in

Tiong Kandang, Cara lain Menikmati Kabupaten Sanggau

Sumber Gambar: Google Maps @Awa Syawalludin

Bukit Tiong Kandang adalah salah satu keindahan di Kabupaten Sanggau yang harus kamu nikmati. Hanya saja, menuju kesana, dibutuhkan tekad yang cukup kuat. Karena, kamu harus berjalan kaki menanjak. Dengan sudut kemiringan tertentu. Bagi para pendaki, kawasan ini memang wajib dicoba.

Tempat ini masih sangat asri dan alami. Dimana, kamu tidak boleh bermain-main sembarangan. Ada beberapa pantangan yang wajib kamu penuhi bila ingin selamat selama mendakinya. Maklum saja, warga sekitar percaya bahwa kawasan ini memang sangat keramat.

Mengenal Tiong Kandang

Ketinggian bukit ini sendiri mencapai 900 Mdpl. Tinggi yang cukup bagi kamu pendaki pemula untuk belajar mendaki disini. Waktu terbaik untuk bisa menikmati kawasan ini adalah berangkat sore hari sekitar pukul 3 sore. Kemudian, naik dan mendirikan tenda diatas.

Sumber Gambar: Google Maps @jiu chiang

Perlu diperhatikan bagi kamu yang ingin naik ke atas. Mohon perhatikan beberapa norma, karena, kawasan ini masih kerap dijadikan sebagai tempat pemujaan atau melaksanakan tradisi Kalimantan. Total waktu menuju ke atas kurang lebih 1 jam sampai 1 jam 25 menit. Dengan waktu turunnya mencapai 30 menit. Cukup singkat bukan perjalanan menuju ke atas.

Cara Menuju ke Tiong Kandang

Objek wisata ini terletak di Dusun Mangkit dan Desa Mak Ijing, kecamatan Batang Tarang, Kabupaten Sanggau. Menuju ke tempat ini kamu bisa masuk terlebih dahulu melalui Bandara supadio Pontianak. Kemudian, melanjutkan perjalanan menuju ke Kabupaten Sanggau yang menempuh waktu kurang lebih 3 jam lamanya.

Setelah tiba di titik pendakian, kamu harus izin terlebih dahulu ke petugas desa setempat. Bila diperbolehkan kamu bisa naik ke atas. Tetapi, bila tidak mau tidak mau kamu harus pulang. Untuk area parkir, bisa dititipkan di rumah warga.

Keindahan Tiong Kandang

Sumber Gambar: Google Maps @M. Ulum

Menuju ke atas kamu diwajibkan untuk didampingi warga sekitar yang biasanya akan melakukan sebuah ritual kecil yang juga menjadi bagian adat istiadat dari desa setempat di sebuah batu besar yang disebut dengan nama pendagi. Maksud dan tujuan dari ritual singkat ini adalah meminta keselamatan selama perjalanan.

Maklum saja, titik pendakian menuju ke atas memang tidaklah mudah. Kamu harus mendakinya dengan susah payah. Sudut kemiringanya bisa mencapai 60 derajat lho. Jadi, kamu harus bisa mengatur nafas agar tidak mudah lelah dan tidak gampang berhenti.

Sumber Gambar: Google Maps @Firman Munardi

Terkadang kamu akan menemukan beberapa pohon tumbang yang terlihat. Akar-akar yang menjalar ke tanah dan masih banyak lagi yang bisa kamu lihat. Jangan lupa bawa perbekalan minuman ya. Karena, disini kamu tidak akan menemukan yang namanya sumber mata air.

Sumber Gambar: Google Maps @domi heri

Terkadang kamu juga harus berjalan merangkak. Naik dengan susah payah sehingga, banyak sekali tenaga akan terkuras. Tetapi, setelah sampai di puncak semuanya akan terbalas dengan sendirinya. Pemandangan mengesankan bisa kamu nikmati, banyak yang memanfaatkan tempat ini untuk memasang hammock. Sebelum turun, kamu juga akan melakukan ritual pendagi lagi. Agar perjalanan turun kamu selamat.

Larangan Mendaki Gunung Tiong

Bagi kamu yang ingin naik ke atas. Mohon perhatikan beberapa pantangan yang ada disini. Mengenai perempuan haid dilarang untuk mendaki keatas, Biasanya bagi mereka yang berbohong. Akan mendapatkan pembelajaran setimpal dengan kesurupan, sakit, dan masih banyak lagi halangannya.

Kemudian, jagalah mulut kamu agar tidak berucap kata-kata kasar atau yang dilarang agama. Ketiga, saat berada di puncak kamu akan menemukan batu kekasih. Mohon jangan duduk diatasnya atau juga menaruh barang diatasnya. Lalu, kamu juga dibatasi dengan waktu maksimal 2 jam selama diatas. Jika tidak, sesuatu yang buruk akan terjadi. Boleh setuju boleh tidak untuk yang satu ini.

Kawasan Gunung Tiong sendiri juga digunakan sebagai salah satu tempat untuk mencari pesugihan, meminta jodoh dan masih banyak lagi, hajat-hajat yang diinginkan. Setelah semua keinginan mereka terwujud. Mereka akan datang kembali dengan membawa 3 potong ekor babi sebagai sebuah ucapan terima kasih.

Kesimpulan

Gunung Tiong Kandang adalah tempat paling bagus untuk kamu kunjungi. Terlepas dari cerita mistis dan tempat yang selalu digunakan untuk mencari pesugihan dan lain sebagainya. Panoramanya dari atas puncak memang sangat mengesankan membuat waktu kamu lupa diri. Jadi, sudah siap naik menuju ke Puncak Gunung Tiong?