OUR NETWORK

Taman Wisata Pulau Situ Gintung Sebagai Destinasi Wisata Alam Modern

Sumber Gambar: excitingbanten.id

Kota Tangerang penuh dengan kompleks wisata alam, salah satunya yaitu Taman Wisata Pulau Situ Gintung. Kompleks wisata alam ini menjadi salah satu destinasi wisata yang menawarkan suasana perhutanan dengan atmosphere yang masih sangat jernih. Selain itu keadaan dari ekosistem masih sangat alami serta masih pula dipenuhi dengan berbagai spesies burung yang berterbangan di langit.

Meskipun menggunakan nama pulau, terapi destinasi Taman Wisata Pulau Situ Gintung bukan merupakan suatu tempat wisata yang berbentuk pulau. Melainkan berupa wisata yang masih berada di daratan pulau Jawa.

Sumber Gambar: Google Maps @Budi Mustofa

Tempat wisata ini pun menyediakan objek wisata utama berupa Danau Situ Gintung dengan luas ±26 hektar. Sedangkan untuk luas arena daratan yang menjadi bagian dari wisata situ gintung sebesar ±3 hektar.

Taman Wisata Pulau Situ Gintung bukan hanya sekedar menyediakan destinasi wisata alam semata. Tetapi menyediakan suatu pusat edukasi kegiatan alam dan budaya. Taman wisata Pulau Situ Gintung ini telah dikelola oleh CV Wisata Alam Lestari Indonesia. Jadi kondisi tempat wisata dapat terjaga dengan sangat baik dan menjadi pelopor destinasi wisata alam modern.

Tempat ini pun menyediakan berbagai macam aktivitas alam dan budaya. Untuk aktivitas alamnya meliputi camping, dan outbond. Sedangkan untuk aktivitas budaya antara lain pelatihan batik tulis, pertunjukkan wayang kulit, musik angklung dan lain sebagainya.

Lokasi Dan Rute Pulau Situ Gintung

Letak dari destinasi Taman Wisata Pulau Situ Gintung berada di Jl Kertamukti Pisangan Raya No 121, Cirendeu, Ciputat Timur, Tangerang. Letak dark destinasi wisata tersebut berada tepat di tepi Danau Situ Gintung. Sehingga Danau Situ Gintung pun menjadi landscape utama saat mengunjungi destinasi wisata alam ini.

Untuk akses menuju destinasi wisata alam ini dapat ditempuh dengan MRT. Stasiun MRT terdekat yaitu Lebak Bulus, lalu perjalanan dilanjut dengan angkot arah Ciputat dan turun di perempatan kampung utan. Kemudian untuk menuju ke arah Taman Wisata Pulau Situ Gintung, dapat dilanjut dengan ojek.

Sedangkan untuk akses dengan BRT dapat turun di setler Jl Tarumanegara / palm village. Lalu untuk akses ke lokasi dapat menggunakan ojek. Sementara itu untuk penggunaan kendaraan pribadi, dapat memanfaatkan akses Google maps dan aplikasi GPS lainnya.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Pulau Situ Gintung

Harga tiket masuk untuk Taman Wisata Pulau Situ Gintung regular yaitu 10.000 IDR per orang. Untuk tiket masuk menginap sebesar @ 20.000 IDR / malam. Sedangkan untuk tiket area outbond sebesar @ 20.000 IDR / hari.

Selain tiket masuk regular, di Taman Wisata Pulau Situ Gintung juga terdapat tarif khusus untuk penginapan, booking arena dan sewa fasilitas lainnya. Di tempat wisata ini terdapat beberapa wisma yang dapat menampung 20 orang. Tarif sewa Wisma tersebut sebesar 300.000 IDR per malam.

Sumber Gambar: excitingbanten.id

Aula di destinasi wisata ini juga dapat dibooking untuk sebuah acara. Ada 3 jenis aula yang tersedia, yaitu aula ujung dengan tarif sewa 200.000 IDR / hari, aula pinus dengan tarif 250.000 IDR / hari dan aula utama yang mempunyai tarif sewa 300.000 IDR / hari.

Di destinasi Taman Wisata Pulau Situ Gintung ini mempunyai berbagai fasilitas camping dan event yang cukup lengkap. Harga sewa fasilitas juga cukup terjangkau dengan tarif sewa mulia dari 3.000 IDR. Untuk daftar fasilitasnya meliputi kursi, tenda pesta, tenda camping, sound system, dokumentasi, fasilitas meeting dan lain sebagainya.

