OUR NETWORK

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Surganya Wisata di Jawa Barat

Sumber Gamabr: phinemo.com

Taman Nasional.Gunung Gede Pangrango menjadi objek wisata yang tidak boleh kamu lewatkan. Dimana, ada banyak pesona yang tersembunyi di dalamnya. Termasuk, Gunung Gede Pangrango yang sangat mengesankan. Bahkan dari sini, menjadi awal titik pendakian Gunung Pangrango atau juga Gede.

Mengenal Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Sumber Gambar: cianjurkab.go.id

Menjadi kawasan Taman Nasional pada tahun 1980. Meliputi 3 kabupaten sekaligus. Mulai dari Bogor, Cianjur dan Sukabumi yang mempunyai ketinggian kurang lebih 1000 mdpl hingga 3000 mdpl. Jangan lupa bawa jaket tebal ya, karena suhu rata-rata nya bisa mencapai 18 celcius  hingga 38 celcius.

Sumber Gambar: localguidesconnect.com

Gunung Gede Pangrango sendiri mempunyai ketinggian kurang lebih 1000 mdpl hingga 3000 mdpl. Menuju ke tempat ini bisa melalui dua jalur yaitu, Mandalawangi dan Cibodas. Keduanya mempunyai jalur yang cukup mengesankan lho. Jadi, tidak ada salahnya bila kamu ke tempat ini lagi menempuh jalur lain.

Ada banyak kawasan yang bisa kamu nikmati selama berada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Jangan lewatkan setiap tempatnya ya. Rugi bila jauh-jauh menuju ke sini, tidak menikmati semua panoramanya. Berikut, beberapa pilihan tempat yang bisa kamu kunjungi saat berada di tempat ini.

  • Air Terjun Cibeureum

Sumber Gambar: wisatacibodas.com

Air Terjun Cibeureum menjadi kawasan yang tidak boleh kamu lewatkan. Tingginya kurang lebih 50 meter. Airnya tampak jernih dan dingin, kamu bisa memanfaatkan bawah guyuran airnya untuk berenang atau juga mandi dan bermain di bawah terjunnya. Sisi menariknya di tempat ini adalah hadirnya lumut merah.

Tidak semua kawasan bisa tumbuh. Hanya di sekitar air terjun saja, lumut merah ini bisa kamu nikmati dengan jelas. Siapapun yang datang kesini, pasti akan tersanjung dengan tumbuhan endemik ini. Jadi, jangan sampai kamu lewatkan ya.

  • Telaga Biru

Sumber Gambar: detikakurat.co

Danau ini cukup mengesankan dengan warnanya yang sangat jernih, biru dan cantik. Berada di ketinggian 1575 mdpl. Luasnya kurang lebih 5 hektar. Datanglah saat sinar matahari sudah berdiri dan menyinari telaga ini. Keindahan birunya akan semakin tampak dengan suasana yang sangat romantis.

Berkemah

Sumber Gambar: travel.okezone.com

Kurang Afdol rasanya bila tidak menikmati rasanya berkemah di tempat ini. Ada dua kawasan yang berada di Kandang batu dan kandang Badak. Di tempat ini pula biasanya dijadikan sebagai kawasan observasi flora dan fauna yang berada di ketinggian 220 mdpl. Jangan lupa bawa tenda sendiri dari rumah ya.

Mendaki Gunung Gede Pangrango

Sumber Gambar: media9.co.id

Selanjutnya, yang tidak kalah menariknya adalah mendaki Gunung Gede Pangrango yang konon mempunyai 3 puncak. Keindahan akan pesona sunset dan sunrisenya memang tidak bisa dibohongi. Walaupun, menuju ke sana tidak mudah tetapi, akan sangat berkesan di hati.

Salah satu kecantikannya ditunjukan oleh Alun-Alun Suryakencana yang mempunyai luas 50 hektar. Konon katanya, tempat ini mempunyai kisah mistis yang cukup kental. Walaupun, begitu disini pula kamu bisa melihat tumbuhnya bunga-bunga edelweis yang terhampar luas.

Cara Menuju ke titik lokasi

Objek wisata ini terletak di Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Menuju ke tempat ini kamu bisa memulainya dari Stasiun Cianjur. Perjalanan kurang lebih 56 menit. Dengan waktu tempuh kurang lebih 24,7 Kilometer. Melalui jalan, Jl. Labuan – Cipanas.

Bila kamu dari jakarta menggunakan bus, bisa melalui jalur kampung rambutan – garut dengan. Selanjutnya, naik bus karunia dengan tarif 25 ribu rupiah saja. Bagi yang melewati jalur cibodas. kamu bisa naik angkot menuju ke tempat ini dengan harga 5 ribu rupiah

Daftar Harga

Berikut beberapa daftar harga yang harus kamu penuhi bila ingin menikmati Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Aktivitas Harga
Pendakian Rp 17.500 – Rp 34.000
Jasa Wisata Rp 29.000,-
Trekking Rp 17.500,-
Kemah Rp 20.500,-
Air Terjun Cibeureum Rp 18.500,-
Canopy Trail Rp 41.000,-
Air Panas Rp 18.500,-
Tiket Masuk Rp 8.000,-

 

Kesimpulan

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango menjadi tempat yang harus kamu kunjungi. Keindahannya tidak hanya tentang itu-itu saja. Apalagi, Gunung Gede Pangrango mempunyai pesona sunset nan mengesankan. Jadi, kapan kamu siap menjelajahi setiap sudutnya? Atau sekalian naik ke Gunung Gede Pangrango yang susah dilupakan. 

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…