OUR NETWORK

Tidak Hanya Suguhkan Panorama Menawan, Inilah Keunikan Pantai Wartawan yang Sedang Viral

Pantai Wartawan. Nama pantai ini tergolong sangat unik, bukan? Coba anda langsung ingat apa jika menyebut nama pantai ini? Yup, sebuah profesi yang berhubungan langsung dengan pemberitaan. Pantai Wartawan berada di kawasan Way Muli, Pesisir Selatan Rajabasa.

Sumber: gosumatra.com/

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk melihat potret, sekaligus mengenal fakta-fakta unik dan menarik dari Pantai Wartawan. Sudah tidak sabar? Berikut ulasan selengkapnya.

Banyak Keunikan

Sumber: Instagram @picturegares_

Kenapa pantai ini sampai dinamakan Pantai Wartawan? Konon menurut warga setempat disana, dulunya pantai ini dikelola oleh seorang warga lokal yang berprofesi sebagai wartawan.

Tidak hanya namanya saja yang unik, masih ada karakteristik unik lainnya yang ada di pantai ini. Apa itu? Sst … ada sumber air panas yang bercampur dengan air laut, loh, di pantai ini. Serius? Serius banget, benar-benar ada di pantai! Tidak terpisah, apalagi jaraknya jauh. So, anda yang datang kesini bisa menikmati dua hal keren sekaligus yaitu pemandangan Pantai Wartawan yang indah, juga sumber air panasnya yang unik.

Sumber: Instagram @kutaheriawan

Air panas tersebut keluar dari bebatuan yang ada di sekitar pantai dan bersumber dari belasan titik mata air yang juga bercampur dengan air laut. Kendati demikian, walau bercampur dengan air laut rasanya sama sekali tidak asin, oleh karena itu anda bisa mencoba memasak ikan, telur bahkan menyeduh kopi disini hihi. Cobain, deh, seru, loh dan sudah jelas sensasinya akan berbeda. Banyak wisatawan yang melakukan kegiatan tersebut ditempat ini. Oh, ya, selain itu sumber air panas Pantai Wartawan juga dipercaya mampu mengobati berbagai jenis penyakit seperti reumatik dan penyakit kulit.

Keindahan dari pancaran air panas tersebut dapat dinikmati ketika air pantai sedang surut yaitu saat pagi dan sore hari. Dari kejauhan titik sumber air panas tidak terlalu terlihat sebab tertutup oleh permukaan air laut yang sedang pasang.

Sumber: Instagram @wartawan_beach

Jika anda ingin melihatnya dari dekat, maka bisa melewati bebatuan karang yang saling terhubung dengan daratan. Satu hal penting yang tidak boleh anda langgar adalah jangan coba-coba mencelupkan tangan ataupun kaki ke sumber air panas. Kenapa? Sebab temparaturnya mencapai 80 sampai 100 derajat celcius. Dimana dengan suhu tersebut dapat membuat apapun yang masuk ke dalam air akan terbakar.

Fasilitas di Pantai Wartawan

Sumber: Instagram @wartawan_beach

Fasilitas di Pantai Wartawan terbilang cukup memadai, diantaranya terdapat area parkir yang luas sehingga bisa menampung banyak kendaraan. Jadi anda tidak perlu repot-repot lagi mencari tempat parkir terdekat dari pantai sebab sudah disediakan secara khusus. Selain itu terdapat pula beberapa mushola yang bisa dipakai untuk melangsungkan ibadah shalat lima waktu bagi anda yang muslim. Kamar mandi juga ada, jadi anda bisa membilas badan setelah berenang atau puas bermain air di pantai.

Sumber: Instagram @wartawan_beach

Bagi anda yang ingin menginap disini, juga terdapat beberapa penginapan yang bisa disewa. Tarif per malamnya bervariasi tergantung fasilitas penginapan seperti apa yang diinginkan. Biasanya banyak wisatawan yang menginap di pantai ini jelang malam tahun baru atau libur panjang hari raya besar.

Suguhkan Panorama  Menawan

Banyak aktivitas seru yang bisa anda lakukan di Pantai Wartawan mulai dari berfoto selfie, hunting foto prewedding, dan masih banyak lagi. Pepohonan di sekeliling Pantai Wartawan tampak begitu rindang. Ketika langit cerah, anda pun juga bisa menikmati pemandangan anak Gunung Krakatau di tengah laut.

Sumber: Instagram @wartawan_beach

Jika anda menyambangi Pantai Wartawan pada sore hari maka bisa menyaksikan pemandangan matahari tenggelam dengan sempurna. Sangat cantik dan menawan. Sunset di pantai ini sangat terkenal, loh, di Lampung jadi jangan heran jika yang datang pada sore hari ke tempat ini tiba-tiba menjadi dua kali lipat ramainya.

Sumber: Instagram @wartawan_beach
Sumber: Instagram @wahyu_setyani08

Akses Lokasi

Untuk menuju pantai ini tidak terlalu sulit. Jika datang dari Pelabuhan Bakauheni hanya berjarak 31 kilometer, dan 18 kilometer dari pusat Kota Kalianda. Anda dapat menempuhnya baik menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum.

Sumber: Instagram @wahyu_setyani08

Harga tiket masuk ke pantai hanya 2.500 rupiah per orang dengan biaya tambahan parkir untuk motor sebesar 2.000 rupiah, dan mobil 5.000 rupiah.

Bagaimana? Menarik sekali bukan Pantai Wartawan ini? Daripada mengkhayalkannya saja, yuk, langsung saja sisihkan waktu luang untuk memanjakan diri dan bersenang-senang di Pantai Wartawan.

 

Sumber Featured Image: wisatasumatera.com

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…