OUR NETWORK

Riam Dait, Pesona Indah di Kabupaten Landak yang Tak Tergantikan

Sumber Gambar: suaralandak.co.id

Bagi kamu yang menyukai pesona alam. Tidak ada salahnya berkunjung ke Kabupaten Landak. Karena, disini kamu bisa melihat keindahan alamnya yang tidak tanggung-tanggung. Kurang lebih kamu bisa melihat 1000 air terjun terhampar luas di kawasan ini. Salah satunya adalah Riam Dait.

Kawasan ini memang paling unik dan menarik. Kamu bisa melihat ada tujuh tingkatan sekaligus. Seperti, tingkatan yang ada di negeri dongeng. Tidak heran bila banyak wisatawan yang berbondong-bondong pergi ke sini. Terutama, saat weekend dan liburan sekolah berlangsung.

Mengenal Riam Dait

Sumber Gambar: akurat.co

Air terjun yang mengesankan ini terbentuk dari Patahan Sungai Dait. Dimana, setiap tingkatan yang ada mempunyai tinggi yang beragam. Salah satu kesan lain yang harus kamu pertimbang mengunjungi tempat ini adalah letaknya yang berada di tengah hutan. Kamu bisa melihat berbagai jenis Flora dan Fauna yang benar-benar mengesankan.

Sumber Gambar: suaralandak.co.id

Warga sekitar lebih senang menyebutnya sebagai Air Terjun Remabu. Jika, kamu tidak menemukan Riam Dait. kamu bisa bertanya dengan nama ini. Menjadi salah satu kawasan wisata yang mengagumkan di daerah Perbatasan antara Kalimantan dan Malaysia. Sebelum pergi menjelajahinya tidak ada salahnya bila kamu berolahraga terlebih dahulu serta mengatur nafas dengan baik.

Cara Menuju ke Riam Dait

Sumber Gambar: Instagram @muhammad_yusuf_151294

Objek wisata ini terletak di Desa sekendal, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Bisa dikatakan, menuju ke objek wisata ini memang tidak mudah. Butuh waktu panjang minimal 7 jam sampai 9 jam untuk bisa mencapainya. Pertama, masuklah dari Kota Pontianak melalui Bandara Supadio.

Atau kamu juga bisa naik kapal menuju ke pelabuhan. Kemudian, masuklah terlebih dahulu di Kabupaten Landak. Carilah penginapan agar kamu besok pagi bisa menjelajah Riam Dait dengan kekuatan penuh. Carilah yang dekat dengan Riam. Karena, bisa menghemat waktu dan tenaga kamu.

Perjalanan dari Pontianak menuju ke Riam Dait memerlukan waktu kurang lebih 7 jam perjalanan. Waktu yang lama, karena jalanan yang harus kamu tempuh adalah jalanan berkelok dan beliku. Jadi, disarankan untuk selalu waspada dan hati-hati.

Untuk perizinan kamu bisa mengurus ke kelurahan desa setempat. Waktu yang dibutuhkan untuk menjelajahnya hampir 8 jam perjalanan. Jadi, lebih baik sampai di titik awal pukul 5 pagi atau paling siang pukul 7 pagi. kamu bisa membawa tenda dan camping atau melakukan perjalanan tik-tok. Untuk keselamatan, kamu akan ditemani dengan seorang warga sebagai pemandu.

Keindahan Riam Dait

Sumber Gambar: Instagram @Rahayu Travel

Salah satu keindahan Riam Dait yang tidak akan pernah luntur adalah kawasan tingkat pertama atau yang paling atas. Dimana, kamu bisa melihat pesona pepohonan yang menjulang tinggi. Pemandangannya memang di luar nalar. dengan adanya air yang melimpah untuk kamu berenang.

Bila ingin sesuatu yang lebih menantang. Cobalah naik sampai tingkat paling atas. Tetapi, di setiap tingkatan kamu harus melampaui ujian yang sangat berat. Mulai dari medan yang tidak akan pernah mudah. Semakin, naik kamu juga harus menanjak keatas dengan sudut kemiringan yang bisa mencapai 70 derajat.

Sumber Gambar: indonesiakaya.com

Selain itu, treknya juga sedikit licin. Apalagi, kalau turun hujan, jalanan akan sangat liicin yang membuat kondisi menjadi berbahaya bila tidak hati-hati. Jangan lupa untuk bawa bekal minuman sendiri dari rumah ya. Karena, sepanjang perjalanan kamu tidak akan menemukan satu pun warung.

Selain minum, kantong sampah juga penting untuk membuang semua sampah yang sudah kamu produksi. Karena, semakin banyak sampah tempat ini akan semakin ditinggalkan oleh banyak orang. Bila ingin berenag, siapkan baju ganti. Ingat fasilitasnya belum memadai, jadi kamu bisa melakukannya di hutan.

Sumber Gambar: rentalmobilpontianak.info

Hal uni lain yang membuatmu tak sabar ingin kesini adalah hadirnya pasir putih yang mirip di pantai. Sebuah keanehan yang sayang untuk dilewatkan sebenarnya. Menariknya, pasir pantainya ini asli lho. Jangan lupa kamu akan ditarik 10 ribu rupiah untuk tiket masuknya.

Kesimpulan

Riam Dait menjadi salah satu air terjun yang menyenangkan. Dimana, kamu bisa melihat pesonanya dari bawah hingga ke atas. Walaupun, kamu harus berjuang sekuat tenaga. Namun, keindahan tidak bisa diraih dengan sebuah kemudahan bukan? Jadi, sudah siap menjelajah Riam Dait?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…