OUR NETWORK

Taman Nasional Kerinci Seblat, Warisan Alam Ibu Pertiwi

Sumber: travel.tribunnews.com

Indonesia memang tak diragukan lagi dalam hal pariwisatanya. Keindahan alam dititipkan oleh Yang Maha Esa kepada Indonesia untuk dijaga serta dilestarikan. Dari sekian banyak wisata di Indonesia salah satu yang menjadi perbincangan adalah Taman Nasional. Indonesia sebagai negara yang juga kaya akan dengan sumber daya alam ini memiliki lebih dari 50 Taman Nasional dari ujung Sumatera hingga ujung Papua. Dari 54 taman nasional yang dimiliki oleh Indonesia ternyata 6 diantaranya masuk ke dalam Situs Warisan Dunia sedangkan 9 taman diantaranya masuk dalam bagian dari Jaringan Cagar Biosfer Dunia.

Sumber: travel.tribunnews.com

Terdapat pula 5 taman nasional di Indonesia yang merupakan lahan basah yang secara internasional dilindungi oleh Konvensi Ramsar (perjanjian internasional untuk konservasi dan pemanfaatan lahan basah secara berkelanjutan) serta ada juga sekitar 9 taman nasional kita yang didominasi oleh perairan.  Salah satu Taman Nasional di Pulau Sumatera yang diam-diam ternyata menyimpan segudang keberagaman flora, fauna dan keindahan di dalamnya yakni Taman Nasional Kerinci Seblat.

Sumber: Instagram @altaputra26

Taman Nasional Kerinci Seblat

Sebagaimana umumnya taman merupakan areal yang ditanami berbagai jenis tumbuh-tumbuhan bahkan terkadang terdapat jenis tumbuhan baru yang ditemukan hidup didalamnya. Pada dasarnya taman nasional juga berisi banyak flora maupun fauna di dalamnya. Taman nasional merupakan kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli dan dikelola sebaik-baiknya. Taman nasional bisa dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, pariwisata, dan bahkan rekreasi.

Sumber: @tnkerinciseblat_official (Instagram)

Taman Nasional Kerinci Seblat terbentang pada 4 provinsi di Pulau Sumatera yakni mulai dari Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu dan Sumatera Selatan. Taman Nasional Kerinci Seblat memiliki luas wilayah sebesar 13,750 km persegi dan karena luasnya maka Taman Nasional ini menjadi Taman Nasional terbesar di Pulau Sumatera. Tak heran karena begitu luasnya maka wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat ini mengitari 9 kabupaten, 43 kecamatan serta 134 desa dalam 4 provinsi tersebut.

Ketika traveller sampai di Taman Nasional ini traveller dapat merasakan suasana alam yang masih sangat terjaga keasliannya karena belum tersentuh tangan kotor manusia. Taman ini sangat asri dan sejuk karena ditumbuhi berbagai macam flora yang subur. Traveller juga akan disambut suara burung yang kicaunya sangat unik disana. Di dalam taman juga terdapat mata air panas, sungai jernih beraliran deras, goa, dan juga air terjun sehingga akan banyak kegiatan yang dapat traveller lakukan ketika sampai di taman ini.

Sumber: Instagram @tnkerinciseblat_official

Perlu untuk traveller ketahui bahwa di taman nasional ini terdapat 4.000 jenis tumbuhan. Lebih menarik lagi bahwa ternyata di taman ini banyak sekali tumbuhan yang langka misalnya pohon pinus kerinci, kayu pacat, bunga bangkai dan yang paling sering menarik perhatian pengunjung yakni kehadiran bunga terbesar di dunia yaitu Rafflesia Arnoldi.

Sumber: Instagram @tnkerinciseblat_official

Di dalam taman ini juga hidup 37 jenis mamalia, 10 jenis reptilia, 6 jenis amfibi, berbagai jenis primata serta 370 spesies burung. Fauna yang hidup di taman ini contohnya harimau sumatera, badak, gajah sumatera, macan dahan, tapir melayu, serta beruang madu.

Sumber: Instagram @tnkerinciseblat_official

Akses Menuju Taman Nasional Kerinci Seblat

Dikarenakan Taman nasional ini terbentang ke 4 provinsi di Sumatera maka jika traveller ingin mengunjungi taman ini dapat memilih 4 cara dari 4 provinsi tersebut. Jika traveller memilih untuk memulai perjalanan dari kota Padang maka akan melewati Pantai Barat menuju ke kota Painan lalu melanjutkan perjalanan lagi hingga sampai di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat yang ada di Painan. Selanjutnya, jika traveller beranjak dari kota Jambi maka traveller akan melalui Muara Bulian kemudian Bangko. Dari daerah Bangko maka harus menyusuri jalan lereng-lereng bukit di daerah Pangkalan Jambu hingga Muara hemat selama 18 menit atau melalui Kerinci dari arah timur.

Sumber: superadventure.co.id

Jika beranjak dari Bengkulu untuk menuju kawasan taman maka traveller dapat memilih jalur yang terdekat yakni Curup dengan waktu tempuh 2 jam. Dari Curup maka traveller dapat menuju ke arah Lubuk Linggau untuk menuju kawasan taman di Rejang Lebong dan kawasan taman di Lubuk Linggau. Jika dari Palembang maka akses terdekat ke kawasan taman adalah menuju kawasan taman yang berada di Lubuk Linggau atau di Musi Rawas.

Bagaimana traveller? Walaupun akses menuju Taman Nasional Kerinci Seblat cukup rumit namun jangan sampai menyesal karena tidak sempat mengunjungi nya ya traveller!

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…