OUR NETWORK

Tips Terbaik Saat Mengunjungi Air Terjun Putri Malu

Sumber Gambar: gapuranews.com

Salah satu tempat wisata alam unggulan di daerah Way Kanan yaitu Air Terjun Putri Malu. Air terjun tersebut menjadi wisata alam favorit semua orang. Banyak yang menjadikan wisata air terjun tersebut merupakan salah satu air terjun dengan landscape paling menakjubkan. Air terjun juga tidak pernah sepi pengunjung.

Sementara itu daerah Way Kanan sendiri menjadi salah satu wilayah di Provinsi Lampung yang mempunyai berbagai macam tempat wisata. Mulai dari wisata alam, wisata edukasi dan lain sebagainya. Destinasi wisata dekat dengan air terjun Putri Malu ini meliputi monumen Soekarno.

Sumber Gambar: travel.detik.com

Hampir semua tempat wisata yang ada di Way Kanan selalu menjadi destinasi wisata favorit dan banyak diminati. Jadi Way Kanan menjadi destinasi yang tepat untuk menghabiskan waktu luang dengan jadwal penuh, seperti berwisata di Air Terjun Putri Malu dan sekitarnya. Sayangnya kondisi dari Air Terjun Putri Malu ini sering dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Sehingga destinasi wisata ini termasuk ke dalam daftar tempat yang sang kurang aman.

Lokasi Air Terjun Putri Malu

Letak dari destinasi wisata alam air terjun Putri Malu berada di area hutan register 24, Banjit, Way Kanan. Dengan letak yang berada di area hutan register, membuat keberadaan dari air terjun ini sangat aman dan jauh dari resiko polusi. Lokasi dari Air Terjun Putri Malu ini berada di dekat perbatasan antara provinsi Lampung dan Sumatera Selatan. Jadi sangat terpencil dan cukup jauh dari pusat kota Bandar Lampung. Meskipun lokasi cukup jauh, setidaknya tidak begitu jauh dari jalur lintas tengah Sumatera. Sehingga masih mudah untuk dijangkau.

Hanya dengan menyelusuri sepanjang jalur lintas Tengah Sumatera menuju ke arah utara. Lalu setelah sampai di persimpangan jalur lintas tengah Sumatera – Jl lintas liwa, belok ke arah Jl lintas liwa tersebut. Kemudian ikuti saja arah jalan yang menuju ke lokasi hutan register 24, Way Kanan. Waktu perjalanan yang dibutuhkan dapat mencapai ±5 jam, bahkan lebih. Waktu perjalanan tersebut juga telah termasuk ke dalam waktu tracking menuju ke lokasi Air Terjun Putri Malu.

Sumber Gambar: travelz.xyz

Sangat disayangkan sekali bahwa kondisi jalur tracking cukup memprihatinkan. Banyak jalan ekstream dan berada di tepi jurang dan tanpa pengaman apapun. Sementara itu untuk kemungkinan perbaikan jalan juga sangat minim. Hal tersebut dikarenakan Air Terjun Putri Malu berada di area tanah / hutan register. Bagi beberapa orang mungkin masih sangat asing dengan istilah hutan / tanah register. Arti tanah register sendiri merupakan area zona merah, dimana area tersebut merupakan area alam yang sangat murni dan sama sekali tidak diperbolehkan untuk dikembangkan ataupun dibangun sebuah bangunan.

Ada beberapa yang harus diketahui dari tanah register, yaitu :

1. Murni milik pemerintah pusat dan harus ijin terlebih dahulu jika ingin mendirikan bangunan, termasuk warung kecil sekalipun.

2. Semua pembangunan harus dilakukan secara langsung oleh pemerintah pusat dan tanpa campur tangan dari pihak lain.

3. Luas dari tanah register adalah paten dan tidak dapat dikurangi, walaupun hanya 1 meter.

4. Harus disediakan tanah pengganti terlebih dahulu sebelum melakukan suatu pembangunan di tanah / hutan register. Hal tersebut berlaku untuk jalan yang hanya sepanjang 1 meter.

