OUR NETWORK

Surga Tersembunyi Gua Ngalau Pangian Dengan Sumber Mata Air Di Mulut Gua

Sumber Gambar: Google Maps @Ronal Kotga

Gua Ngalau Pangian adalah destinasi wisata alam gua / caving yang mempunyai karakter unik. Karena keunikan tersebut yang menjadikan destinasi wisata alam tersebut menjadi istimewa. Sayangnya kondisi dari destinasi wisata tersebut tidak begitu ramai. Padahal rute jalan menuju ke lokasi cukup mudah dan strategi serta pesona alamnya yang masih sangat murni.

Lokasi Gua Ngalau Pangian Lintau Buo Sumatera Barat

Destinasi wisata alam murni ini terletak di Ds Pangian, Lintau Buo, Tanah Datar, Sumatera Barat. Letak dari lokasi wisata memang tidak terletak di pusat kota / pusat keramaian. Tetapi rute arah menuju ke lokasi tersebut cukup mudah. Akses jalan menuju ke destinasi wisata tersebut dapat dilalui dengan menyelusuri sepanjang jalur trans Sumatera HWY.

Waktu yang dibutuhkan dari arah jalur trans Sumatera HWY dengan Gua Ngalau Pangian cukup dekat. Perjalanannya hanya ditempuh selama ±30 menit. Namun jika telah hafal dengan rute, mungkin waktu perjalanan dapat lebih singkat.

Sedangkan untuk destinasi penerbangan terdekat adalah Minangkabau International Airport. Lokasi dari bandara berada di Katapiang, Batang Anai, Padang Pariaman, Sumatera Barat. Lokasi dari bandara tersebut cukup jauh dari destinasi wisata tersebut, bahkan perjalanan dapat mencapai ±3 – 4 jam.

Rute Menuju Ke Lokasi Gua Ngalau Pangian

Untuk rute lokasi menuju ke destinasi wisata alam Gua Ngalau Pangian terdapat 2 buah pilihan, yaitu melalui jalur trans Sumatera HWY dan melalui jalan biasa. Lamanya waktu perjalanan yang dibutuhkan pun juga hampir sama. Meskipun jarak tempuh yang melalui trans Sumatera HWY lebih jauh. Tetapi jika melewati jalur tersebut cukup aman dan sangat minim kemacetan. Selain itu jauh lebih mudah.

Sedangkan untuk jalur non trans Sumatera HWY, memang mempunyai jarak tempuh yang lebih dekat. Namun hal tersebut tidak dapat menjamin lancarnya kondisi jalan. Terutama ketika berada di lampu lalu lintas, perbaikan jalan, dan masih banyak lagi kendala ketika memilih jalur non trans Sumatera HWY.

Rute arah jalan dengan trans Sumatera HWY, dapat dimulai dari bandara internasional Minangkabau. Dari bandara tersebut ambil jalur trans Sumatera HWY yang menuju ke arah utara. Setelah sampai di Bukittinggi, akan menemukan pertigaan di jalur tersebut. Lalu ambil jalur yang menuju ke arah selatan / belok kanan, tepatnya menuju ke daerah Batu Sangkar – Sawah Lunto.

Ikuti saja jalur tersebut hingga sampai di persimpangan tugu Sitangkai. Ketika berada di persimpangan tersebut, keluar dari jalur Trans Sumatera HWY dan menuju ke arah jln Pangian.

Pada jalur jln Pangian, akan menjumpai sebuah pertigaan dimana pada pertigaan tersebut berbentuk segitiga. Tepatnya setelah lokasi Toko Mira. Lalu masuk ke dalam arah persimpangan tersebut. Kemudian pada persimpangan selanjutnya, ambil arah menuju ke utara. Telusurilah jalan tersebut hingga ke lokasi destinasi wisata Gua Ngalau Pangian.

Bagi yang hendak memilih jalur non trans Sumatera HWY, sebaiknya gunakan petunjuk arah dari Google map. Sehingga dapat mencapai destinasi dengan jalur tercepat. Namun perlu diwaspadai bahwa jalur pilihan google map tidak selalu merupakan jalan dengan kondisi layak. Terkadang jalur dari Google map pun merupakan jalan yang rusak / belum diaspal / beton / jalan perkampungan.

Pesona Gua Ngalau Pangian Sumatera Barat

Sumber Gambar: Google Maps @Ronal Kotga

Destinasi wisata ini mempunyai pesona yang cukup istimewa. Pesona tersebut sangat potensial dan dapat membuat Gua Ngalau Pangian menjadi salah satu destinasi wisata alam yang patut untuk dieksplorasi.

