OUR NETWORK

Keindahan Fantastis Pantai Seba di Pulau Sabu Raijua

Sumber Gambar: Instagram @shiningliv

Jika medengar tentang Pantai Seba di Sabu Raijua mungkin kebanyakan orang tidak akan mengetahui bahwa nama tersebut adalah salah satu nama daerah yang ada di Indonesia. Sabu Raijua adalah salah satu Kabupaten yang terletak di Nusa Tenggara Timur yang memang tergolong masih baru. Karena Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Kupang pada tahun 2008 lalu.

Nama Sabu Raijua sendiri merupakan gabungan dari dua pulau yang disatukan yaitu Pulau Sabu yang merupakan pulau terbesar dan Pulau Raijua. Jika ditelusuri lebih jauh, wilayah ini memiliki potensi pariwisata yang sangat hebat. Banyak sekali keindahan alam yang mebuat takjub dan tidak terasa seperti sedang di Indonesia.

Sumber Gambar: reyginawisataindonesia.blogspot.com

Salah satu potensi pariwisata di daerah Sabu Raijua adalah banyaknya pantai yang sangat indah dan eksotis. Terdapat tujuh pantai terindah di Sabu Raijua, yaitu Pantai Seba, Pantai Napae, Pantai Raimea, Pantai Bollow, Pantai Lobohede, Pantai Ege, dan yang terakhir adalah Pantai Raijua. Pantai di wilayah Sabu Raijua didominasi dengan pasir putih yang semakin menambah keindahan. Namun, terdapat salah satu pantai yang sangat asing bahkan jarang sekali dikunjungi yaitu Pantai Seba. Hal ini dapat dilihat jika anda mencari di laman google maka anda tidak akan menemukan satupun tulisan, berita, artikel dan semacamnya yang menceritakan secara khusus tentang pantai tersebut.

Lokasi Pantai Seba

Pantai Seba berada di Kota Sabu Kecamatan Sabu Barat yang merupakan kota paling ramai di Pulau Sabu Raijua. Meskipun terletak di kota yang paling ramai, ternyata keberadaan pantai tersebut sangat jarang dikunjungi. Lokasinya terletak di sekitar dermaga Pelabuhan Seba sehingga kebersihannya pasti terjamin. Untuk menuju ke lokasi ini anda bisa mengambil penerbangan menuju ke Bandara El Tari, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Kemudian transit sebentar di Kupang dan dilanjutkan dengan Penerbangan menggunakan Susi Air menuju ke Bandara Tardamu, Sabu.

Sumber Gambar: Instagram @shiningliv

Alternatif selain melalui jalur udara bisa ditempuh menggunakan transportasi laut. Berangkat dari Pelabuhan Bolog, Kupang menggunakan kapal Ferry milik ASDP sekitar 13 jam menuju Pulau Sabu. Setelah sampai di Pulau Sabu, kapal akan bersandar di Pelabuhan Kota Seba. Ini berarti anda juga telah sampai di Pantai Seba. Pantainya terletak di sekitar dermaga Pelabuhan, sehingga tidak perlu lagi menggunakan transportasi untuk menuju ke tempat tujuan.

Jika berencana ingin tinggal selama beberapa hari, Pulau Sabu Raijua juga sudah terdapat beberapa penginapan dan homestay yang bisa dipilih. Meskipun masih sedikit pilihannya namun tarifnya masih sangat terjangkau. Beberapa rumah penduduk setempat juga disewakan untuk berjaga-jaga jika kehabisan penginapan. Berikut beberapa nama hotel yang mungkin bisa dijadikan sebagai pilihan yaitu Hotel Rai Hawu, Hotel Di Seba, Hotel Dimu, dan Hotel Di Raijua.

Keistimewaan Pantai Seba sebagai Pantai Terindah

Sumber Gambar: Instagtam @albert_jata

Adanya batu-batu cantik yang ada di sepanjang Pantai Seba semakin membuat pemandangan yang ada begitu eksotis. Berada di tepi Kota Seba yang hanya berjarak 2 km, pantai ini tergolong sebagai tempat wisata yang sangat wajib untuk dikunjungi karena memiliki pasir putih yang sangat lembut. Meskipun berada di sekitar Dermaga Pelabuhan, pantai ini tetap terlihat masih alami seolah belum terjamah manusia.

Sumber Gambar: Instagram @hepi.liana

Landainya pantai dan arus yang tidak terlalu besar sangat cocok untuk kegiatan berenang. Kegiatan snorkeling dan diving juga sangat cocok karena suasananya yang tenang dan nyaman jauh dari keramaian. Bagi penikmat senja tentu saja tempat ini sangat disayangkan jika tidak dikunjungi, membayangkan hamparan laut beserta dermaga yang disinari oleh cahaya matahari berwarna jingga akan memberikan kedamaian dan keindahan yang tiada tara. Pengunjung dapat berfoto di dermaga pada saat senja dan menghasilkan hasil foto silluet dengan background matahari terbenam.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…