OUR NETWORK

Puncak Kule, Spot Terbaik Nikmati Keindahan Aceh

Sumber: ksmtour.com

Selain tsunami, apa yang kamu ketahui tentang Aceh? Saya yakin salah satunya adalah soal bentang alamnya yang cukup menawan. Berbeda dengan daerah di Indonesia lainnya, Aceh memiliki bentang alam yang cukup lengkap, dimulai dari gunung, pantai, air terjun, danau, hingga bukit. Semua keindahan alam di Aceh dikemas begitu rapi dalam balutan alamnya yang masih hijau dan menyegarkan.

Nah, dari sekian banyak wisata alam yang ada di Aceh, salah satu tempat yang wajib dikunjungi adalah Puncak Kule. Bukan sembarang puncak, karena dari atas Puncak Kule kamu akan disuguhi pemandangan alam tropis yang begitu eksotis.

Lokasi Puncak Kule

Sumber: sinarpidie.com

Nama Puncak Kule mungkin masih asing bagi sebagian masyarakat Aceh, karena memang lokasi ini masih cukup baru. Secara administratif Puncak Kule berada di kecamatan Batee, kabupaten Pidie, Provinsi Aceh. Dari ibu kota kabupaten Pidie, Sigli, para pengunjung hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 13 km dengan waktu tempuh sekitar 27 menit. Akan tetapi jika para pengunjung datang dari ibu kota Aceh, Banda Aceh, maka mereka harus melakukan perjalanan sejauh 100 km menuju ke arah timur dengan waktu tempuh selama 2 jam 26 menit.

Meskipun harus menempuh perjalanan panjang, namun perjalananmu dijamin tidak akan membosankan. Karena jika datang dari Banda Aceh, kamu bisa menggunakan jalur utara yang melalui deretan pantai indah dengan batas laut Andaman di sebelah utara. Jalan yang sudah teraspal dengan halus akan membuatmu merasa nyaman selama di perjalanan.

Pesona Puncak Kule

Puncak Kule bisa dibilang sebagai tempat terbaik untuk menikmati keindahan alam dari kabupaten Pidie. Dari puncak kamu bisa melihat hijaunya perbukitan di sekitar yang mampu menyejukkan mata. Ketika lebih jauh melepas pandangan ke arah utara, maka kamu akan menemukan birunya lautan luas yang dibatasi oleh pantai pasir putih yang eksotis. Tak perlu takut untuk kepanasan, karena di Puncak Kule ditumbuhi banyak pepohonan rindang yang membuat suasana terasa semakin sejuk dan menyegarkan. Dengan suasana dan pemandangan yang dihadirkan oleh Puncak Kule, tentu saja tempat ini bisa menjadi destinasi alternatif untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari yang mungkin terasa membosankan.

Aktivitas di Puncak Kule

Sumber: Instagram@muhammadhijrahh

Memang tak banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di Puncak Kule. Akan tetapi banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan di suatu tenpat juga tak menjamin kamu bisa betah berlama-lama di sana, begitu pun dengan sebaliknya. Aktivitas terbaik yang bisa kamu lakukan di Puncak Kule adalah bersantai di bawah pohon yang rindang, sembari menikmati keindahan alam yang mempesona di depan mata. Sesekali bercengkrama dengan keluarga atau pun pasangan tercinta di Puncak Kule juga bisa menjadi bumbu penyedap untuk membuatmu betah berlama-lama di sana.

Selain itu, kamu juga bisa berburu atau hunting foto di Puncak Kule. Persiapkan memori sebesar mungkin, karena di sana kamu pasti akan menemukan banyak spot foto yang menarik dan Instagramable, perpaduan antara perbukitan hijau dan birunya lautan lepas.

Fasilitas di Puncak Kule

Karena belum dikelola secara maksimal, fasilitas di Puncak Kule bisa dibilang kurang memadai. Para pengunjung tidak akan menemukan toilet atau pun mushalla sebagai tempat ibadah di sana. Jalan dari perkampungan menuju ke Puncak Kule juga belum begitu memadai. Di sana pun masih belum ada warung penjual makanan atau pun minuman, sehingga membuatmu harus menyiapkan perbekalan dari rumah atau dengan membelinya di sepanjang jalan sebelum menuju ke Puncak Kule.

Harga Tiket Masuk ke Puncak Kule

Karena belum dikelola secara maksimal, para pengunjung dipastikan tidak akan dipungut biaya masuk sepeser pun alias gratis. Hal ini lah yang kemudian membuat Puncak Kule selalu ramai dikunjungi para wisatawan ketika hari libur atau akhir pekan, mengingat mereka tak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk bisa menikmati pemandangan seindah di Puncak Kule.

Bagaimana, sudah ada rencana untuk berkunjung ke sana? Percayalah bahwa alam Indonesia itu indah, jadi sangat disayangkan apabila sebagian besar waktumu hanya dihabiskan untuk berdiam diri di rumah.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…