Untuk pesona alam yang utama adalah kondisi gua itu sendiri. Gua ini memang merupakan gua uang biasa. Dengan berbagai macam hiasan stalagmite dan stalactites. Hiasan tersebut membuat kesan gua menjadi megah dan besar. Dengan ukuran gua yang besar, membuat kondisi dari Gua Ngalau Pangian seperti khas kehidupan purbakala. Dilengkapi dengan batu – batuan raksasa yang masih utuh, menjadikan suasana gua sangat khas dengan kehidupan liar pada masa prasejarah.

Sumber Gambar: sumbar.travel

Di mulut gua mengalirkan sumber mata air. Hal tersebut membuat tanah dasar gua dipenuhi dengan air. Hal inilah yang membuat Gua Ngalau Pangian ini cukup istimewa. Dengan dipenuhi air pada tanah dasar, membuat pengunjung pun harus menyelusuri aliran air gua supaya dapat mengeksplorasi gua lebih dalam.

Kondisi dari air tersebut sangat jernih. Sehingga sangat memungkinkan untuk digunakan berenang. Aktivitas tersebut pun menjadi aktivitas favorit bagi sebagian besar pengunjung, terutama untuk anak – anak.

Pengunjung yang hendak berenang, sangat tidak diperkenankan berenang di area gua. Namun di destinasi wisata tersebut telah disediakan sebuah kolam alami khusus untuk pemandian umum. Di kolam tersebutlah untuk melakukan berbagai macam aktivitas air. Sumber mata air kolam berasal dari mata air Gua Ngalau Pangian.

Sumber Gambar: Google Maps @teqi ghan

Selain kondisi gua yang berair, pesona dari destinasi wisata alam Gua Ngalau Pangian terletak pada kondisi alam sekitar yang masih sangat murni. Hal tersebut terlihat dengan jelas jajaran tamanan yang tumbuh bebas di area tersebut. Jajaran tamanan tersebut juga merupakan jenis tanaman ynag biasa dijumpai di hutan liar.

Dengan adanya sumber mata air dan jajaran tamanan layaknya hutan membuat kondisi cuaca di lokasi sangat sejuk. Udaranya pun juga sangat segar. Sehingga suasana terasa sangat natural dan murni.

Sementara di dalam gua sendiri digunakan sebagai habitat dari hewan liar. Hewan tersebut adalah kelelawar dan. Dengan adanya habitat kelelawar dan juga walet, pengunjung pun sangat diharapkan untuk berhati – hati dan tidak mengusik keberadaan kedua hewan liar tersebut, walet dan kelelawar.

Sumber Gambar: Google Maps @khohinor ko

Lalu di wilayah destinasi wisata Gua Ngalau Pangian terdapat tebing yang sebenarnya dapat dijadikan area salah olahraga ekstream, yaitu panjat tebing / rock climbing. Menurut ahli panjat tebing, jalur tersebut sangat mendukung untuk aktivitas panjat tebing.

Sayangnya tingkat kesulitan area rock climbing sangat tinggi. Jalur panjat tebing mempunyai kemiringan yang bermacam – macam dari sudut 90 hingga lebih dari 180 derajat. Sedangkan tingkat kesulitannya mencapai 5,10 grid.

Oleh karena itu kegiatan rock climbing / panjat tebing hanya diperbolehkan bagi atlet rock climbing professional. Selain itu sangat tidak disarankan bagi yang hanya sekedar mencoba untuk panjat tebing maupun hanya sekedar berlatih. Sebab tidak ada sarana yang sangat memadai dan aman. Selain itu di Gua Ngalau Pangian juga tidak menyediakan guide untuk rock climbing.

Sumber Gambar: infosumbar.net

Dari pesona Gua Ngalau Pangian tersebut, sangat jelas bahwa destinasi wisata tersebut mempunyai pesona yang cukup eksotis. Namun belum ada yang banyak pengunjung yang berminat untuk mengeksplorasi pesona dari destinasi wisata alam tersebut.

Jadi kondisi dari wisata gua cukup terasa sepi. Sebagian besar pengunjung merupakan penduduk sekitar dan jarang dijumpai penduduk dari luar daerah. Hal tersebut seakan membuat Gua Ngalau Pangian menjadi surga tersembunyi di Sumatera Barat.

Tetapi dengan kondisi yang masih sepi, membuat setiap pengunjung pun sangat leluasa melakukan berbagai macam aktivitas. Tanpa merasa canggung dengan keberadaan pengunjung lainnya.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…