OUR NETWORK

Tanjung Kemirai, Pantai Tersembunyi di Bangka Selatan yang Luar Biasa Mempesona

Apakah anda bosan dengan hingar bengar aktivitas perkotaan? Cobalah sejenak untuk menenangkan dan merilekskan diri anda dengan mengunjungi sebuah pantai. Di Pulau Bangka ada sebuah pantai yang sangat menawan dan siap membuat anda terpesona, namanya yaitu Pantai Tanjung Kemirai.

Pantai ini berlokasi di Desa Pasir Putih, Kecamatan Tukak Sadai, Bangka Selatan. Berikut pembahasan selengkapnya tentang Pantai Tanjung Kemirai.

Akses Lokasi

Sumber: Instagram @kresnabayutour

Untuk menyambangi Pantai Tanjung Kemirai membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam jika anda berkendara dari Kota Pangkalpinang. Sementara jika berkendara dari Kota Toboali, hanya perlu 1,5 jam saja.

Pantai Tanjung Kemirai terbilang masih cukup tersembunyi, sehingga wisatawan yang penasaran dan baru pertama kali mengunjunginya akan kesulitan menemukan pantai ini. Jika anda bingung, ikuti saja jalan menuju Pantai Tanjung Kerasak.

Ketika menemukan Masjid Nurul Huda anda akan menemukan dua persimpangan. Nah, untuk ke Pantai Tanjung Kemirai ambil jalan ke kanan. Jika mengambil ke kiri itu arah ke Pantai Tanjung Kerasak. Apabila masih kesulitan juga dalam menemukan arah, jangan sungkan menanyakannya pada warga setempat, sebab pantai ini memang tidak jauh dari pemukiman dan belum dibuat signage sebagai penunjuk arah.

Sampai sekarang, Pantai Tanjung Kemirai masih belum tersentuh oleh pemerintah untuk dilakukan pembangunan. Padahal potensi pantai ini sangatlah luar biasa untuk menjadi obyek wisata andalah Pulau Bangka.

Hal tersebut bisa anda lihat dari tidak adanya akses jalan menuju bibir pantai. Jalanan ke sana masih berupa tanah merah, dimana jika anda mengunjunginya pada saat musim hujan akan sangat licin dan becek alias berbahaya, sehingga kurang bersahabat. Itulah kenapa juga saat musim hujan, pengunjung yang datang ke pantai ini nyaris benar-benar sangat sedikit.

Pesona Pantai Tanjung Kemirai

Sumber: Instagram @prof.paijo

Dengan segala kekurangan yang dimilikinya, Pantai Tanjung Kemirai tetap saja mempesona. Jalanan yang sulit, seolah tidak terlalu bermakna saat anda telah menginjakkan kaki di pantai ini. Anda akan dibuat takjub dengan panorama keindahannya, dan merasa sangat beruntung berada di sana.

Tidak berbeda jauh seperti pantai lainnya, pantai ini juga mencerminkan ciri khas pantai bangka yaitu diselimuti oleh pasir berwarna putih dan halus.

Sumber: Instagram @wisata_tgkerasak

Tak lupa juga bebatuan granit berbagai ukuran ikut berperan membuat pantai ini kian eksotis. Bebatuan granit tersebut terlihat bertumpuk-tumpuk di daratan dan di dalam air.

Sumber: Instagram @rfauzian

Perairan di Pantai Tanjung Kemirai juga sangat jernih. Anda bisa melihat dengan jelas beberapa biota laut yang mengintip ke daratan. Oh, ya, jangan khawatir terkait gelombang ombaknya, sebab terbilang cukup tenang dan aman. Jadi anda bisa berenang ke sana kemari dan bermain air sepuasnya. Tidak perlu was-was lagi apabila membawa si kecil lebih dekat dengan laut.

Jika anda senang berpetualang, cobalah tracking dengan berjalan kaki sekitar 10 menit ke kawasan hutan di pantai ini. Di balik pepohonan hutan tersebut, pemandangan Pantai Tanjung Kemirai bahkan tampak lebih indah lagi.

Kendati demikian,  jika menyinggung soal fasilitasnya, fasilitas di pantai ini sama sekali tidak memadai. Berbeda dengan Pantai Tanjung Kerasak yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Pantai Tanjung Kemirai dimana sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas umum.

Sumber: Instagram @nunggepproduction

Oleh karena itu jika anda datang ke pantai ini jangan sampai lupa untuk membawa bekal, ya. Sebab tidak ada penjual makanan atau minuman di sini. Apabila ingin membilas badan setelah bermain di pantai, bisa menggunakan masjid terdekat yang lokasinya berada di jalan masuk, karena tidak ada kamar mandi atau pun toilet di pantai

Oh, ya, Di karenakan lokasi pantai ini berada di tanjung , tidak heran jika disekitarnya anda juga bisa mendapati beberapa pantai lainnya seperti Pantai Tanjung Besar. Pantai tersebut bersebelahan langsung dengan Pantai Tanjung Kemirai. Jika berminat anda bisa mengunjunginya juga

Sunset Menawan

Sumber: Instagram @frank_hrdika

Jika anda datang pada saat sore hari ke pantai ini dan kebetulan cuaca sedang cerah maka akan memperoleh bonus pemandangan sunset yang sangat elok. Sunset  di pantai ini, dua kali lebih cantik dibanding melihatnya di pantai lain, sebab Pantai Tanjung Kemirai menghadap langsung ke arah barat.

Sumber: Instagram @yoyot_firdaus

Para penggila sunset di pantai ini pun semakin banyak tatkala hari sabtu dan minggu tiba. Bahkan pada saat hari minggu, jumlah wisatawan yang datang dua kali lebih banyak dibanding hari sebelumnya, loh. Nyesel, deh, jika ke pantai ini namun tidak melihat fenomena sunset-nya.

Demikianlah pembahasan mengenai Pantai Tanjung Kemirai. Bukan obyek wisata yang sempurna, namun percayalah kekurangan dari akses ke Pantai Ini bahkan tidak ada apa-apanya dengan segala keindahan yang dimilikinya. So, tetap sangat recommended untuk dikunjungi.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…