OUR NETWORK

Potret Indah Pantai Sasak, Pantai Andalan Pasaman Barat

Source Image Instagram @febydekusuma

Jika anda bertanya pantai apa yang menjadi andalan masyarakat Pasaman Barat, maka tentu saja tidak akan terlepas dari Pantai Sasak. Pantai ini adalah favorit warga Pasaman Barat untuk berlibur baik bersama keluarga, sahabat, maupun pasangan. Panoramanya begitu elok dengan hamparan pasir yang indah. Terasa lebih spesial lagi karena sering diadakan event-event keren di pantai ini.

Penasaran seperti apa Pantai Sasak di Pasaman Barat? Yuk, kita intip dalam ulasan lengkap dibawah ini.

Pesona Keindahan Pantai Sasak

Sumber: Instagram @febydekusuma

Secara administratif Pantai Sasak berlokasi di Desa Pas Lamo, Kecamatan Sasak Ranah Pasie, Pasaman Barat. Masyarakat setempat disana lebih akrab menyebut pantai ini dengan nama Muaro Sasak. Kenapa? Karena keindahan Pantai Sasak terletak pada muaranya.

Ombak di Pantai Sasak terbilang cukup besar, karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia sehingga anda harus hati-hati jika membawa anak-anak. Biasanya pantai ini ramai dikunjungi pada saat weekend. Setiap hari minggu selalu ada pagelaran khusus di pantai ini sehingga tingkat pengunjung yang datang pun jauh lebih ramai ketimbang hari biasa.

Sumber: Instagram @siiska_dw

Puncaknya terjadi setiap kali hari libur nasional tiba seperti hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Akses ke lokasi ini sangatlah macet, yang datang bisa mencapai ribuan orang. Apalagi ketika sedang digelar pesta pantai, wah, Pantai Sasak sudah seperti lautan manusia saja.

Pesta pantai adalah acara rutinan yang digelar setiap tahun di Pantai Sasak. Pada acara tersebut banyak berbagai jenis permainan yang bisa dicoba dan sangat menghibur masyarakat.

Sumber: Instagram @niken_ken

Jika pada hari biasa, para wisatawan lokal umumnya lebih suka berkunjung ketika langit sudah berubah menjadi senja. Yup, alasannya tidak lain untuk menikmati sunset yang cantik di pantai. Sunset di pantai ini memang sangat memukau dan sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. banyak wisatawan yang mengabadikaan moment saat sunset tiba, bahkan ada pula yang ketagihan sampai datang setiap sore karena ingin melihat lagi dan lagi matahari yang pulang keperaduan dari Pantai Sasak. Akan terasa lebih special jika anda menikmati moment ini bersama orang-orang yang disayangi.

Sumber: Instagram @ariesboplem

Oh, ya, Pantai Sasak juga merupakan salah satu daerah utama penghasil ikan laut bagi Pasaman Barat, loh. masyarakat disana memang tinggal disekitar pinggir pantai, maka tidak heran jika kebanyakan berprofesi sebagai nelayan.

Pemerintah daerah Pasaman Barat juga saat ini sudah membangun sebuah Pangkalan Pendaratan Ikan sehingga diharapkan bisa mempermudah nelayan dalam memperlancar jual beli ikan hasil tangkapannya.

Sumber: Instagram @infopasbar_

Nah, apabila anda datang pada pagi hari ke Pantai Sasak, maka berkesempatan untuk melihat aksi para nelayan disana sedang menarik pukat. Biasanya sekitar 10 sampai 20 orang. Kaki serta hentakan tangan mereka yang berayun seolah sedang menari dipantai sehingga menjadi pemandangan unik tersendiri. Jika anda tertarik, maka bisa membeli hasil tangkapan mereka baik untuk dimakan disana, di rumah, ataupun sebagai oleh-oleh.

Kuliner Khas Pantai Sasak

Sumber: instagram @infopasbar_

Jika berbicara soal kuliner, Pantai Sasak juga memiliki kulinernya khasnya tersendiri. Jika Pantai Padang kuliner khasnya adalah jagung bakar, maka makanan khas Pantai Sasak adalah ikan tenggiri.

Loh, rasa ikan tenggiri kan begitu-begitu saja lantas apa spesialnya? Tentu spesial, dong dan terasa lebih lezat karena ikan tenggiri tersebut  diberikan bumbu khas Pasaman Barat. Rasanya tidak pedas namun sangat gurih dilidah. Apalagi jika sudah ditambah sambal lado hijau, dijamin sangat menggugah selera.

Menikmati sajian kuliner tersebut disertai nasi dan sayur akan membuat anda semakin betah di Pantai Sasak. Terlebih lagi jika sambil duduk di bawah pohon dan menikmati hembusan angin sepoi-sepoi, wah pasti benar-benar memberikan perasaan senang yang tak terkira..

Masih, ada lagi nih kuliner yang tidak kalah lezat lainnya yaitu gula sabo-sabo. Kuliner ini juga jarang ditemukan ditempat lain. Gula sabo sabo isinya adalah berbagai jenis ikan yang sudah diolah dengan kuah santan. Rasanya pedas dan nikmat

Apabila anda datang ke pantai ini pada hari selasa maka akan lebih banyak lagi jenis kuliner yang tersedia. Kenapa? Sebab pada hari itu banyak nelayan yang pulang dari laut dan membawa berbagai jenis ikan sehingga kuliner yang bisa dicicipi semakin beragam. Contohnya seperti sup kepiting, ikan pacak dan masih banyak lagi

Lokasi Pantai Sasak

Lokasi Pantai Sasak sekitar 20 KM dari Simpang Ampek. Jarak kota padang menuju Simpang Ampek ini sekitar 200 KM, sehingga membutuhkan waktu 4-5 jam perjalanan Apabila anda telah sampai di Simpang Ampek tinggal melanjutkan perjalanan ke lokasi Pantai Sasak. Kurang lebih membutuhkan waktu 15 menit. Sayangnya, nih, angkutan umum ke pantai ini masih sangat jarang sehingga anda harus membawa kendaraan pribadi atau menyewa dari jasa rental motor maupun mobil disana

Sumber: Instagram @adeputriapriliatinajoe

Harga tiket masuk ke pantai ini sangatlah murah yaitu 3000 rupiah saja per orang. Namun harga bisa lebih mahal lagi, jika datang pada saat hari libur besar nasional

Demikialah ulasan mengenai Pantai Sasak. Jika anda penikmat wisata pantai, jangan sampai tidak singgah di pantai ini, ya. Dijamin tidak akan boring, dan lelah anda pun pasti akan hilang. Yuk, agendakan sekarang juga.

 

 

 

 

 

 

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…