in

Rekomendasi Wisata di Bali Barat Yang Harus Kamu Datangi!

Sumber Gambar: Google Maps @Menjangan Dynasty Resort, Beach Glamping and Dive Centrer
Berkunjung ke Bali namun bosan bila mendatangi destinasi wisata yang itu-itu saja? Hal ini wajar terjadi apalagi bila kamu adalah orang yang sering datang ke Bali untuk berliburan. Sebenarnya Bali tak cuma itu-itu saja kok, banyak sekali destinasi wisata lainnya yang pantas untuk kamu datangi bila kamu mau eksplor lebih dalam lagi. Ketika liburan di Bali baiknya kamu mencoba untuk berkunjung ke wilayah Bali Barat yang menyimpan segudang destinasi wisata menarik sehingga kamu bisa mendapat pengalaman baru.
Wilayah Bali Barat itu sendiri meliputi Buleleng, Jembrana, Tabanan, dan Badung sehingga untuk bisa wara-wiri ke daerah tersebut kamu cukup menggunakan mobil atau motor agar lebih fleksibel. Bila kamu memulai perjalanan ke wilayah Bali Barat dari Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai maka waktu yang ditempuh yakni selama 3,5 jam atau sejauh 131 kilometer dan sebaiknya kamu memilih penginapan di wilayah yang masuk bagian Bali Barat saja agar mempermudah liburan kamu kali ini.
Yuk simak ulasan tentang rekomendasi wisata di Bali Barat berikut ini!

1. Taman Nasional Bali Barat

Sumber Gambar: Google Maps @Oyi Kresnamurti
Taman dengan luas 19.000 hektare ini adalah sebuah tempat yang ditujukan untuk perlindungan populasi burung jalak bali dan ekosistem lainnya seperti ekosistem mangrove, terumbu karang, hutan pantai hingga pegunungan. Selain itu, taman ini digunakan untuk pengawetan keragaman flora fauna, sebagai laboratorium lapangan hingga menjadi objek wisata yang dimana di dalamnya ada Selama 160 spesies hewan dan tumbuhan yang dilindungi mulai dari rusa, kalong dan endemik Bali yaitu burung Jalak Bali.
Sumber Gambar: Google Maps @Ron Summerwood
Di dalam taman ini ada juga spot-spot wisata lain seperti Pulau Menjangan yang di dalamnya terdapat kawanan rusa yang dilindungi oleh pemerintah setempat, Pantai Karang Sewu dengan hutan mangrovenya yang membuat udara disana terasa sejuk, Teluk Brumbun sebagai tempat para kawanan burung Jalak Bali dan Pura Dhang Kahyangan Prapat Agung dengan keunikannya yaitu terdapat telaga warna di dalamnya.

2. Bendungan Palasari

Sumber Gambar: Google Maps @Kelvin Pratama
Bendungan Palasari adalah bendungan terbesar di Bali yang berada di Jl. Taman Wana, Jembrana. Disini kamu akan melihat pemandangan waduk besar dan hutan lindung disekelilingnya, selain itu kamu bisa mencoba aktivitas lain misalnya menyewa sampan untuk mengelilingi bendungan. Di sore hari kamu bisa jogging di area sekitar bendungan sambil melihat keindahan alam Jembrana yang tak kalah cantik dari wisata lain di Bali.

3. Pura Bukit Batu Kursi

Sumber Gambar: Google Maps @kristina komalasari
Berbeda dari wisata lainnya yang mengusung wisata alam, kali ini cobalah untuk berkunjung ke wisata religi di Bali Barat misalnya ke Pura Bukit Batu Kursi. Pura ini unik karena berada di ketinggian 800 MDPL tepatnya di puncak Bukit Batu Kursi sehingga untuk mencapainya kamu harus berjalan kaki menaiki ratusan anak tangga. Setibanya di pura, dari atas sana kamu pun dapat melihat pemandangan Desa Pemuteran sekaligus pemandangan laut yang cantik. Jangan lupa untuk memakai pakaian sesopan mungkin karena kali ini kamu akan berwisata ke pura yang dimana tempat ini adalah tempat ibadah umat Hindu dan disakralkan.

4. Banyuwedang Hotspring

Sumber Gambar: bali-travelnews.com
Setelah lelah berjalan-jalan mungkin kamu butuh ketenangan dan kesegaran kembali agar siap melanjutkan liburan esok hari maka kali ini kamu bisa coba berendam di Banyuwedang Hotspring. Disini kamu bisa berendam atau berenang di kolam air hangat yang ukuran cukup besar, hotspring ini buka setiap hari mulai dari pukul 7 pagi sampai 6 sore dan untuk tiketnya sebesar Rp 10.000 untuk wisatawan domestik.

5. Pantai Medewi

Sumber Gambar: Google Maps @Iolanda Perich Romero
Berkunjung ke Bali tapi tak datang ke pantainya nampaknya seperti ada yang kurang, maka kali ini kamu bisa berkunjung ke Pantai Medewi di Medewi, Jembrana. Pantai ini memiliki ombak yang tinggi dan besar sehingga cocok untuk kamu yang suka olahraga air seperti surfing serta cocok untuk kamu yang ingin berjemur karena cuaca di sekitar pantai sangat terik. Keadaan di pantai ini bisa dibilang sepi sehingga pas banget untuk kamu yang ingin self healing dengan duduk santai ditepi pantai yang memiliki hamparan pasir kecoklatan ini.

6. Glamping Menjangan Dynasty Resort

Sumber Gambar: Google Maps @Hotelbeds
Buat kamu yang belum pernah mencoba menginap dengan suasana camping maka di Glamping Menjangan Dynasty Resort inilah kamu harus mencobanya. Penginapan yang berdiri di lahan seluas 16 hektare ini mengusung konsep glamping (glamourous camping) seperti berkemah ala safari dan menyatu dengan alam namun tetap mewah. Glamping ini berlokasi di Teluk Banyuwedang, kamu bisa memesan kamar dari penginapan ini secara online ataupun on the spot namun agar meminimalisir kemungkinan kamar penuh maka sebaiknya memesan jauh-jauh hari ya!

7. Menyantap Jaje Bendu

Sumber Gambar: Wikipedia
Sedikit menyelip, kali ini rekomendasi wisata kuliner Bali Barat hadir untuk kamu yaitu Jaje Bendu. Makanan ini adalah khas dari Bali Barat tepatnya Jembrana yang merupakan olahan berbahan dasar tepung ketan sebagai bagian kulitnya lalu isian dalamnya adalah parutan kelapa dan gula aren yang dicampur lalu dibungkus daun pisang, biasanya makanan ini cocok disajikan sambil meminum teh atau kopi panas. Jaje Bendu dapat kamu temukan di pasar tradisional yang terletak di Jembrana misalnya di Pasar Yehembang.
Nah itulah beberapa destinasi wisata termasuk wisata kuliner serta pengalaman menginap yang asik di Bali Barat, kamu bisa mengatur waktumu selama seharian penuh untuk mencoba ke 7 rekomendasi wisata diatas ya!
Happy Holiday!

Geomedia - JFK 2022