OUR NETWORK

Puncak Pukatan, Destinasi Hits di Riau

Apa yang ada dibenakmu ketika pertama kali mendengar kata Riau? Saya yakin salah satunya adalah tentang kebakaran hutan dan lahan gambut. Memang tidak salah karena hampir setiap tahun di Riau selalu terjadi kebakaran hutan dan lahan gambut, yang di mana asapnya bisa mencemari lingkungan bahkan hingga ke negara tetangga Singapura dan Malaysia. Namun Riau juga tidak hanya tentang kabut asap, karena provinsi yang satu ini juga memiliki banyak keindahan alam yang tentu saja sangat menarik untuk dikunjungi saat hari libur. Mulai dari pantai, hutan belantara, air terjun, hingga perbukitan yang menawan pun bisa kamu temui di provinsi yang beribu kota di Pekanbaru tersebut.

Dari sekian banyak destinasi wisata alam yang ada di Riau, salah satu yang wajib kamu kunjungi adalah Puncak Pukatan. Bahkan seiring dengan berjalannya waktu Puncak Pukatan sering kali menjadi jujugan para muda-mudi untuk menghabiskan waktu bersama. Memang ada apa sih di Puncak Pukatan? Mari simak ulasan yang berikut ini.

Lokasi Puncak Pukatan

Sumber: Instagram@reni_nariati

Lokasi Puncak Pukatan sendiri berada di Jl. Bangkinang – Payakumbuh, Batu Bersurat, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau. Lokasinya yang berada persis di tepi jalan Lintas Riau – Sumatera Barat membuat para pengunjung bisa dengan mudah menemukan Puncak Pukatan tanpa harus takut tersesat. Dari gerbang Desa Koto Mesjid, para pengunjung hanya butuh menempuh perjalanan selama 15 menit untuk bisa sampai di puncak yang satu ini. Akan tetapi jika datang dari Pekanbaru, maka perjalanan yang dibutuhkan adalah sekitar 1 hingga 2 jam.

Sumber: Instagram @ade_juliandri

Akses menuju ke Puncak Pukatan bisa dibilang sudah sangat memadai. Sehingga kamu pun bisa dengan mudah mengunjunginya dengan menggunakan kendaraan bermotor, baik roda dua atau mungkin roda empat. Lokasinya yang berada di perbukitan membuat perjalananmu akan terasa lebih menyenangkan karena ditemani oleh pepohonan hijau yang memanjakan mata.

Hanya saja beberapa meter sebelum sampai di lokasi, para pengunjung harus melewati rute yang cukup terjal dan curam. Namun jangan khawatir, karena pihak pengelola sudah menyiapkan anak tangga yang cukup aman untuk para pengunjung. Hanya saja para pengunjung harus menyiapkan stamina yan lebih untuk mendaki bukit tersebut dengan menapaki tangga.

Daya Tarik Puncak Pukatan

Sumber: www.cakaplah.com

Puncak Pukatan adalah bukit yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter di atas permukaan laut. Dari puncak bukit para pengunjung bisa menikmati keindahan gugusan perbukitan hijau yang ada di sekitarnya sekaligus waduk PLTA Koto Panjang. Dengan banyaknya pepohonan yang rindang dan udara yang cukup sejuk, kamu dijamin akan betah untuk berlama-lama di Puncak Pukatan.

Selain bisa menikmati keindahan alam di bawahnya, di Puncak Pukatan kamu juga bisa memanfaatkan spot foto Instagramable yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola. Berfoto di Puncak Pukatan dengan latar belakang hijauanya pemandangan dan waduk Koto Panjang yang menawan akan membuat fotomu terlihat cukup mengesankan.

Sumber: Instagram@novriannur

Untuk kamu yang suka memacu adrenalin wajib mencoba ayunan nirwana, yang di mana kamu akan diayunkan dari atas ketinggian. Meskipun cukup menantang, namun pada kenyataannya ayunan nirwana cukup banyak diminati oleh para pengunjung. Bahkan akhir-akhir ini foto ayunan nirwana mulai viral di media sosial karena dianggap mirip seperti Zen Hideaway Swing di Ubud, Bali. Namun untuk para penderita penyakit jantung jangan sekali-kali mencoba wahana yang satu ini karena bisa berakibat fatal.

Harga Tiket Masuk Puncak Pukatan

Sumber: Instagram@willy.fitriani

Untuk bisa menikmati keindahan dari atas Puncak Pukatan, para pengunjung hanya dikenakan biaya masuk sebesar 5 ribu rupiah. Bagaimana, sangat murah bukan? Oh ya, biaya tiket masuk tersebut sudah termasuk wahana ayunan nirwana. Jadi kamu tidak perlu membayar lagi untuk mencoba ayunan tersebut.

Bagaimana, apakah kamu tertarik berkunjung ke Puncak Pukatan? Dari pada hanya menghabiskan hari libur dengan bersantai di rumah, tidak ada salahnya kamu sesekali mencoba berkunjung ke Puncak Pukatan dan mencoba ayunan nirwana yang sedang viral tersebut. Dijamin liburanmu akan terasa sangat berkesan, terlebih jika datang bersama pasangan tercinta.

Comments

Loading...