OUR NETWORK

Puncak Gobah, Spot Terbaik untuk Menikmati Danau Singkarak

Sumatera Barat adalah provinsi yang memiliki banyak danau dengan pemandangan yang menawan. Setidaknya ada lima danau di Sumatera Barat, yakni Danau Singkarak, Danau Diatas, Danau Dibawah, Danau Maninjau, dan Danau Talang. Dari kelima danau tersebut, Danau Singkarak disebut sebagai yang terbesar di Sumatera Barat, bahkan dengan luasnya yang mencapai 107.8 km persegi membuatnya disebut juga sebagai danau terluas kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba di Sumatera Utara. Selain dikenal dengan luasnya, Danau Singkarak juga dikenal karena pemandangan alamnya yang menawan dan menjadikannya sebagai ikon wisata Sumatera Barat. Untuk meningkatkan daya tarik wisatawan ke Sumatera Barat, pemerintah setempat juga sempat mengadakan even internasional bertajuk Tour de Singkarak.

Sumber: Instagram @tantodikdik

Lokasinya yang berada di atas pegunungan dan tidak jauh dari Taman Nasional Kerinci Seblat membuat air di Danau Singkarak cukup segar. Untuk bisa menikmati langsung kesegaran airnya, kamu bisa turun hingga ke tepi Danau Singkarak dengan menapaki jalan setapak. Namun untuk bisa menikmati keindahan Danau Singkarak secara utuh, kamu pun bisa pergi ke Panorama ARIPAN yang lokasinya berada di Puncak Gobah. Selain bisa menikmati keindahan Danau Singkarak secara utuh, kamu juga akan disuguhkan oleh hijaunya pemandangan alam di sekitar. Yuk, mari berkenalan dengan Panorama ARIPAN – Puncak Gobak dengan membaca ulasan yang ada di bawah ini.

Lokasi Puncak Gobah

Sumber: Instagram@rancakbana_

Secara administratif Puncak Gobah berada di Nagari Aripan, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok. Jika datang dari Kota Solok, para pengunjung harus menempuh perjalanan sejauh 15 km dengan waktu tempuh 40 menit untuk bisa sampai di Puncak Gobah. Namun jika datang dari ibu kota Sumatera Barat, Padang, maka para pengunjung harus menempuh perjalanan sejauh 72 km dengan waktu tempuh 2 jam. Untuk yang datang dari Padang mereka dipastikan akan melewati pegunungan yang ada di Taman Nasional Kerinci Seblat, sehingga lelahmu selama di perjalanan akan sedikit terobati dengan keindahan pemandangan yang disuguhkan.

Pesona Puncak Gobah

Sumber: Instagram@ramadana_s

Sesampainya di Panorama ARIPAN di Puncak Gobah, para pengunjung akan langsung disuguhkan oleh pemandangan yang sejuk dan angin yang semilir. Dari sana mereka juga bisa dengan leluasa menyaksikan keindahan Danau Singkarak secara utuh yang dikelilingi oleh perbukitan hijau. Dengan pemandangan yang disajikan, para pengunjung dijamin akan betah berlama-lama di sana. Menurut informasi waktu terbaik untuk mengunjungi Puncak Gobah adalah di sore hari, di mana warna langit mulai memerah sebagai pertanda senja. Pemandangan dari puncak pun akan semakin terlihat mempesona jika cuaca sedang cerah dan tidak berkabut.

Aktivitas dan Fasilitas di Puncak Gobah

Sumber: Instagram@ramadana_s

Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di Puncak Gobah, namun yang paling utama dan wajib adalah berselfie ria untuk mengabadikan keindahan Danau Singkarak. Di sana juga telah disediakan berbagai spot foto yang Instagramable, tentunya dengan latar belakang Danau Singkarak dengan airnya yang berwarna hijau kebiruan. Beberapa spot foto yang ada di Panorama ARIPAN di Puncak Gobah adalah kapal, tanda love, papan berbentuk pintu, hingga papan bertuliskan ‘I miss you’.

Sumber: Instagram@riesfhandika

Selain itu di sana juga terdapat rumah pohon, yang di mana bersantai di dalamnya bisa memberikanmu kesan yang tidak akan terlupakan. Rumah pohon di Puncak Gobah pun memiliki konstruksi yang cukup kuat, sehingga jangan takut untuk naik ke sana. Namun bagi kamu yang phobia dengan ketinggian, lebih disarankan untuk tidak nekat menaikinya.
Di sekitar Panorama ARIPAN juga terdapat olahraga ekstrem paralayang. Bagi kamu yang memiliki nyali tinggi bisa mencobanya, namun tentunya dengan pengawasan para profesional.

Tiket Masuk Puncak Gobah

Meskipun memiliki fasilitas yang cukup lengkap dengan pemandangan yang cantik, namun para pengunjung hanya ditarik biaya tiket masuk sebesar 2 ribu rupiah. Untuk parkir kendaraan bermotor roda dua para pengunjung juga hanya dikenakan biaya sebesar 2 ribu rupiah.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menjadikan Panorama ARIPAN dan Bukit Gobah sebagai destinasi liburanmu selanjutnya? Pokoknya dijamin kamu tidak akan kecewa jika berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini, harga tiket masuknya pun cukup murah.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…