in

Sensasi Berkemah Di Curug Cibulao

Sumber Gambar: Google Maps @Bogelo Iskandar

Kota Bogor memang memiliki wisata alam yang tidak hanya menyenangkan akan tetapi juga sangat indah dan air terjun merupakan salah satu dari sekian banyak wisata alam menarik yang dapat kalian temukan di Kota Bogor ini. Air terjun sendiri disebut dengan Curug di Kota Bogor yang merupakan bahasa Sunda yang artinya adalah air terjun, selain indah kalian juga bisa berkemah di banyak Curug yang ada di Kota Bogor.

Dan salah satu Curug yang cukup populer dan begitu digemari tidak hanya oleh warga lokal akan tetapi juga wisatawan dari luar Kota Bogor adalah Curug Cibulao yang terkenal dengan kolam alaminya yang berwarna sangat biru. Air dari kolam alami ini berwarna biru karena kedalaman kolamnya yang cukup dalam sehingga bagi siapapun yang ingin berenang di kolam ini harus selalu menggunakan jaket pelampung.

Sumber Gambar: Google Maps @hendra tutuy

Curug Cibulao ini sendiri memiliki dua tingkatan Curug dan memiliki dua kolam penampungan alami walaupun ketinggian dari curug ini tidak seberapa akan tetapi air yang dialirkannya sangat jernih juga bersih. Jadi buat kalian yang sedang berada di Kota Bogor sepertinya bisa mempertimbangkan untuk menghabiskan waktu kalian di lokasi yang cukup populer ini.

Lokasi Dan Alamat Curug Cibulao

Buat kalian yang memang mencari sebuah wisata alam berupa air terjun di Kota Bogor dapat langsung menuju ke lokasi dari Curug Cibulao ini yang beralamat di Desa Megamendung, Kecamatan Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Rute menuju Curug Cibulao cukup mudah dengan mengarahkan kendaraan kalian untuk menuju ke arah Puncak kalian bisa melalui jalur tol Jagorawi ataupun via Curug Panjang.

Dari Jalan Raya Puncak kalian bisa mengambil ke arah kiri untuk menuju ke arah Desa Cilember kemudian belok kiri kembali untuk menuju ke Jalan Pesantren yang sudah bisa kalian akses dengan cukup mudah. Mendekati area Curug Cibulao jalurnya semakin menanjak dengan sisi kanan jalan berupa jurang sepanjang perjalanan kalian dapat melihat indahnya pemandangan dari ketinggian.

Kalian harus berhati-hati ketika mengemudikan kendaraan kalian ketika menuju ke lokasi karena kalian akan menemukan beberapa tikungan yang tajam dengan kondisi jalan yang berlubang. Kalian sudah menemukan lokasi parkir dari Curug Cibulao ketika kalian melihat banyak kendaraan yang terparkir rapi di pinggir jalan dan kalian bisa memulai untuk memarkir kendaraan kalian.

Sumber Gambar: Google Maps @Sapta Kurnia Putra

Setelah kalian memarkirkan kendaraan milik kalian, kalian harus melanjutkan perjalanan kalian dengan berjalan kaki menapaki jalan setapak dengan kondisi jalan berupa batuan yang sudah dipadatkan sekitar 400 meter jauhnya. Jalurnya cukup datar, hanya sesekali saja kalian akan melihat jalur yang menurun curam ketika kalian semakin mendekati area curug kalian harus menuruni beberapa anak tangga hingga kalian sampai di loket masuk Curug Cibulao.

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas kalau kolam alami dari Curug Cibulao ini sangat dalam jadi kalian harus menyewa jaket pelampung untuk keselamatan diri kalian ketika kalian sedang melakukan aktivitas di kolam alami Curug Cibulao ini.

Fasilitas

Sumber : Google Maps @ Ceng Chiang

Fasilitas yang akan kalian temukan di sini sendiri sudah sangat lengkap sehingga kalian bisa memaksimalkan waktu kalian selama di Curug Cibulao ini untuk melakukan kegiatan – kegiatan yang menyenangkan. Kalian akan menemukan fasilitas – fasilitas seperti :

  • Area parkir motor untuk memarkir kendaraan kalian tentunya
  • Camping ground untuk kalian yang ingin menghabiskan malam kalian di sini atau bagi kalian yang merasa satu hari saja tidak cukup
  • Mushola untuk teman – teman yang beragama Islam menunaikan ibadahnya
    Area spot foto
  • Warung makanan dan minuman untuk melepaskan lapar dan dahaga kalian
  • Penyewaan pelampung
  • Ruang ganti dan ruang bilas buat kalian yang baru saja kembali dari kolam dan ingin membersihkan diri
Sumber Gambar: Google Maps @Budi Santoso

Dengan fasilitas yang lengkap seperti ini tentu saja kalian tentu dapat melakukan aktivitas menyenangkan dengan lebih tenang karena kalian menemukan banyak fasilitas pendukung yang akan memudahkan kalian selama beraktivitas. Lokasi wisata ini sendiri sangat cocok buat kalian yang senang dengan wisata alam seperti air terjun dan juga berkemah karena kalian bisa berkemah bersama dengan teman – teman kalian di lokasi yang sudah disediakan.

Jadi bagi kalian yang sedang berada di Kota Bogor mengunjungi Curug Cibulao ini merupakan salah satu pilihan yang cukup tepat.

Geomedia - JFK 2022