OUR NETWORK

Penjelajahan Seru di Sungai Ketahun

Sumber Gambar: rmolbengkulu.com

 

Indonesia merupakan sebuah negara yang dikaruniai dengan keanekaragaman kekayaan alam, baik dari laut, gunung dan lainnya. Salah satu wisata yang asik untuk dikunjungi disaat liburan bersama dengan teman dan keluarga adalah dengan melakukan wisata di sungai. Seperti yang kalian ketahui, di indonesia ada berbagai macam jenis sungai, baik sungai yang populer seperti bengawan solo maupun sungai yang hanya di ketahui oleh penduduk lokal saja. Di sini penulis akan mengenalkan salah satu pilihan wisata sungai yang dapat kalian kunjungi dan menjadi salah satu tempat yang dapat kalian kunjungi jika kalian berada atau berkunjung ke Bengkulu, nama sungai tersebut adalah Sungai Ketahun.

Mengarungi Sungai Ketahun dapat kalian lakukan dengan melintasi mulai dari Desa Talang Baru II, Kecamatan Topos dan berakhir di Desa Talang Ratu, Kecamatan Rimbo Pengadang. Sepanjang rute perjalan mengarungi sungai kalian dapat menikmati keindahan panorama alam. Ada dua hal utama yang dapat kalian lakukan yaitu yang pertama adalah mengunjungi Nangai Silai atau yang kini disebut green canyon-nya Lebong dan lintasan gua. Lintasan gua ini sebenarnya lintasan dengan pemandangan dimana pohon-pohon di puncak dinding tebing saling bertemu sehingga menutup langit. Kedua lokasi itu menjadi tempat dimana para pengunjung dapat melakukan foto bersama atau selfie.

Sumber Gambar: kompasiana.com

Kalian mungkin pernah mendengar nama Grand Canyon yang ada di Colorado Amerika Serikat, tetapi di indonesia ada sebuah tempat yang mirip dengan grand canyon yang berada di Sungai Ketahun, Desa Talang Ratu, Kabupaten Lebong. Nama Green Canyon sendiri sebenarnya merupakan pelesetan dari nama grand canyon yang berada di amerika serikat karena bagi mereka yang pernah berkunjung ke green canyon tempat itu memiliki kemiripan dengan grand canyon.

Sumber Gambar: Twitter @Lebong_Rafting

Selain Green Canyon hal kedua yang dapat kalian lakukan adalah menikmati keseruan melakukan arung jeram atau rafting di Sungai Ketahun. Bagi kalian yang menyukai petualangan dapat mencoba melakukan wisata arung jeram di sungai Ketahun. Arung jeram sendiri merupakan salah satu kegiatan olahraga ekstrim, tetapi walaupun arung jeram masuk kategori olahraga ekstrim tetapi sebenarnya olah raga ini dapat dimainkan oleh semua orang termasuk orang yang belum pernah memiliki pengalaman bermain arung jeram sekalipun selama dilakukan dengan benar dan dengan pengawasan profesional.

Sumber Gambar: kompasiana.com

Jika kalian tertarik mencoba maka kalian dapat mencoba paket layanan yang ditawarkan paket tersebut antara lain Paket Family yang memiliki harga Rp 150.000/orang dengan jarak tempuh kurang lebih 6 km pengarungan (Puguk Pedaro-Garut) dengan waktu kurang lebih 1 setengah jam, kemudian tersedia Paket Talang Ratu dengan harga Rp 225.000/orang dengan jarak kurang lebih 6 km pengarungan (Air Sulup-Ketelang) dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 30 menit, selanjutnya terdapat Paket Ketelang yang memiliki harga Rp 250.000/orang dengan jarak kurang lebih 8 km pengarungan (Talang Donok-Ketelang) dengan waktu perjalanan kurang lebih 2 jam, Paket yang tersedia selanjutnya bernama Air Sulu yang dapat kalian pilih dengan harga Rp 275.000/orang dengan jarak tempuh kurang lebih 10 km pengarungan (Air Sulup-Talang Ratu) dengan waktu perjalanan kurang lebih 2 jam 30 menit untuk mengarunginya, selanjutnya tersedia juga Paket Talang Donok dengan harga Rp 320.000/orang dengan jarak kurang lebih 14 km pengarungan (Talang Donok-Talang Ratu) dan waktu tempuh kurang lebih 3 jam perjalanan.

Sumber Gambar: rmolbengkulu.com

Selain paket yang tersedia kalian juga akan diberikan Fasilitas yang lain seperti Guide yang akan memandu kalian saat mengarungi sungai, tersedianya Peralatan Arung Jeram sehingga kalian tidak perlu repot membawa atau bahkan membeli peralatan itu sendiri jika tidak memilikinya, kalian juga akan mendapatkan sarana Transportasi Lokal yang dapat kalian gunakan untuk menuju tempat dimulainya arum jeram, selain itu kalian juga akan mendapatkan konsumsi satu kali jadi kalian tidak perlu membawa banyak bekal kecuali jika kalian merasa kurang, bagi yang merasa khawatir jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kalian tidak perlu khawatir karena selama kalian mematuhi pemimpin saat bermain kalian akan aman tetapi jika memang terjadi sesuatu maka Rescue Team akan segera bertindak, selain itu kalian juga akan mendapatkan Asuransi dan Dokumentasi mengenai petualangan kalian saat mengarungi sungai.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…