in

Sejuknya Berwisata di Curug Burung Gendang – Bengkulu

Saat weekend atau musim libur telah tiba, menyambangi berbagai objek wisata yang indah dan menarik tentu saja adalah pilihan yang tepat untuk melepaskan penat. Biasanya para wisatawan lebih banyak memilih daerah-daerah yang menawarkan pemandangan alam karena memang untuk apa berlibur ke luar kota namun tetap sama saja dikerumuni oleh gedung-gedung dan kemacetan.

Nah, bagi anda masyarakat Kota Bengkulu, apabila mau mampir ke pinggiran kota maka dapat menikmati keindahan alam menakjubkan dari Curug Burung Gendang. Curug ini berada di Desa Sukamerindu, Kecamatan Kepahiang. Curug Burung Gendang adalah obyek wisata satu jalur dengan Curug Embun yang lokasinya berada di Desa Tapak Gedung Kecamatan Tebat Karai

Jika anda ingin tahu lebih banyak tentang objek wisata yang satu ini, berikut kami sudah rangkum berbagai informasi menarik tentang Curug Burung Gendang.

Cara ke Lokasi Curug Burung Gendang

Nah untuk mengunjungi lokasi Curug Burung Gendang, anda tidak bisa sepenuhnya dapat menggunakan kendaraan bermotor. Kenapa? Karena saat tiba di Desa Sukamerindu akses jalan untuk kendaraan beroda dua tersebut sama sekali tidak memadai. Jadi, hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki saja. Jangan khawatir, jaraknya tidak terlalu jauh sekitar 3 sampai 4 kilometer saja dari Kota Kepahiang atau sekitar 550 meter dari Desa Sukamerindu.

Melewati jarak tersebut pun akan semakin terasa singkat dan tidak membosankan, sebab pemandangan sawah yang luas siap menemani anda selama perjalanan untuk memberi suasana nyaman hingga sampai ke Curug Burung Gendang. Anda bahkan bisa sesekali berfoto bersama panorama tersebut, atau meneguk minuman segar untuk memulihkan tenaga.

Saat anda tiba di jalan yang mulai menurun, maka berhati-hatilah. Jalanan tersebut biasanya cukup licin apabila setelah diguyur hujan deras. Kami sarankan untuk mengunjungi Curug Burung Gendang ketika cuaca sedang cerah saja.

Asal Muasal

Apakah anda penasaran kenapa curug ini dinamakan Curug Burung Gendang. Ternyata pemberian nama tersebut juga bukan tanpa alasan loh, sebab memiliki makna tersendiri bagi masyarakat setempat dulunya.

Menurut cerita masyarakat disana, nama Curug Burung Gendang diambil berdasarkan sebuah legenda populer. Dimana ada seorang warga yang untuk pertama kalinya menemukan sesosok makhluk aneh saat dia menyelam ke dasar air sungai. Rupa makhluk aneh tersebut memiliki kepala seperti burung dan berbulu seperti landak. Dari temuan warga itulah, curug ini pun akhirnya lebih akrab dinamakan Curug Burung Gendang.

Sst … konon sosok makhluk tersebut masih acap kali menampakkan diri pada beberapa warga setempat di malam hari. Kendati demikian anda tidak perlu takut, selama anda menjaga perilaku dan tutur kata maka tidak akan terjadi apa-apa.

Pesona Curug Burung Gendang

Sumber Gambar: kupasbengkulu.com

Curug Burung Gendang memiliki ketinggian sekitar 2 meter saja. Udara di Curug Gendang sangatlah sejuk. Suasana akan terasa lebih tentram dan menyenangkan lagi ketika anda menikmati bekal sajian yang dibawa sembari mendengarkan suara merdu dari gemericik air Curug Gendang.

Walaupun air terjun di Curug Gendang tidak sebesar dan setinggi Curug Embun, namun keindahannya tetap sangat menarik. Disamping itu Curug Burung Gendang memiliki nilai historis tersendiri pada saat mengusir penjajah Belanda dulu dari negara kita. Dibalik air terjun tersebut bisa mendapati lubang tempat persembunyian para pejuang jaman dulu.

Curug ini juga memiliki kolam yang cukup besar dengan kedalaman sedang. Hal tersebut sangat memungkinkan para wisatawan untuk menceburkan diri ke dalamnya baik hanya untuk sekedar berendam atau pun berenang ke sana kemari. Dijamin segar banget, deh! Tidak hanya itu, asyiknya lagi anda juga bisa menyusuri sungai dibagian atas air terjunnya loh.

Nah, itulah perjalanan seru dan penuh tantangan jika anda ingin mengunjungi Curug Burung Gendang di Kepahiang. Yuk, melepas penat di curug yang menyegarkan ini. Langsung saja agendakan bersama teman-teman atau keluarga anda ya.

Akhir kata semoga bermanfaat dan sampai bertemu lagi pada pembahasan tempat wisata menarik lainnya. Apabila anda ingin tahu lebih banyak tentang berbagai obyek wisata kece lainnya di Bengkulu atau daerah lainnya di Indonesia, jelajahi saja Wisato.id. Dijamin anda akan menemukan banyak referensi bagus yang siap membuat liburan impian menjadi seru dan menyenangkan.