in

Tidak Kalah Indah Dengan Kebun Teh di Bogor, Inilah Potret Kebun Teh Bukit Daun di Rejang Lebong

Sumber Gambar: nikekuko.online

Bengkulu kaya akan potensi alamnya yang luar biasa. Hampir setiap kabupaten di Bengkulu memiliki wisata unggulannya masing-masing, tak terkecuali Rejang Lebong

Di Rejang Lebong terdapat sebuah obyek wisata yang sejuk, asri dan jauh dari hiruk pikuk keramaian kota yaitu Kebun Teh Bukit Daun. Nah, bagi anda masyarakat Bengkulu yang sering merasa iri dengan unggahan para wisatawan yang berfoto di Kebun Teh Bogor, kini tidak perlu lagi merasa demikian, sebab di Bengkulu pun sudah ada.

Sst … Perkebunan teh ini adalah satunya satunya yang ada di bumi Pat Petulai Rejang Lebong, loh. Karena satu-satunya inilah maka sangat wajib sekali untuk dikunjungi. Nah  yuk, langsung saja kita intip seberapa indahnya sih kebun teh ini. Check this out.

Akses Lokasi

Kebun Teh Bukit Daun berada di Desa Sentral Baru, Kecamatan Bermani Ulu Kabupaten Rejang Lebong. Akses menuju lokasi wisata ini tidak terlalu sulit karena bisa ditempuh baik oleh kendaraan roda dua maupun empat.

Rutenya pun bisa dilalui dari berbagai arah yaitu dari Simpang Tiga Desa Tabarenah, Simpang Tiga Kampung Melayu yang berada di Desa Pal VIII dan Simpang Tiga Air Bening yang berada di Desa Babakan Baru.

Selama perjalanan menuju kawasan ini anda juga tidak akan bosan, sebab akan menjumpai banyak sentra produksi komoditas pertanian, seperti sayur-sayuran yang dikelola oleh masyarakat setempat disana.

Selain itu mata anda pun akan dimanjakan dengan jajaran barisan bukit yang cantik ditambah cahaya matahari yang seolah memaksa masuk melalui sela-sela pengunungan. Wuih, indah sekali bukan?

Pesona Kebun Teh Bukit Daun

Sumber Gambar: Google Maps @Aang Salman

Tahukah anda perkebunan teh ini sudah ada dan mulai ditanami sejak tahun 2004 loh. Wah, sudah cukup lama juga, ya? Perkebunan teh ini dikelola oleh PT Agrotea.

Luas lahan pertamanya yakni seluas 45,32 Hektar, dan sekarang telah meluas menjadi 263 Hektar. Tinggi bukitnya mencapai 1952 meter dari permukaan laut yang bisa ditempuh oleh pendaki pemula. Uniknya lagi nih dibukit inipun anda bisa menyaksikan kawah besar dengan ketinggian 1700 meter dari permukaan laut. Hanya ada dua rute jika anda ingin menuju kesana, yaitu jalur tanah untuk para treg dan aspal bagi yang ingin melaluinya dengan kendaraan roda dua.

Saat tiba di kawasan Kebun Teh Bukit Daun anda akan langsung merasakan udara yang sejuk berbalut pemandangan kebun teh yang luas dikaki bukit. Aroma teh pun akan tercium dengan sangat kuat saat berada di tempat ini.  Dikarenakan kondisi alamnya yang sangat perawan membuat kawasan ini masih memiliki banyak sekali beragam satwa liar yang bisa ditemukan dengan mudah.

Sumber Gambar: Instagram @curup_online

Serunya lagi, jika datang ke tempat ini anda juga bisa melihat langsung proses bagaimana pengolahan Teh Bukit Daun. Bahkan bisa menikmati teh hasil olahan tersebut, yaitu Teh Cap Dandang. Jika berminat anda bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh. Teh merek ini sangatlah terkenal dan banyak digemari bukan hanya oleh masyarakat setempat saja, melainkan juga luar daerah bahkan luar pulau.

Oh ya sebagai tambahan informasi, untuk proses produksi Teh Bukit Daun ini sendiri masih setengah jadi yaitu dari mulai pemetikan sampai pengeringan kemudian barulah setelah itu dikirim ke Pekalongan Jawa Tengah.

Biasanya dalam sebulan saja dapat menghasilkan 26 ton teh kering. Setiap tahunnya sering dilakukan pembelian lahan baru, yang selanjutnya dilakukan pula penanaman bibit pohon teh baru.

 

Sumber Gambar: Instagram @jepri.pranata

Menurut pengelola disana suasana di perkebunan teh ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan suasana puncak di Bogor, bahkan dapat dibilang lebih menarik disini, karena sejuk, indah, serta sangat cocok untuk menikmati sunset. Apalagi anda juga tidak akan dibuat pusing dengan kemacetan seperti yang sering terjadi dalam perjalanan menuju Kebun Teh di Bogor.


Saat malam tiba anda akan melihat gemerlapnya lampu Kota dari atas puncak bukit yang semakin menambah keindahan tempat ini. Anda akan merasa betah dan tanpa terasa malam pun seolah begitu singkat dan segera berakhir.

Nah, itulah keindahan Kebun Teh Bukit Daun. Jika anda sedang berada di Bengkulu jangan lupa mampir ke tempat wisata ini, ya. Akhir kata, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda dan sampai bertemu lagi pada pembahasan menarik berikutnya.

Salam.