai macam spesies hewan, mulai dari babi hutan, burung kakak tua, kumkum, burung cendrawasih, tikus hutan dan lain sebagainya.

5. Menikmati pesona alam Air Terjun Wabudori

Sumber Gambar: Instagram @saesars

Setelah menyelusuri sungai dan hutan, selanjutnya tinggal menikmati suasana alam Air Terjun Wabudori yang terkadang dihiasi dengan pelangi. Selain fakta akan air terjun yang memiliki kesan alam bak hutan Amazon, ada sebuah mitos yang perlu diketahui.

Konon keberadaan dari air terjun ini pernah hilang dan letaknya sama sekali tidak dapat ditemukan oleh warga setempat. Lalu warga pun menyerah dan membiarkannya begitu saja. Setelah itu keberadaan dari air terjun muncul kembali dengan sendirinya.

Sebenarnya air terjun ini mempunyai 7 tingkat. Hanya saja, khusus untuk tingkat pertama yang diperolehkan dikunjungi. Sedangkan tingkat di atasnya sangat tidak direkomendasikan. Sebab jalur trackingnya jauh lebih berbahaya.

Ada berbagai macam aktivitas yang untuk menikmati pesona alam dari Air Terjun Wabudori. Salah satunya dengan berenang. Aktivitas ini sangat efektif untuk merasakan kesegaran alam dan air di air terjun wabudori. Kondisi kolam yang tidak begitu dalam dan arus tidak begitu deras, sangat aman untuk berenang. Kolam dan Sungai Wabudori masih dipenuhi dengan ikan. Jadi dapat dijadikan sebagai spot memancing.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…