Dari fakta tersebut, dapat terlihat jelas bahwa pemerintah hanya memperhatikan daerah – daerah pusat saja. Sementara untuk daerah lain seakan terabaikan. Bahkan untuk daerah yang menjadi pusat keramaian dan bahkan sangat potensial sekalipun.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Putri Malu

Sumber Gambar: wisatakita.com

Bagi yang berminat untuk mengunjungi destinasi wisata ini, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu uang lebih. Sebab ada kemungkinan bahwa akomodasi untuk wisata alam di Air Terjun Putri Malu ini akan memakan biaya yang lebih besar daripada wisata waterpark / waterboom di daerah Lampung.

Harga tiket masuk untuk wisata alam Air Terjun Putri Malu ini sama sekali tidak ada. Hanya saja, pengunjung akan dikenakan biaya parkir dengan tarif yang sangat berbeda dan mungkin dapat membuat shock. Besarnya tarif parkir motor di wisata air terjun ini mencapai ±20.000 IDR per motor. Bahkan tarif biaya parkir tersebut dapat lebih dari nominal tersebut. Terutama untuk moment – moment tertentu, seperti lebaran. Sementara itu untuk tarif parkir mobil, mungkin dapat mencapai nominal hingga ±50.000 IDR per unit.

Sumber Gambar: lampung.co

Selain biaya parkir kendaraan, pengunjung juga akan dikenakan biaya jasa ojek motor trail. Besarnya tarif ojek tersebut juga cukup fantastis. Bahkan jauh lebih mahal dari biaya taxi online, besarnya tarif ojek yaitu 100.000 IDR per orang.

Dengan tarif biaya tersebut, dapat membuat destinasi wisata alam Air Terjun Putri Malu menjadi destinasi wisata paling mahal yang pernah ada di Indonesia. Sebab jika dibandingkan dengan destinasi wisata lain, perbandingan besarnya nominal akomodasi per orang dapat mencapai 3:1.

Daya Tarik Air Terjun Putri Malu

Sumber Gambar: backpackerjakarta.com

Daya tarik dari Air Terjun Putri Malu tidak perlu diragukan lagi. Sebab air terjun ini mempunyai kondisi alam yang cukup sempurna. Mulai dari suasana alam yang masih sangat natural. Hal tersebut dapat dirasakan hanya dengan menghirup udara sekitar yang sangat sejuk, bersih dan jernih.

Air Terjun Putri Malu memiliki tinggi ±80 meter. Kondisi airnya juga sangat bersih dan sama sekali belum tercemar. Sehingga dengan mandi di dalam kolam dapat mengobati rasa lelah akan perjalanan yang lama dan melelahkan.

Sumber Gambar: gapuranews.com

Di tepi kolam air terjun terdapat bebatuan yang datar. Yang mana menjadi tempat observasi terbaik untuk menyaksikan kemegahan dari air terjun Putri Malu dan pesona alam sekitar, termasuk tebing air terjun itu sendiri.

Tips Wisata Di Air Terjun Putri Malu

Sebelum berwisata di Air Terjun Putri Malu, ada beberapa yang harus dilakukan dan tidak seharusnya dilewatkan. Tips yang pertama yaitu sediakan uang lebih. Hal tersebut disebabkan karena mahalnya biaya parkir dan ojek motor trail.

Namun apabila ingin menghemat biaya, mungkin harus rela melakukan tracking yang cukup jauh dengan rute jungle track. Kondisi tanah yang hanya berupa jalan setapak seadanya dan penuh bebatuan dan jurang, akan menguras tenaga dengan mudah.

Tips kedua yaitu membawa bekal sendiri. Di area wisata Air Terjun Putri Malu sama sekali belum tersedia food court / warung sekalipun. Sementara perjalanan yang cukup melelahkan, membuat tubuh pasti akan merasa lapar dan haus.

Untuk tips ketiga, yaitu sediakan payung terutama jika mengunjungi destinasi wisata ini pada musim penghujan. Sebab daerah tersebut sangat rawan hujan. Terlebih lagi tidak adanya gazebo sama sekali yang dapat dijadikan sebagai tempat berteduh.

Tips terakhir yaitu jangan tinggalkan benda apapun di motor, baik itu hanya sekedar kaos tangan / masker. Di Air Terjun Putri Malu memang telah disediakan tempat. Tetapi kondisi dari tempat Parkir sangat tidak aman. Telah banyak pengunjung yang kehilangan barang yang ditinggalkan di motor.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…