OUR NETWORK

Puncak Ngalau Indah, Tempat Terbaik untuk Melepaskan Penat di Sumatera Barat

Source Image: minangtourism.com

Tahu gak sih tentang Bandung? Bisa dibilang Bandung adalah Paris van Java Indonesia, karena memang kota ini sangat indah dan menawan layaknya Kota Paris di Perancis. Jadi apakah yakin kamu gak kepingin tinggal di Bandung? Tapi untuk kamu yang tinggal di Sumatera Barat, gak perlu jauh-jauh pergi ke Jawa Barat dan tinggal di Bandung untuk menikmati suasana yang demikian. Karena kamu hanya perlu ke Payakumbuh, Kota Bandung-nya Sumatera Barat, mengingat kota yang satu ini juga memiliki pemandangan yang menawan dan lokasinya pun dikelilingi oleh pegunungan yang berdiri kokoh nan tinggi menjulang. Pokoknya mirip deh sama Kota Bandung.

Pemandangannya pun akan terlihat semakin indah jika dilihat dari atas bukit, dan hal ini tentu saja bisa menjadi daya tarik wisata tersendiri untuk mereka yang memang ingin melepas penat dan menikmati keindahan alam. Tempat terbaik untuk menikmati keindahan kota Payakumbuh dari ketinggian adalah di Puncak Ngalau Indah, di sana kamu juga akan disuguhi oleh pemandangan alam yang menawan. Di sana kamu pun akan menemukan gua alam dengan pesona yang tak kalah menawan.

Lokasi Ngalau Indah

Sumber: indonesiakaya.com

Secara administratif Ngalau Indah terletak di Pakan Sinayan, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Lokasinya sendiri hanya berjarak sekitar 4 km dari pusat Kota Payakumbuh atau sekitar 31 km dari Bukittinggi. Namun jika datang dari Kota Padang, para pengunjung masih harus menempuh perjalanan sejauh 120 km dengan waktu tempuh kurang lebih selama 3 jam perjalanan darat. Meskipun demikian, lokasinya yang tidak jauh dari pusat Kota Payakumbuh membuat Ngalau Indah sering kali menjadi destinasi wisata favorit warga sekitar, terlebih di akhir pekan.

Dari lokasi parkir kendaraan, para pengunjung harus melalui beberapa puluh anak tangga dengan trek yang menanjak dan menurun untuk bisa sampai di pintu masuk Goa Ngalau Indah. Meskipun cukup melelahkan, namun perjalanan menuju ke pintu masuk Goa Ngalau Indah tidak akan terasa karena ditemani oleh sejuknya udara khas pegunungan.

Pesona Ngalau Indah

Sumber: indonesiakaya.com

Ngalau Indah sendiri adalah goa alam yang berada di ketinggian 640 mdpl dengan keindahan stalagtit dan stalagmit di dalamnya. Goa ini sendiri dihuni oleh kawanan kelelawar yang membuat kondisi di dalamnya tidak pernah hening. Selain itu ada juga burung walet yang membuat sarang di beberapa celah langit-langit goa.

Selain itu di dalam Goa Ngalau Indah juga terdapat beberapa bagian dengan bentuk yang cukup unik dan sangat khas. Namun yang paling terkenal adalah batu gong, yakni sebuah batu berlubang yang di mana bentuknya mengerucut dan berongga seperti lonceng. Lokasinya yang berada di sisi kiri dari pintu masuk goa membuat batu ini memiliki suara yang nyaring layaknya gong jika dipukul. Selain itu ada juga dua batu alami dengan bentuk yang unik dan berdiri secara berdampingan, di mana salah satu batu berbentuk menyerupai gajah dan yang satunya mirip seperti jamur. Selain itu ada juga beberapa batu yang di mana bentuknya menyerupai payung, kelambu, dan bahkan manusia.

Sumber: indonesiakaya.com

Setelah puas menikmati keindahan Goa Ngalau Indah, selanjutnya kamu bisa berjalan ke pintu keluar menuju ke arah Puncak Marajo yang di mana jaraknya kurang lebih sejauh 1 km. Dari sana kamu bisa menikmati keindahan Kota Payakumbuh secara utuh dari atas ketinggian ditemani dengan angin semilir dan udara yang sejuk.

Aktivitas di Ngalau Indah

Memang tidak banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di Ngalau Indah. Para pengunjung yang datang ke sana biasanya hanya akan memanfaatkan keindahan goa sebagai latar belakang selfie. Ada juga pengunjung yang datang ke sana hanya untuk duduk bersantai menikmati keindahan alam sekitar.

Tiket Masuk Ngalau Indah

Sumber: indonesiakaya.com

Menurut informasi, para pengunjung hanya akan ditarik biaya tiket masuk sebesar 7 ribu rupiah untuk menikmati keindahan dari Ngalau Indah. Dengan pemandangan alam yang disajikannya, itu termasuk harga tiket yang cukup murah.

Bagaimana, apakah sudah memiliki rencana untuk berkunjung ke Ngalau Indah? Boleh saja berkunjung ke sana, namun yang harus selalu diingat adalah selalu jaga kebersihan dan kealamian lingkungan.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…