OUR NETWORK

Tak Hanya Lembah Harau, Ini 10 Destinasi Wisata Terbaik di Lima Puluh Kota

Jika menyebut kata Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, pasti kamu tak akan lepas dari yang namanya Lembah Harau. Karena memang lokasi wisata ini sangat cantik, dan bisa dibilang sebagai lembah terindah di Indonesia. Akan tetapi Lima Puluh Kota masih menyimpan banyak destinasi wisata yang mengagumkan, dan berikut ini adalah 10 destinasi wisata terbaik di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Air Terjun Lubuk Batang

Sumber: Instagram @trinopetra

Berdasarkan letak secara administratif, Air Terjun Lubuk Batang berlokasi di Jorong Koto Bangun, Kapur IX, Kabupaten Lima Puluh Kota. Lokasi air terjun ini cukup tersembunyi, dan kamu harus trekking selama kurang lebih 2 jam untuk bisa menuju ke Air Terjun Lubuk Batang. Akan tetapi sampai di sana kamu akan disuguhkan pemandangan air terjun unik, yang diapit oleh dua tebing kokoh dan terdapat pasir di tengah-tengah lokasi air terjun.

Air Terjun Sarasah Barosok

Sumber: Instagram @tomii_fernando

Masih dengan air terjun, kali ini Air Terjun Sarasah Barosok yang berlokasi di Maek, Kecamatan Bukik Barisan, Kabupaten Lima Puluh Kota. Air terjun ini memiliki aliran air yang cukup deras, sehingga tak memungkinkanmu untuk bermain air tepat di bawahnya. Namun jangan khawatir, air terjun ini memiliki pemandangan indah yang akan mampu memuaskanmu.

Bukit Batu Manda

Sumber: Instagram @ardiesensei

Masih ingin yang segar-segar? Nah, kali ini kamu bisa berkunjung ke Bukiit Batu Manda. Dari atas bukit, kamu bisa melihat pemandangan sekitar yang mayoritas dihiasi oleh hamparan sawah hijau dan juga pegunungan. Dengan adanya formasi batuan di atas bukit, tempat ini semakin terlihat Instagramable. Jadi gak heran, kalau banyak kalangan muda-mudi yang menghabiskan waktu di sini.

Kapalo Bunda

Sumber: Jalanwisata

Pada awalnya, Kapalo Bunda ini adalah saluran irigasi. Akan tetapi setelah adanya pembangunan, Kapalo Bunda kemudian menjadi salah satu destinasi wisata alam yang cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tempat ini menyuguhkan air jernih yang segar, ditemani oleh pemandangan hijau dan juga perbukitan.

Kelok Sembilan

Sumber: Instagram @hullgates

Dinamakan demikian, karena menurut informasi jalanan ini membentuk kelok sebanyak 9 kali. Kelok sembilan akan terlihat semakin indah ketika di malam hari, di mana lampu penerangan jalan dan lampu dari kendaraan bermotor akan semakin mempercantik tempat ini. Semakin populernya jalan ini membuat banyak para pegadang makanan yang mulai memenuhi sebagian bahu jalan untuk menjajakan dagangannya.

Lembah Harau

Sumber: Instagram @rickyfernando7877
Sumber: Instagram @rsrzq

Nah, ini dia destinasi wisata populer di Lima Puluh Kota, yakni Lembah Harau. Lembah Harau sendiri berlokasi di Nagari Harau, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota. Dijamin kamu tak akan menyesal berkunjung ke tempat ini, perpaduan antara lembah, perbukitan, hamparan sawah yang hijau, dan air terjun akan memberikan ketenangan tersendiri bagi setiap para pengunjung. Saking indahnya, Lembah Harau sempat masuk dalam film web series berjudul ‘Goresan Jejak’.

Ngalau Indah

Sumber: Indonesiakaya

Selain Lembah Harau, Ngalau Indah adalah destinasi wisata terkenal lainnya. Destinasi wisata ini semakin terkenal karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Payakumbuh. Ngalau Indah sendiri adalah goa alam yang memiliki stalaktit dan stalagmit yang menjuntai indah. Goa ini akan terlihat semakin menawan ketika cuaca sedang cerah, karena sinar matahari yang masuk akan membuatnya seperti cahaya surga.

Panorama Selat Malaka

Sumber: Jalanwisata

Jika kamu berkunjung ke Kelok Sembilan, tak ada salahnya kamu mampir ke Panorama Selat Malaka. Selain lokasinya yang cukup berdekatan, Panorama Selat Malaka juga memiliki pemandangan yang mengagumkan. Ketika pagi hari, kamu bisa melihat embun yang menyelimuti kawasan di sekitarnya, yang akan membuatmu seperti berada di negeri atas awan.

Pantai Lonta

Sumber: Instagram @trinopetra

Selanjutnya saat kamu berwisata di Pantai. Di sana kamu juga bisa berkunjung ke Pantai Lonta, yang biasa disebut dengan pantai tak berombak, yang berlokasi di Nagari Sialang, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Lima Puluh Kota. Di bagian tepi, kamu tak akan dimanjakan oleh pasir putih halus khas pantai, melainkan ribuan batu yang seakan-akan siap untuk menyambutmu.

Pemandian Batang Tabik

Sumber: Instagram @reza_syahriza

Yang terakhir adalah Pemandian Batang Tabik. Secara sekilas, Pemandian Batang Tabik tak ubahnya seperti pemandian pada umumnya. Akan tetapi yang menjadikan pemandian ini istimewa adalah airnya yang bersumber langsung dari mata air, dan di sana kamu bisa berenang bersama ratusan ikan.

Comments

Loading...