Program Wisata Taman Wisata Pulau Situ Gintung

Destinasi Taman Wisata Pulau Situ Gintung mempunyai objek wisata utama berupa Danau Situ Gintung. Namun destinasi wisata ini sering dijadikan sebagai lokasi untuk event, baik untuk kegiatan alam, pramuka, gathering, budaya, hingga bisnis.
Karena itu destinasi wisata ini disebut sebagai wisata alam modern dengan beberapa program wisata, yang meliputi :

1. Wisata outbond

Program wisata yang pertama yaitu program wisata outbond. Untuk program yang satu ini sering dimanfaatkan oleh para pelajar, mulai dark PAUD, SD hingga perguruan tinggi / akademi ataupun untuk perusahaan. Dalam fasilitas ini hanya berlaku dengan anggota minimal 30 orang.

Sumber Gambar: nativeindonesia.com

Dengan wisata outbond ini, akan mendapatkan fasilitas yang lengkap. Mulai dari akomodasi konsumsi, peralatan outbond, instruktur dan berbagai macam permainan outbond. Wisata outbond ini mempunyai durasi selama ±7 jam, tetapi khusus untuk anak – anak yang masih duduk di PAUD, TK ataupun SD hanya memp durasi ±4 jam.

2. Wisata camping

Jenis wisata ini paling sering dimanfaatkan oleh pelajar dan suatu kelompok. Karena kondisi dari Taman Wisata Pulau Situ Gintung sangat sempurna. Selain terdapat fasilitas yang sangat kompleks, juga mempunyai nuansa alam yang sempurna dan masih sangat natural.

Sumber Gambar: Facebook @Pulau Situ Gintung-3

Ada 2 jenis paket wisata camping di Taman Wisata Pulau Situ Gintung ini. Paket camping pertama yaitu paket camping mandiri, dimana harus membawa perlengakapan camping sendiri. Namun dapat juga menyewa perlengkapan camping di tempat wisata ini.

Sedangkan untuk paket camping kedua yaitu paket camping lengkap. Dengan paket ini cukup hanya membawa peralatan pribadi, karena semua keperluan camping telah tersedia di desitinasi wisata ini. Daftar fasilitas camping meliputi tenda / wisma, api unggun, air mineral, makan 3×, dan akses aula.

3. Program pelatihan khusus

Untuk program pelatihan yang tersedia di Taman Wisata Pulau Situ Gintung ini merupakan program pelatihan bersertifikat. Jadi hasil pelatihan dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam hal, entah itu sebagai modal untuk mengajar, bisnis, hingga resuming serta keperluan pribadi. Daftar pelatihan yang tersedia di destinasi wisata ini meliputi pelatihan keramik, batik tulis, pagelaran wayang kulit dan musik angklung.

Program pelatihan di Taman Wisata Pulau Situ Gintung ini sangat kompleks. Karena peserta pelatih tidak hanya sekedar kursus belaka. Namun akan mendapatkan pendidikan khusus secara lengkap sesuai dengan jenis program.

Selain itu peserta juga akan mendapatkan akomodasi konsumsi hingga akses wisata Danau Situ Gintung. Tarif pelatihan di tempat ini juga sangat murah sebab biaya pelatihan hanya sebesar 105.000 IDR / orang.

4. Wisata paint ball

Dari jenis wisata yang tersedia di Taman Wisata Pulau Situ Gintung, hanya wisata paint ball yang sangat menarik dan cukup menantang. Serta sangat recommended bagi yang sangat menyukai games moba. Sehingga tidak hanya bermain di dalam dunia grafis semata, tetapi sebaiknya juga bermain di dunia nyata.

Dengan permainan ini, akan merasakan secara langsung bagaimana jalannya suatu pertempuran. Meskipun hal ini hanya sebuah permainan, tetapi terkesan sangat nyata. Karena setiap peserta akan terjun secara langsung di arena.

Tarif harga paket pain ball ini sebesar 95.000 IDR / orang. Setiap peserta akan mendapatkan peralatan p paint ball lengkap mulai dari seragam, body protector, google hingga senjata dan peluru sebanyak 40 butir, instruktur hingga konsumsi. Durasi permainan ini selama ±1 jam dan untuk minimal peserta sebanyak 10 orang dan jumlah peserta harus genap.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…